Ciri-Ciri Wortel dan Klasifikasi


Selasa, 01 Mei 2018

Ciri-Ciri Wortel dan Klasifikasi

Ciri-ciri.id - Wortel adalah sejenis tanaman yang dimana umbi nya dapat dijadikan sayuran dan juga menyimpan kandungan karbohidrat dalam jumlah yang cukup besar. Bukan hanya tu saja ternyata wortel juga dapat dimanfaatkan sebagai asupan sumber vitamin bagi tubuh manusia.

Wortel juga kerap kali digunakan sebagai obat untuk menyehatkan mata yang mengalami minus, Hal tersebut karena wortel mengandung vitamin A yang cukup banyak, jadi sangat baik jika dikonsumsi untuk menjaga kesehatan indra penglihatan kita.

Klasifikasi Ilmiah Wortel

Di dalam sistem tumbuh-tumbuhan, tanaman wortel di klasifikasi kan sebagai berikut :

Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan Berbunga)
Kelas: Magnoliopsida (Tumbuhan DIkotil)
Ordo: Apiales
Famili:Apiaceae
Genus: Daucus
Spesies: D. carota.

Ciri-Ciri Tanaman Wortel


Adapun mengenai ciri-ciri atau morfologi tanaman wortel adalah sebagai berikut, Wortel memiliki susunan tubuh yang terdiri dari daun, tangkai, batang, serta akarnya.

Daun

Daun wortel bersifat majemuk menyirip ganda 2 atau 3, Anak daun nya berbentuk garis-garis atau lanset. Setiap tanaman memiliki lima sampai dengan tujuh tangkai daun yang ukurannya cukup panjang.

Helaian daun nya tipis serta lemas, Dan untuk tangkai daun nya sendiri tebal dan juga kaku dengan permukaan yang halus.

Batang

Batangnya sangat pendek berdiameter satu sampai dua centi meter. Bentuknya bulat, tekstur nya cukup keras serta tidak berkayu.

Secara umum batangnya memiliki warna hijau tua. Batang tanaman di tumbuhi oleh tangkai daun, Batangnya sebenarnya tidak bercabang, Namun tampak seolah-olah seperti bercabang.

Akar

Tanaman wortel memiliki perakaran tunggang serta serabut. Seiring dengan pertumbuhannya akar tunggang akan berubah bentuk, serta berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan cadangan makanan.

Bentuknya akan berubah menjadi bulat memanjang. Hingga mencapai diameter enam centi meter serta ukuran panjangnya tiga puluh centi meter (Disesuaikan dengan varietasnya).

Akar tunggang yang telah berubah bentuk serta fungsi inilah yang sering kita kenal dengan sebutan "Umbi Wortel" yang dapat kita makan sebagai penambah asupan vitamin yang diperlukan untuk menunjang kesehatan tubuh.

Bunga

Pada ujung tanaman ditumbuhi oleh bunga yang bentuknya payung berganda dan warna nya putih atau merah jambu tidak terlalu mencolok.

Terdapat tangkai yang tebal serta pendek, Dan untuk kuntum-kuntum bunganya terletak pada bidang yang sama.

Serta bunga wortel yang melakukan penyerbukan akan menghasilkan biji-biji dan juga buah yang ukurannya kecil serta berbulu.

Umbi

Secara umum orang memanfaatkan tanaman ini untuk diambil bagian umbi nya, Wortel sendiri adalah tanaman sayuran umbi semusim yang dimana mampu tumbuh sepanjang tahun, baik pada musim kemarau maupun penghujan.

Bentuknya semak, batangnya pendek. serta berakar tunggang bulat dan memanjang. Warnanya kuning kemerah-merahan. Serta memiliki beberapa kandungan gizi yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh manusia.

Kandungan Gizi Wortel (Jenis Nutrisi)

Kalori, Karbohidrat, Air, Protein, Gula, Serat, Lemak, Vitamin A 93%, Vitamin C 7%, Vitamin E 4%, Vitamin K 11%, Vitamin B1 (Thiamine), Vitamin B2 (Riboflavin), Vitamin B3 (Niacin), Vitamin B5 (Panthothenic acid), Vitamin B6 (Pyridoxine), Vitamin B9 (Folat), Cholin, Kalsium, Zat Besi, Magnesium, Fosfor, Potassium (Kalium), SodiumSeng (Zinc), Tembaga (Copper) dan lain sebagainya.

Manfaat Wortel Untuk Kesehatan

Adapun mengenai beberapa manfaat wortel untuk kesehatan tubuh manusia adalah sebagai berikut.

1. Wortel kaya akan vitamin A (Dapat menyehatkan mata)
2. Dapat meningkatkan Kualitas dan Kuantitas ASI.
3. Menjaga Kesuburan.
4. Mengurangi Resiko Penyakit Kanker.
5. Menyehatkan Jantung.
6. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh Manusia.
7. Mencegah Penyakit Stroke.
8. Menjaga Kesehatan Ginjal
9. Menyehatkan Kulit.
10. Mencegah Penuaan Dini

Cara Penyajian Wortel

Dijadikan jus wortel: Bisa menambahkan susu, madu, gula serta air, Disesuaikan dengan selera masing-masing.

Dibuat menjadi sayuran, banyak olahan masakan yang menambahkan wortel didalamnya seperti cap cai dan juga sayur sop.

Masker: Bisa juga untuk merawat kesehatan kulit wajah, Halus kan wortel, Kemudian oleskan pada wajah atau bagian kulit yang ingin di rawat kesehatannya.

Lihat Juga: Ciri-Ciri Tanaman Pangan

Itulah pembahasan mengenai ciri-ciri wortel dan juga klasifikasinya, Semoga dapat bermanfaat untuk kita semua.