Ciri Khusus Kadal, Ada 10 Bisa Cari Tahu Disini Ya

Ciri Khusus Kadal, Ada 10 Bisa Cari Tahu Disini Ya




Ciri Khusus Kadal - Jika kita mengamati dari bentuk tubuhnya yang dimana mempunyai sisik, kadal tentu dapat ditentukan masuk ke dalam golongan reptil hampir serupa dengan ular.

Terlebih jika di perhatikan dari ciri-ciri kadal serta habitatnya, hewan yang mempunyai badan yang cukup padat ini masuk kedalam ordo Squamata bersama dengan ular tentunya.

Cuma saja ada perbedaan yang paling mendasar antara kedua reptil tersebut, Apa itu?

Ialah kadal mempunyai kaki berjumlah 4, sementara ular tidak memiliki kaki yang digunakan nya untuk berjalan.

Kadal juga sering dikenal sebagai lizards (dalam bahasa inggris) dan mempunyai banyak sekali jenisnya.

Mulai dari bunglon, cicak, iguana, komodo, biawak, tokek, merupakan sekumpulan binatang reptil yang kerap kali disebut sebagai kadal.

Nah, agar semakin mengetahui jenis reptil ini, mari kita sama-sama pelajari ciri-ciri kadal dan juga habitatnya.


Ciri Khusus Kadal dan Habitatnya


  1. Kadal umumnya memiliki 4 kaki, Adapun yang tidak mempunyai kaki fisik yaitu kadal-pensil burton atau kadal tanpa kaki burton (Burton's legless lizard)
  2. Kebanyakan kadal terdapat sisik yang mengkilap dan juga halus, nampak seperti dilapisi minyak. Namun pada kulit kadal tidak memiliki pori-pori, jadi sebenarnya kering tidak basah seperti kelihatannya. 
  3. Untuk ukuran spesies kadal sendiri sangat bervariasi. Spesies dengan ukuran terkecil salah satunya adalah Brookesia micro of Madagascar hanya 29 mm (Ukuran dewasa). Sedangkan Spesies kadal terbesar adalah Komodo ia dapat tumbuh hingga 3 m panjangnya.
  4. Telapak kakinya terdapat bulu-bulu halus khusus yang fungsinya untuk perekat jika sedang memanjat pohon atau berjalan di dinding tembok. Biasanya dilakukan oleh jenis cicak dan tokek.
  5. Lidah kadal bercabang dua, ukurannya cukup panjang dan lengket.
  6. Terdapat kelopak mata dan lubang telinga, Namun untuk ular tidak terdapat lubang telinga yang digunakan nya untuk mendengar.
  7. Ukuran ekornya cukup panjang dan memiliki kemampuan Autotomi (Memutuskan ekor) fungsinya untuk melindungi diri setelah hewan pemangsa menangkapnya.
  8. Makanan kadal apa? Umumnya kadal omnivora (menyantap tumbuhan dan daging) Ada pun beberapa kelompok kadal dengan ukuran besar seperti biawak dan komodo, ia dapat memakan kerbau, rusa atau babi.Namun sebagian besar spesies kadal hidup dari makanan serangga dan juga buah/tumbuhan.  
  9. Kadal adalah binatang berdarah dingin, ia sangat bergantung sekali dengan keadaan suhu atau temperatur habitatnya.
  10. Habitat / lingkungan hidup kadal biasanya di tanah lembab, air dangkal dan pepohonan, berhubung kadal adalah hewan berdarah dingin. Jadi mereka condong berada di daerah beriklim hangat (daerah tropis) dan kadal juga termasuk hewan vertebrata yang mampu bertahan hidup di lingkungan gurun.

Nah itulah beberapa ciri khusus kadal, Jika ingin menambahkan ciri-ciri nya, Kalian bisa melengkapi nya di kolom komentar dibawah ya. Kita dapat sama-sama belajar untuk mengenal ciri khusus kadal.



Lihat Juga Ya