Ciri Ciri Binatang Panda


Panda raksasa adalah sejenis hewan mamalia dan masih memiliki kekerabatan dekat dengan keluarga Beruang. Binatang ini asli dari tiongkok tengah, tepatnya di tibet dan juga sichuan. Nama satwa ini sendiri tidak asing di telinga masyarakat indonesia pada umumnya. Jika dilihat dari mimik muka serta bentuknya memang sangat lucu dan sering juga di jadikan karakter boneka panda menggemaskan.

Karakteristik Panda terbilang cukup jelas dan kalau kita amati bagian mukanya, Mereka memiliki lingkaran bulat berwarna hitam tepat pada bagian area matanya. Bukan hanya keunikan fisiknya saja, tingkah dan sifatnya pun terkadang membuat banyak orang terhibur, terlebih jika mereka sedang duduk berdiam diri dan melahap tanaman pohon bambu.

Saking lucunya binatang tersebut, Karakternya telah di jadikan sebuah cerita film, kalau tidak salah judulnya "Kung Fu Panda" Pasti sahabat pernah melihatnya juga. Nama ilmiah panda yaitu Ailuropoda melanoleuca dan diperkirakan sudah ada selama dua atau tiga juta tahun ke belakang.

Sekarang binatang lucu tersebut menjadi perhatian khusus bagi khalayak ramai, alasannya karena jumlah populasinya masih terbilang masih sedikit.

Ciri Khusus Binatang Panda


Adapun mengenai ciri-cirinya adalah sebagai berikut.

Jenis Mamalia

Sama seperti halnya hewan mamalia lainnya, ia juga memiliki kelenjar susu yang di diberikan pada anaknya sebagai sumber makanan.

Warna Bulu Pada Tubuhnya

Binatang ini memiliki bulu halus di bagian tubuhnya dan di dominasi oleh warna hitam dan juga putih. Ciri paling kentara dari binatang ini adalah ada di bagian area mata dan telinganya yang berwarna hitam bulat.

Badan Gemuk dan Besar

Memiliki badan gemuk dan juga besar, Namun walaupun begitu ia tidak kesulitan dalam hal memanjat. Ia sangat lihai dalam hal menaiki pohon dan induknya pasti mengajari bayinya mengenai bagaimana cara naik ke atas pohon dan terkadang di tahap belajar, bayinya suka terjatuh dari atas pohon tersebut.

Makanan (Omnivora)

Bisa dikatakan hewan ini termasuk kedalam Omnivora yaitu hewan pemakan segala. Bukan hanya mengkonsumsi bambu saja, ia juga terkadang memakan serangga dan juga telur. Uniknya di saat ia mengunyah bambu, Bagian telinganya bergerak-gerak dan ia punya kebiasaan jika sedang menyantap makanan, posisinya akan sambil duduk.

Untuk kehidupan sehari-harinya, panda menghabiskan banyak waktunya untuk makan dan harus mengkonsumsi setidaknya empat belas sampai tiga puluh delapan kilo gram bambu setiap hari agar supaya asupan energi dan suhu pada tubuhnya tetap terjaga.

Bagian Rahang dan Gigi Sangat Kuat

Bagian rahang dan gigi geraham sangat kuat, Maka tidak heran jika ia mampu mengunyah bambu yang keras sebagai makanan utamanya sehari-hari

Bentuk Tubuh Hampir Mirip Dengan Beruang

Alasannya karena binatang tersebut masih satu keluarga dari golongan ordo Carnivora, Familia ursidae. Jadi tidak heran jika panda dan beruang memiliki kesamaan baik dari bentuk dan lain sebagainya.

Manfaat Bagi Manusia

Pada umumnya orang china memanfaatkan kotoran satwa tersebut untuk menyuburkan tanah dan mengolahnya menjadi pupuk tanaman teh dan lain sebagainya.

Habitat

Semakin pesatnya jumlah pertumbuhan populasi manusia dan pembangunan gedung-gedung di sana sini, Maka hal tersebut bisa saja berpotensi mengancam habitat beberapa satwa, termasuk panda itu sendiri.

Habitat aslinya ada di negara tirai bambu (China) dan mereka suka hidup di hutan-hutan bambu yang lebat.

Berkembang Biak Cara (Vivipar)

Berkembang biak dengan cara melahirkan dan terkadang induknya melahirkan anak kembar dua sampai tiga ekor panda. Induknya selalu merawat bayinya sampai tumbuh besar dan ketergantungan bayinya terhadap induknya cukup lama, yaitu sekitar delapan hingga sembilan bulan.

Termasuk Satwa Langka Yang Di Lindungi

Sangat disayangkan jika hewan selucu ini harus mengalami kepunahan, Maka dari itu kita harus terus mendukung upaya dari semua pihak yang terus selalu berupaya melestarikan populasi panda dan juga memperluas area habitatnya, Agar jumlahnya semakin bertambah banyak dan terhindar dari kepunahan di kemudian hari.

Termasuk Hewan Buas

Walaupun ia memiliki wajah lucu dan juga imut, Namun jangan salah mereka bisa saja sewaktu-waktu dapat menyerang manusia dan bisa berakibat fatal jika manusia terserang olehnya. Memiliki otot rahang kuat dan jari tangannya dilengkapi dengan enam kuku besar lagi tajam.

Mereka memang sejatinya hewan dari keluarga beruang yang memiliki sifat buas, Namun ia juga masih dapat di latih dan menjadi hewan penurut dan bersahabat dengan manusia.

Hewan Soliter

Hewan yang suka menyendiri atau tidak berkelompok (soliter), Hanya dalam waktu tertentu saja mereka bisa bersama dan berinteraksi.

Suara Panda

Suaranya terkesan mirip dengan suara yang dikeluarkan oleh beberapa hewan mamalia lainnya yaitu kambing atau juga domba.

Itulah beberapa ciri-ciri panda, Semoga pembahasan ini dapat menambah sedikit wawasan bagi kita semua mengenai dunia hewan yang ada di muka bumi ini.