16 Ciri-Ciri Tokek


Ciri-Ciri Tokek - Binatang tokek termasuk ciri hewan Reptil yang hampir mirip dengan Cicak, Namun ukuran tubuh tokek jauh lebih besar jika di bandingkan dengan hewan cicak, Keberadaan tokek di indonesia terbilang jumlahnya masih cukup banyak, Akan tetapi keberadaan tokek sendiri sering di manfaatkan dan diburu oleh manusia dengan tujuan mencari keuntungan.

Sebagian masyarakat indonesia menjual belikan tokek dengan beberapa alasan di antaranya adalah karena binatang tokek di percaya memiliki manfaat tersendiri sehingga banyak orang yang tertarik untuk mencari dan memilikinya.

Tokek termasuk hewan yang aktif di malam hari (nokturnal) dan tokek sendiri suka sekali merayap dan juga menempel di dinding atau di langit-langit rumah. Kenapa tokek pandai menempel di dinding dan tidak terjatuh?

Alasannya karena pada bagian kaki binatang tokek terdapat bulu-bulu yang sangat halus dan hal tersebut yang menjadikan tokek bisa menempel pada dinding atau langit-langit rumah tanpa mudah terjatuh kebawah.

Mungkin sebagian dari anda masih ada yang belum tahu mengenai tokek yang ternyata bisa memutuskan ekornya sendiri (Autotomi) hal tersebut di lakukan pada saat tokek dalam keadaan terancam dan ekor tokek akan tumbuh kembali dalam waktu beberapa minggu.

Kok, kemampuan tokek sama ya dengan cicak?  Ya, memang hampir mirip dengan apa yang di lakukan oleh cicak.

Nah, itulah penjelasan singkat mengenai ciri-ciri khusus tokek, Sekarang kita masuk ke pembahasan utama yaitu mengenai apa saja ciri-ciri tokek, Silakan anda dapat menyimak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Ciri Ciri Tokek


Adapun mengenai cirinya adalah sebagai berikut

1. Tokek termasuk pada golongan jenis hewan reptil.
2. Binatang tokek memiliki kemampuan merayap di dinding, Alasannya karena di bagian kaki tokek terdapat guratan-guratan lapisan atau bulu-bulu yang sangat halus dan menjadi perekat.
3. Hewan tokek memiliki ukuran tubuh yang jauh lebih besar jika di bandingkan dengan binatang cicak.
4. Memiliki ukuran mulut yang cukup besar dan juga lebar.
5. Mempunyai sepasang mata dengan ukuran yang kecil.
6. Bola mata pada tokek berwarna cokelat, hitam dan juga terkadang berwarna hijau.
7. Warna dan corak kulitnya beragam, Namun pada umumnya tokek berwarna cokelat dan juga bercorak bintik-bintik pada kulitnya.
8. Dapat mengeluarkan suara dengan cukup keras dan nyaring.
9. Memiliki hidung dan juga indra penciuman.
10. Mereka mulai aktif untuk melakukan aktivitas pada waktu malam hari atau di waktu senja.
11. Hewan tokek memiliki empat kaki, dua kaki pada bagian depan dan juga dua kaki pada bagian belakang.
12. Makanan tokek biasanya berbagai macam hewan kecil seperti Nyamuk, Kupu-kupu, Belalang, Lalat, Kecoa dan hewan serangga kecil lainnya.
13. Cara mereka berkembang biak adalah dengan cara bertelur.
14. Salah satu kemampuan tokek adalah dapat memutuskan ekornya sendiri dengan tujuan mengelabui musuhnya dan dalam beberapa minggu kemudian ekor tokek akan tumbuh kembali, Kemampuan tokek tersebut dinamakan (Autotomi) Kemampuan tersebut di miliki oleh hewan cicak juga.
15. Tokek memiliki ukuran lidah yang panjang dan juga lengket, Hal tersebut yang membuat tokek pandai menangkap nyamuk dan hewan serangga lainnya.
16. Habitat tokek biasanya di pohon, tebing, hutan hujan, di atap rumah warga dan juga sebagai hewan peliharaan manusia.

Ciri Tokek Jantan

Terdapat dua tonjolan pada bagian bawah pangkal ekor, Kulit tokek jantan berwarna cerah, Tubuhnya berbintik dan juga timbul, Tokek jantan berwajah garang.

Ciri Tokek Betina

Tidak ada tonjolan pada bagian bawah pangkal ekor, Warna kulit tidak se cerah tokek jantan dan di dominasi warna kuning, Tubuhnya berbintik namun terlihat rata atau tidak menonjol.

Sekian penjelasan singkat mengenai ciri-ciri tokek, Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kita semua.