Ciri-Ciri Sapi


Ciri-Ciri Sapi - Binatang sapi adalah salah satu jenis hewan ternak yang cukup banyak di pelihara oleh masyarakat indonesia, Yang berternak sapi di sebut dengan penggembala sapi atau ada sebutan lain di daerah kalian? Penggembala sapi terkadang mengfungsikan sapi sebagai alat bantu petani untuk membajak sawah atau sebagai alat transportasi, Kita pun sering menyebut sapi tersebut dengan panggilan Lembu.

Ada beberapa alasan dan tujuan kenapa masyarakat mau memelihara binatang sapi diantara adalah karena sapi dapat membantu membajak sawah, dapat di ambil dagingnya untuk di konsumsi manusia, di peras susu nya, dapat di manfaatkan bagian tertentu dari sapi seperti kulit, tanduk, jeroan dan bahkan kotorannya pun dapat di gunakan sebagai pupuk organik, biogas dan keperluan lainnya.

Sedari dulu hewan sapi sudah menjadi binatang yang serbaguna dan dapat membantu beberapa keperluan manusia, contohnya sapi di jadikan alat kendaraan transportasi, sapi di manfaatkan tenaganya untuk menggerakan alat pemeras tebu dan lain-lain dan juga sapi biasa di gunakan sebagai hewan kurban di hari raya idul adha,

Sapi termasuk hewan golongan mamalia dan memamah biak, Untuk jenis makanannya sendiri sapi memakan tumbuh-tumbuhan (herbivora), Cara sapi berkembang biak dengan cara melahirkan, Sapi mampu melahirkan satu sampai dua anak dan juga mereka adalah binatang menyusui.

Susu sapi murni juga ternyata banyak di manfaatkan oleh manusia baik untuk di minum sebagai penambah kalsium bagi tubuh manusia atau di gunakan sebagai pembuatan keju, yoghurt dan lain sebagainya.

Nah, itulah penjelasan singkat mengenai karakteristik sapi dan beberapa kegunaan sapi, sekarang kita masuk ke pembahasan selanjutnya yaitu mengenai ciri-ciri binatang sapi.

Ciri-Ciri Khusus Hewan Sapi


Adapun mengenai ciri-ciri sapi, Adalah sebagai berikut.

1. Sapi termasuk hewan memamah biak, Ciri hewan memamah biak salah satunya adalah pemakan tumbuh-tumbuhan atau herbivora.
2. Terdapat dua tanduk yang runcing, Namun ada beberapa jenis sapi yang tidak memiliki tanduk di kepalanya.
3. Memiliki sepasang kaki depan, belakang dan ujung kaki yang cukup tajam.
3. Sapi mempunyai sepasang mata.
4. Memiliki kelenjar susu, Hal tersebut yang membuat sapi di sebut hewan mamalia.
5. Warna bulu yang berbeda yang dimana di sesuaikan dengan jenisnya, Namun kita sering menjumpai sapi dengan warna bulu coklat keemasan.
6. Mempunyai ukuran ekor yang cukup panjang.
7. Bisa menghasilkan suara yang khas dan berbeda dengan suara binatang jenis lainnya.
8. Sapi mempunyai daun telinga yang cukup lebar.
9. Memiliki lubang hidung yang cukup lebar
10. Ada beberapa jenis sapi yang memiliki tubuh yang berotot, salah satu jenisnya adalah Belgian Blue.

Beberapa Jenis Sapi Yang Ada Di Indonesia

Sapi Limousin, Sapi Simetal, Sapi Brahman, Sapi Madura, Sapi Ongole, Sapi PO ( Peranakan dari sapi Ongole ), Sapi Bali.

Cukup sekian pembahasan singkat mengenai ciri-ciri sapi beserta dengan beberapa fungsinya, Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kita semua.