Ciri-Ciri Ikan Bawal Beserta Dengan Jenis dan Habitatnya


Minggu, 04 Maret 2018

Ciri-Ciri Ikan Bawal Beserta Dengan Jenis dan Habitatnya

Ikan Bawal atau biasa dikenal dalam bahasa inggris sebagai Pomfret adalah salah satu jenis ikan yang banyak ditemukan di perairan air tawar dan dari keluarga Bramidae.

Jenis ikan tersebut diperkirakan berasal dari Hawaii atau pun Brazil dan terdapat juga di lautan hindi, jepang, malaysia dan sebagian besar daerah atau wilayah di indonesia yang juga menjadi salah satu habitat terbesar nya.

Terdapat jenis-jenis ikan bawal, Namun pada umumnya ikan bawal terbagi menjadi dua kelompok atau jenis, di antaranya adalah Bawal Merah Hitam (Bawal air tawar) dan Ikan Bawal Putih (Air laut).

Jenis bawal air tawar cukup mudah ditemukan dan tentu yang paling sering dikonsumsi oleh masyarakat pada umumnya, Namun pada kenyataannya jenis bawal putih lah yang lebih tinggi akan peminatnya, Mungkin karena rasanya yang lebih gurih dan enak.

Mereka hidup dengan berenang dan membentuk suatu kelompok kecil (bergerombol), Terkadang juga kerumunan ikan bawal suka menyatu dengan hewan air (ikan) lainnya di dasar air, contohnya seperti udang dan lain sebagainya.

Kerap orang-orang menyamakan Ikan bawal dengan piranha, Hal tersebut karena dari bentuk, corak dan warna kedua hewan air tersebut hampir mirip dan serupa.

Walaupun seperti itu dan kita kerap terkecoh dan sulit membedakannya, Tapi cukup mudah kok untuk mencari tahu perbedaannya.

Berikut informasi singkat mengenai perbedaan ikan bawal dan piranha

1. Ikan bawal memiliki warna tubuh yang cenderung gelap, Sedangkan untuk piranha berwarna merah silver dengan spot atau corak bintik-bintik.

2. Pada bagian sirip ekor ikan bawal hanya terdapat satu garis hitam di bagian pangkal, Sedangkan untuk piranha terdapat dua garis hitam pada bagian depan dan juga pangkal.

3. Pada umumnya ukuran tubuh ikan bawal lebih besar jika dibandingkan dengan ukuran piranha dewasa.

4. Keduanya memiliki gigi yang kuat, Namun piranha jauh lebih kokoh, kuat, tajam dan juga lancip, tidak heran jika piranha dijuluki sebagai ikan predator yang ganas.

5. Perbedaan yang mencolok tentu dari jenis makanannya, Ikan bawal cenderung (herbivora, karnivora atau bersifat omnivora) Karena bawal dapat memakan tumbuh-tumbuhan atau tanaman dan daging, Sedangkan untuk piranha adalah karnivora tulen yang suka memakan dan memangsa daging.

Nah, bagaimana cukup mudah bukan untuk dapat membedakannya? Semoga tidak ada yang keliru ya.

Kita kembali ke topik utama, yaitu mengenai apa saja ciri-ciri bawal, Namun sebelum membahas mengenai karakteristik atau morfologi dari ikan bawal, ada baiknya kita mengenali ikan bawal berdasarkan Klasifikasi ilmiahnya, adalah sebagai berikut.

Kerajaan / Kingdom : Animalia, Kelas : Pisces, Filum : Chordata, Ordo : Cypriniformes, Famili : Characidae, Genus : Colossoma, Spesies : Colossoma macropomum.

Ciri-Ciri Khusus Ikan Bawal


Adapun mengenai ciri khusus ikan bawal adalah sebagai berikut, Silah kan sahabat dapat menyimak pembahasan selengkapnya di bawah ini.

Jika dilihat dari samping, tubuhnya tampak bulat (oval) dan jika dibelah secara vertikal, Ikan bawal terlihat pipih (compresed) Serta ukuran pajang dan tingginya sekitar satu sampai dua centimeter dan bahkan bisa lebih.

Warna tubuh bagian atas ikan bawal yakni berwarna kecokelatan atau keabu-abuan dan pada bagian bawah berwarna agak putih.

Pada bagian luar (kulit), Ikan bawal dilapisi dengan sisik yang kecil dan berbentuk ctenoid yang di mana pada bagian sisik belakang menutupi sisik bagian depan.

Terdapat sirip dengan ukuran yang agak panjang, sekitar kurang lebih dua hingga tiga centimeter, Ukuran tersebut tergantung dari varietas nya. Ikan bawal dewasa, Pada bagian tepi sirip perut, sirip anus dan ekor memiliki warna merah, ke kuningan atau oren.

Ia memiliki 5 bagian sirip (pinnae) yaitu sirip punggung, perut, dada, sirip anus dan ekor. Pada bagian sirip punggung terdapat jari-jari cukup keras namun tidak terlalu tajam.

Sedangkan jari-jari pada bagian sirip lainnya bisa di kata kan lemah dan pada bagian sirip bagian belakang (ekor) berbentuk cagak.

Ukuran kepalanya tampak lebih kecil jika dibandingkan dengan badannya dan Mulut ikan bawal terletak pada bagian ujung kepala dan lebih condong ke atas.

Serta gigi seri yang cukup tajam dan rahang pendek namun kuat. Matanya tampak jelas dan menonjol dan berbentuk seperti halnya cincin.

Bawal termasuk salah satu jenis ikan yang sering dikonsumsi oleh manusia.

Hal tersebut karena dagingnya yang tebal, berwarna merah, tidak terlalu berbau amis, berserabut halus dan dipercaya memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh karena adanya beberapa kandungan didalamnya.

Ikan bawal berkembang biak atau bereproduksi dengan cara bertelur (ovipar) dan dapat menghasilkan telur hingga mencapai tiga ribu sampai sepuluh ribu lebih.

Habitat atau lingkungan hidup ikan bawal adalah di sungai, danau, waduk dan perairan tawar lainnya.

Sedangkan untuk jenis bawal putih mereka hidup di air laut. Untuk bawal merah hitam banyak ditemukan di perairan sungai amazon dan tentunya di indonesia. Cenderung mereka suka hidup secara berkelompok atau bergerombol.

Bisa dikatakan ikan bawal adalah memakan segala (omnivora), Alasannya karena ia bisa memakan daging (Karnivora) berupa beberapa hewan renik seperti Ostracoda, Cladocera, Crusracea Copepoda dan juga tumbu-tumbuhan (Herbivora) Namun biasanya para pembudidaya ikan bawal biasa memberinya pakan pelet dan makanan ikan air tawar pada umumnya.

Untuk dapat membedakan antara bawal jantan dan betina, Secara umum dan mudah, Bisa dilihat dari ukuran tubuhnya yaitu jantan memiliki tubuh yang lebih langsing dari pada tubuh bawal betina yang gemuk.

Lihat Juga: Ciri-Ciri Ikan Nila

Itulah beberapa pembahasan mengenai ciri-ciri ikan bawal beserta dengan habitat dan jenisnya. Semoga dapat bermanfaat untuk kita semua.