Ciri Khusus Kalajengking, Ada 8 Selengkapnya Bisa lihat Disini

Ciri Khusus Kalajengking, Ada 8 Selengkapnya Bisa lihat Disini

Ciri Khusus Kalajengking - Hewan ini termasuk binatang arthropoda yaitu hewan tidak bertulang belakang dengan tubuh berusa-ruas serta bersegmen, kakinya bersendi.

Arthropoda juga termasuk dari sekian banyak jenis binatang yang turut dalam memberikan dukungan untuk keseimbangan ekosistem alam.

Kalajengking atau dalam bahasa inggris disebut (Scorpion) merupakan hewan predator atau pemangsa.

Ciri-ciri kalajengking yang paling mudah dikenali yaitu ia memiliki sengat beracun yang terletak pada bagian belakang.

Fungsi dari sengatan nya yaitu untuk melumpuhkan hewan buruan nya atau melawan yang hendak mengganggunya.

Nah untuk lebih jelasnya mengenai apa saja ciri dan habitat kalajengking, Kamu dapat menyimak selengkapnya dibawah ini ya.


Ciri Khusus Kalajengking


  • 1. Kalajengking adalah hewan tidak bertulang belakang, sama seperti kepiting, lobster dan udang. Jenis ini disebut dengan Invertebrata.
  • 2. Termasuk Arthropoda (hewan bebuku-buku) dengan tubuh beruas yang memiliki banyak kaki. Contohnya seperti lipan, laba-laba dan tentunya kalajengking itu sendiri.
  • 3. Tedapat sengat yang berada pada bagian ujung ekor. Sengat ini dikenal dengan sebutan Metasoma. Berfungsi untuk memburu dan melumpuhkan mangsa dan juga menjaga diri dari gangguan hewan lainnya.
  • 4. Memiliki jumlah kaki 8 dan masing masing nya berjumlah 4 pasang.
  • 5. Terdapat sepasang capit pada bagian depan, Tampak hampir mirip dengan capit yang dimiliki oleh kepiting.
  • 6. Tubuhnya nampak sedikit memanjang dengan ukuran sekitar 5 sampai 7 cm.
  • 7. Kalajengking makan apa? Jika di alam liar ia biasa memakan belalang atau serangga sebagai makanan utamanya. Ia pun dapat mengkonsumsi tumbuhan. Jadi tak heran jika kalajengking termasuk omnivora.
  • 8. Habitat kalajengking biasanya hidup di wilayah dengan suhu udara yang lembab, ia pun suka bersembunyi dibawah pepohonon besar, tanah berpasir, rumpun bambu dan ada juga yang hidup di gurun.

Itulah pembahasan singkat mengenai apa saja ciri khusus kalajengking, Jika ingin menambahkan ciri-ciri nya. Kamu dapat berkomentar dikolom komentar dibawah ini ya.

Lihat Juga Ya