15 Ciri-Ciri Kumbang


Apakah kalian sudah mengetahui mengenai apa saja ciri-ciri kumbang? Jika belum mengetahuinya secara jelas maka pada kesempatan kali ini penulis ingin sedikit berbagi pengetahuan dan informasi mengenai ciri khusus dari binatang kumbang.

Kumbang termasuk kelompok hewan serangga yang keberadaannya cukup banyak dan tidak terlalu sulit untuk dapat kita temukan secara langsung, Kumbang dapat ditemukan di semua habitat, contohnya hutan, padang savana, sawah, Namun kumbang jarang atau tidak dapat di temukan di wilayah kutub atau di lautan luas.

Beberapa spesies atau jenis kumbang menjadi mangsa bagi berbagai jenis Hewan Invertebrata dan juga Vertebrata, seperti burung (Hewan Aves), mamalia dan juga reptil, dan ada juga beberapa jenis kumbang yang memiliki daya tarik tersendiri dan banyak di jadikan hewan peliharaan oleh manusia.

Ciri-Ciri Kumbang


Adapun mengenai ciri-ciri khusus kumbang diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Kumbang adalah sekelompok hewan serangga
2. Tubuh kumbang terdiri dari buku-buku
3. Hewan kumbang memiliki sayap yang keras dan juga berwarna mengkilap.
4. Kepala kumbang berukuran kecil,
5. Tubuhnya terlihat membungkuk ke bawah.
6. Memiliki sepasang sungut atau antena.
7. Memiliki kaki depan belakang yang keras dan juga bergerigi.
8. Ukuran panjang tubuh kumbang sekitar 1 mm sampai 10 cm.
9. Kumbang berkembang biak dengan cara bertelur dan bertelur sampai dengan 90 butir telur, jika di rata-rata 1 butir dalam 5 hari.
10. Seperti halnya kebanyakan binatang jenis serangga lainnya, Kumbang pun bermetamorfosis dengan sempurna, sehingga dari bentuk larva kumbang berbeda dengan imagonya
11. Tubuh kumbang dibagi menjadi 3 bagian, diantaranya adalah kepala, toraks, dan juga abdomen.
12. Hewan kumbang memiliki jenis mulut pengunyah.
13. Pada umumnya kumbang dapat terbang, Karena memiliki sepasang sayap yang lembut dan juga tertutupi oleh cangkang dengan tekstur yang cukup keras.
14. Kemampuan bertahan hidup kumbang cukup pendek, Yakni kurang lebih selama dua sampai enam bulan, Namun terdapat beberapa jenis kumbang yang mampu bertahan hidup selama beberapa tahun.
15. Kumbang memiliki kemampuan akting yang cukup mumpuni, yang dimaksudkan untuk mengelabui atau berpura-pura mati pada saat hewan pemangsa nya mendekati dan mengancam kumbang tersebut.

Jenis Kumbang

Berikut beberapa jenis kumbang yang mungkin saja secara tidak langsung sering kita jumpai, baik itu di taman atau di kebun bunga, diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Kumbang koksi (kumbang mas), tanduk, pengerek, tanah, daun, dan masih banyak lagi jenis kumbang yang lainnya.

Nah, itulah penjelasan singkat mengenai apa saja ciri khusus kumbang, Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kita semua.