7 Ciri-Ciri Kanguru dan Makanannya


Pada kesempatan kali ini Admin ingin membahas mengenai apa saja ciri-ciri kanguru dan makanannya. Kangguru termasuk hewan mamalia yang cukup unik karena ia memiliki kantung  (marsupialia) tepat pada bagian depan perutnya.

Binatang ini juga termasuk fauna khas australia, Namun tahukah sahabat bahwa di Indonesia sendiri tepatnya di Papua pun terdapat populasi kanguru, Hanya saja kanguru di papua memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil jika di bandingkan dengan kanguru Australia.

Makanan kanguru itu apa? Kanguru adalah hewan herbivora (pemakan tumbuhan) ia kerap kali memakan rumput, tunas, semak, daun pohon dan buah. Kanguru suka hidup secara berkelompok dan juga memiliki sifat yang agresif.

Ciri-Ciri Kanguru


Adapun mengenai ciri-ciri khusus kanguru adalah sebagai berikut, Silakan sahabat dapat menyimak nya di bawah ini.

1. Kanguru termasuk hewan mamalia yang memiliki kantung (marsupialia).
2. Hewan khas dari Australia dan menjadi salah satu habitat kanguru.
3. Memiliki kaki depan yang pendek dengan cakar yang tajam dan juga dua kaki belakang yang lebih panjang dengan otot yang kuat.
4. Ukuran telapak kakinya lebar dan besar, Didesain untuk melompat dan kecepatan lompatan Kanguru bisa mencapai sepuluh meter dan 70 km/jam.
5. Kanguru berkembang biak dengan cara apa? Kangguru adalah hewan mamalia yang dimana ia berkembang biak dengan cara melahirkan atau beranak (vivipar)
6. Memiliki ukuran ekor yang panjang.
7. Kanguru khususnya jenis merah memiliki daun telinga yang lebar dan panjang.

Jenis Kanguru

Terdapat beberapa jenis kanguru dan berikut ini adalah beberapa jenis atau spesies kanguru yang masih dapat kita temukan dengan cukup mudah yaitu Kanguru merah, Kanguru abu-abu timur, Western grey kangaroo dan Antilopine kangaroo.

Hal Unik Tentang Kanguru (Asal Usul Nama Kanguru)

Tahukah sahabat bahwa sebutan kanguru atau kangguru itu awalnya bukan di tujukan untuk penyebutan nama hewan.

Jadi cerita singkatnya pelaut asal inggris atau amerika berlayar dan mendarat di Australia, Sang pelaut melihat seekor binatang yang menurutnya ia unik karena berkantung. Kemudian pelaut tersebut bertanya pada orang asli di sana (suku Aborigin) "Hewan apa itu?"

Kemudian dijawab lah oleh orang aborigin tersebut "Kang-Ga-Roo." Jadi pelaut tersebut menganggap dan menamakan itu hewan Kanggaroo. Padahal sebenarnya maksud dari orang Aborigin itu bermakna "Saya tidak mengerti!"

Lucu juga ya.

Nah, itulah dia mengenai apa saja ciri-ciri kanguru, Semoga pembahasan ini dapat bermanfaat untuk sahabat semua.