14 Ciri-Ciri Ikan Cupang dan Jenis-Jenisnya


Ciri-ciri ikan cupang dan jenis-jenisnya apa saja? Bagi sahabat yang belum mengetahui secara jelas mengenai karakteristik atau ciri khusus ikan cupang, Maka pada kesempatan kali ini penulis ingin membahasnya secara singkat namun jelas.

Ikan cupang termasuk hewan atau ikan air tawar yang habitat asalnya berada di beberapa wilayah atau negara asia tenggara, Di antaranya adalah Indonesia, Malaysia, Thailand, Brunei Darussalam, Vietnam dan Singapura.

Jika dilihat dari bentuknya ikan cupang memiliki penampilan yang unik dan juga indah jika di pandang, Namun cupang cenderung sangat agresif terutama jika sedang mempertahankan wilayahnya.

Cupang ada yang dipelihara sebagai ikan hias yang indah menawan, ada juga yang menggunakannya sebagai hewan aduan dan juga ikan cupang liar.

Ada ikan cupang dengan jenis tertentu yang memiliki harga yang cukup mahal, salah satu contohnya adalah ikan cupang jenis plakat (Petarung yang berasal dari Thailand) dengan kualitas terbaik ikan tersebut bisa di hargai hingga 1,5 juta rupiah.

Tentu bagi seseorang yang sangat hobi dengan ikan cupang, Harga tersebut tidaklah cukup berarti, Mungkin saja terdapat banyak jenis ikan cupang lainnya yang memiliki harga yang tidak kalah mahal nya dengan jenis cupang plakat.

Mungkin terdapat berbagai penyebutan berbeda atau nama-nama ikan cupang di setiap daerah di indonesia, Namun pada umumnya masyarakat indonesia mengenal ikan ini dengan sebutan ikan cupang atau bisa juga disesuaikan dengan jenis dan bentuknya.

Ciri-Ciri Khusus Ikan Cupang dan Cara Merawatnya


Adapun mengenai ciri-ciri ikan cupang adalah sebagai berikut, Sahabat dapat menyimak pembahasan selengkapnya di bawah ini.

1. Bentuk Ikan Cupang

Bentuk tubuh yang bervariasi, Ada yang memiliki bentuk silinder dan juga pipih.

2. Ukuran Panjang Ikan Cupang

Panjang tubuh ikan cupang berkisar enam sampai tujuh centimeter.

3. Warna Tubuh Ikan Cupang

Pada umumnya warna dasar ikan cupang adalah kuning dan juga sawo matang, Namun orang-orang suka memelihara ikan cupang dengan warna tubuh yang terang dan juga mencolok.

4. Ekor Ikan Cupang

Memiliki bentuk ekor yang lebar dan jika sedang bertarung ekor ikan cupang tersebut akan mengibas-ngibaskan ekornya ke arah lawannya.

5. Sirip Ikan Cupang

Memiliki beberapa sirip, Di antaranya adalah sirip insang (pektoral), sirip punggung (dorsal), sirip perut (ventral), sirip anal, dan sirip ekor (kaudal).

6. Bagian Mulut

Memiliki mulut dengan rahang dan gigi yang tajam dan mampu mengoyak atau merobek bagian tubuh dari makanannya.

7. Mata (Penglihatan)

Memiliki mata dengan fokus dan penglihatan yang tajam dan tidak berkedip dan terus menggerakan mata sesuai dengan pergerakan target.

8. Pernapasan Ikan Cupang

Ikan cupang bernapas menggunakan insang dan terdapat labirin (organ pernapasan) Fungsinya adalah untuk menghirup oksigen di permukaan air.

Maka tidak heran jika di tempat ikan cupang berada airnya selalu dipenuhi dengan gelembung-gelembung udara.

9. Memiliki Kemampuan Bertahan Hidup

Mampu bertahan hidup walaupun keadaan air sangat minim dan hal tersebut terjadi karena ikan cupang memiliki labirin atau organ pernapasan. Lihat juga: Ciri-ciri ikan lele

10. Memiliki Sisik

Tubuh bagian luar ikan cupang tertutupi oleh sisik yang mengkilap dan bentuknya persegi.

11. Mengenai Habitat Ikan Cupang

Habitat ikan cupang adalah di perairan air tawar seperti, sungai, rawa-rawa dan perairan di sawah juga bisa kita temukan ikan cupang tersebut berada.

12. Makanan Ikan Cupan

Makanan ikan cupang berupa hewan-hewan kecil atau yang mengandung protein tinggi, ikan cupang termasuk jenis hewan karnivora (Pemakan daging)

Di antara beberapa makanan ikan cupang yang bisa kita berikan adalah sebagai berikut, Jentik Nyamuk, Kutu Air, Belatung, Cacing Sutra, Kuning Telur, Lalat dan Lain-lainnya.

Jenis-Jenis Ikan Cupang

Betta splendens (Ikan petarung siam), Betta macrostoma (Cupang brunei), Betta unimaculata, Betta channoides (Cupang Kepala Ular), Betta smaragdina, Plakat, Halfmoon, Serit (Crown Tail), Cagak (Double Tail), Giant (Jenis Cupang Besar Atau Raksasa), Ikan Cupang Alam, Cupang Sawah dan jenis ikan cupang lainnya.

Tips Cara Merawat dan Memelihara Ikan Cupan

Berikut ini adalah tips sederhana untuk merawat ikan cupan.

1. Siapkan tempat (Akuarium) Khusus

Ikan cupang tidak dapat di tempat dalam satu wadah atau akuarium, Alasannya karena jika disatukan yang ada mereka saling gebuk dan jotos. Jadi siapkan tempat khusus untuk cupang-cupang anda, Tidak harus terlalu besar.

2. Memilih Air Akuarium

Anda bisa menggunakan air tawar seperti air sumur atau PAM, Ganti lah air tersebut tiga kali sehari atau disesuaikan dengan keadaan air tersebut. Jika air tersebut sudah kotor atau biasanya berlendir maka anda bisa langsung membersihkan nya.

Tapi ingat jangan menggunakan sabun atau deterjen, Takutnya nanti malah meracuni ikan cupang tersebut, Cukup gunakan sponge untuk membersihkan nya.

3. Menjemur Akuarium Beserta Dengan Ikan Cupang nya

Fungsinya untuk mengurangi bakteri atau jamur pada air akuarium atau kulit ikan cupang tersebut. Cukup menjemur 10 hingga 20 menit saja, dan lakukan penjemuran pada pagi hari jam 8 atau 10 pagi.

4. Memberi Makanan

Untuk memberikan ikan cupang makanan, Tidaklah terlalu sulit, Kita dapat menaburkan makanannya contohnya seperti jentik nyamuk langsung ke dalam akuarium. Berikan makanan pada ikan cupang pagi dan sore hari.

5. Simpan Daun Ketapang Ke Dalam Akuarium

Cara ini sering dilakukan oleh penggemar ikan cupang, Alasannya karena daun ketapang dapat membuat ikan cupang tenang dan mengurangi stress.

Jangan lupa juga untuk menutup tempat ikan cupang dengan plastik hitam agar ikan cupang tersebut dapat tenang dan juga tidak gelisah.

Sekian pembahasan mengenai ciri-ciri ikan cupang beserta dengan beberapa jenis-jenisnya, Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kita semua.