Ciri-Ciri Tanaman Pangan dan 10 Jenisnya


Rabu, 07 Maret 2018

Ciri-Ciri Tanaman Pangan dan 10 Jenisnya

Tanaman pangan adalah suatu kelompok dari beberapa jenis tanaman yang memiliki kandungan karbohidrat dan protein cukup tinggi, Serta menjadi bahan makanan pokok bagi masyarakat di banyak negara-negara di dunia untuk dikonsumsi.

Jenis tanaman ini sangatlah dibutuhkan dan memiliki peranan penting bagi kehidupan, terutama bagi manusia yang di mana membutuhkan sumber energi untuk terus dapat menjalankan hidupnya di muka bumi ini.

Tentu jika tidak ada tanaman pangan didunia, beberapa makhluk hidup contohnya seperti manusia dan juga hewan, Mungkin akan merasa kepayahan untuk dapat menjalankan kehidupan.

Beruntungnya kita hidup di indonesia yang di mana tanahnya sangat subur, Maka tidak heran jika di negeri kita ini kaya akan berbagai macam tanaman pangan dan konon katanya tongkat kayu dan batu juga berubah jadi tanaman.

Komoditas tanaman pangan yang paling umum dan utama dimakan masyarakat di indonesia adalah padi, jagung, sagu, umbi-umbian, kacang-kacangan dan lain sebagainya.

Tanaman pangan umumnya dibagi menjadi tiga kelompok, yakni jenis tanaman serealia (tanaman biji-bijian), Umbi-umbian, kacang-kacangan dan dari kesemua jenis tanaman pangan yang ada, semuanya memiliki ciri khas yang berbeda-beda.

Ciri-Ciri Tanaman Pangan dan 10 Jenisnya


Adapun mengenai ciri khusus tanaman pangan beserta dengan 10 jenisnya adalah sebagai berikut. silakan sahabat dapat menyimak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

1. Padi (Oriza Sativa)

Padi adalah salah satu jenis dari tanaman berkarbohidrat yang dapat menghasilkan beras, kemudian diolah menjadi nasi dan menjadi makanan pokok bagi masyarakat indonesia khususnya bagian barat. Tanaman padi diperkirakan berasal dari india atau Indocina.

Ciri-Ciri Khusus Padi

Akar serabut, Batang padi tidak bercabang dan berukuran pendek, daun padi sejajar dan berbentuk sempit memanjang.

Klasifikasi Ilmiah Padi:

Kingdom: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
(tidak termasuk): Monokotil
(tidak termasuk): Commelinids
Ordo: Poales
Famili: Poaceae
Genus: Oryza
Spesies: O. sativa

2. Gandum (Triticum spp)

Gandum adalah termasuk kelompok tanaman serealia dari suku padi-padian dan memiliki kandungan karbohidrat yang cukup tinggi. Di indonesia sendiri gandum masih kalah tenar dengan padi, Gandum biasanya di produksi menjadi tepung terigu, roti, sereal atau sebagai pakan ternak.

Ciri-Ciri Khusus Gandum

Berbunga majemuk, Batang beruas dan juga berongga, Berakar serabut, Daun tumbuh tegak atau melengkung.

Berbentuk opal dengan panjang enam sampai delapan milimeter dan diameternya dua sampai tiga milimeter, Serta memiliki tekstur yang keras.

Gandum dipercaya dapat menjaga tubuh agar tetap selalu sehat, Hal tersebut karena gandum memiliki beberapa kandungan yang baik untuk tubuh, Di antaranya adalah Vitamin B!, B2, B3, B6, Protein, Serat pangan dan Nutrisi yang cukup banyak.

Klasifikasi Ilmiah Gandum:

Kingdom: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Liliopsida
Ordo: Poales
Famili: Poaceae
Genus: Triticum L.
Spesies: Triticum aestivum L.

3. Sorghum (Sorghum bicolor)

Sorgum adalah salah satu tanaman pangan yang dapat dikatakan serbaguna. Tanaman ini menjadi sumber makanan baik bagi manusia maupun hewan ternak atau biasa juga digunakan untuk bahan industri.

Diindonesia mungkin masih terdengar asing dengan sebutan sorgum, Namun berbeda di Afrika sub-sahara dan Asia selatan yang menjadikan sorgum ini sebagai salah satu makanan pokok atau utama mereka.

Ciri-Ciri Umum Dari Sorgum

Memiliki tinggi rata-rata dua hingga empat meter, Biji berbentuk bulat dengan ujung mengerucut, Bentuk pohonnya lurus dan memanjang, Bentuk daun dan pohonnya tampak mirip dengan jagung, Tidak memiliki kambium.

Klasifikasi Ilmiah Sorgum:

Kingdom: Plantae
(tidak termasuk): Angiospermae
(tidak termasuk): Monocots
(tidak termasuk): Commelinids
Ordo: Poales
Famili: Poaceae
Genus: Sorghum
Spesies: S. bicolor

4. Jagung (Zea mays)

Jagung adalah tumbuhan serealia sama halnya dengan padi, gandum, dan sorgum, Jagung juga termasuk tanaman pangan yang cukup populer di indonesia.

Jagung memiliki kandungan karbohidrat yang cukup tinggi. Beberapa daerah di indonesia yang menjadikan jagung sebagai makanan populer adalah Nusa tenggara timur, Sulawesi, Jawa tengah dan Madura.

Tanaman jagung juga bisa dikatakan serbaguna, Selain digunakan untuk makanan manusia, Tanaman pangan ini juga bisa untuk pakan ternak, Dibuat menjadi tepung maizena, bahan baku produk industri kosmetika, kimia, farmasi dan lain sebagainya.

Ciri-Ciri Khusus Jagung

Berakar serabut, Daun jagung adalah daun sempurna (Bentuknya memanjang sejajar dan ibu tulang daun permukaannya licin serta berbulu)

Batang berbentuk tegak lurus dengan batang beruas-ruas, berkeping tunggal (monokotil), Tongkol tumbuh dari dalam buku terletak diantara pelepah daun dan batang.

Tanaman Jagung terdapat bunga jantan dan juga bunga betina yang terpisah (diklin) dalam satu tanaman (monoecious) dan lain sebagainya.

Klasifikasi Ilmiah Jagung:

Kingdom: Plantae
(tidak termasuk): Angiospermae
(tidak termasuk): Monokotil
(tidak termasuk): Commelinids
Ordo: Poales
Famili: Poaceae
Genus: Zea
Spesies: Z. mays

5. Ubi Jalar (Ipomae batatas)

Ubi jalar adalah jenis tanaman budi daya yang memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi dan merupakan komoditi pangan cukup penting di Indonesia.

Umumnya ubi jalar dimanfaatkan atau di konsumsi bagian akar yang membentuk umbi. Bukan hanya bagian umbi nya saja, Daun muda ubi jalar pun sering kali dibuat sebagai sayuran.

Ciri Khusus Ubi Jalar

Pertumbuhannya merambat, tegak dan menjalar, Susunan tubuhnya adalah batang, daun, bunga, buah, biji, dan umbi, Batang berbuku-buku serta berbentuk bulan dan tidak berkayu, Kulit ubi jalar berwarna ungu, orange dan juga kuning dan memiliki rasa yang manis.

Klasifikasi Ilmiah Ubi Jalar:

Kingdom: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Solanales
Famili: Convolvulaceae
Genus: Ipomoea
Spesies: I. batatas

6. Singkong, Ubi Kayu Atau Ketela Pohon (Manihot Esculenta)

Singkong adalah tanaman pangan yang namanya tidak akan asing lagi bagi masyarakat indonesia pada umumnya.

Hal tersebut karena kandungan karbohidrat nya cukup tinggi serta daun nya pun dapat dijadikan sayuran.

Singkong atau Ketela pohon sering diolah menjadi banyak olahan makanan, di antaranya adalah keripik, tepung terigu dan bahkan baru-baru ini diolah menjadi bahan baku kertas.

Ciri Khusus Singkong

Singkong memiliki ukuran berdiameter dua sampai lima centimeter dan panjang dua puluh hingga enam puluh centimeter.

Dagingnya berwarna putih dan kekuning-kuningan serta terdapat getah, Kulit bagian luar berwarna cokelat, Sistem perakaran serabut yang terspesialisasi.

Batangnya beruas-ruas, Jenis daun tunggal berwarna hijau (Berklorofil) dan permukaannya rata serta tulang daun menjari.

Ukuran bunga sangat kecil dan berwarna putih serta kelopaknya berjumlah lima dan berwarna hijau, Bunganya tanpa kelamin baik jantan atau pun betina.

Klasifikasi Ilmiah Singkong:

Kingdom: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Malpighiales
Famili: Euphorbiaceae
Subfamili: Crotonoideae
Bangsa: Manihoteae
Genus: Manihot
Spesies: M. esculenta

7. Kentang (Solanum tuberosum)

Kentang adalah salah satu tanaman pangan dari suku solonaceae, Umbi kentang telah menjadi salah satu jenis tanaman umbi-umbian yang di konsumsi oleh orang-orang di eropa sana dan telah menjadi makanan pokok atau utama mereka. Untuk kandungan karbohidratnya pun cukup tinggi.

Ciri-Ciri Kentang

Kentang memiliki akar serabut dan tunggang, Batang tidak berkayu dan membentuk segi empat atau segi lima (Disesuaikan dengan varietasnya)

Bentuk daun bulat (oval) dan meruncing, Serta pada bagian bawah daun berbulu dan berkerut, Bentuk umbi kentang ada yang bulat (oval) dan bulat panjang, Serta warnanya kuning, putih dan juga merah.

Klasifikasi Ilmiah Kentang:

Kingdom: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Subkelas: Asteridae
Ordo: Solanales
Famili: Solanaceae
Genus: Solanum
Spesies: S. tuberosum

8. Kedelai

Kacang kedelai adalah salah satu jenis tanaman polong-polongan dan memiliki kandungan karbohidrat yang cukup tinggi dan telah lama dikenal masyarakat indonesia sebagai bahan dasar dari pembuatan tempe dan tahu.

Ciri-Ciri Khusus Kedelai

Akar kedelai sedikit serabut dan akar tunggal, Pada bagian luar batangnya memiliki lapisan epidermis.

Batang berkambium dan terdapat percabangan, Daunnya berjumlah dua, empat, lima atau kelipatannya dan berbentuk menyirip.

Bunga kacang kedelai tersusun glomerulus (Tukai), Bijinya berkeping dua, terbungkus kulit biji serta tidak mengandung jaringan endosperma.

Klasifikasi Ilmiah Kedelai:

Kingdom: Plantae
Filum: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Fabales
Famili: Fabaceae
Subfamili: Faboideae
Genus: Glycine (L.) Merr.

9. Kacang Tanah (Arachis hypogaea)

Kacang tanah termasuk tanaman polong-polongan (Legum) anggota suku fabaceae yang biasa tumbuh didalam tanah, Sama seperti kacang kedelai.

Kacang tanah juga menjadi salah satu tanaman pangan yang penting bagi masyarakat indonesia dan dapat diolah menjadi, minyak kacang tanah, saus atau sambal kacang, selai kacang dan lain sebagainya.

Ciri-Ciri Khusus Kacang Tanah

Daun nya berbentuk majemuk bersirip genap yang terdiri dari empat anak daun oval (bulat) dan berbulu, Batang lurus sepanjang tiga puluh sampai lima puluh centimeter.

Umumnya bunganya berwarna kuning dan terdapat garis kemerahan serta kelopak tubular, Berkumpul dalam kelompok dua sampai enam bunga masing-masing.

Akarnya tunggang dengan akar cabang tumbuh di bagian akar tunggang tersebut dan pada akar kacang tanah memiliki bintil atau nodul.

Klasifikasi Ilmiah Kacang Tanah:

Kingdom: Plantae
Divisi: Tracheophyta
Subdivisi: Angiospermae
Kelas: Magnoliophyta
Ordo: Leguminales
Famili: Fabaceae
Subfamili: Faboideae
Genus: Arachis
Spesies: Arachis hypogaea

10. Kacang Hijau (Vigna radiata)

Kacang hijau adalah sejenis tanaman palawija dan termasuk tumbuhan suku polong-polongan (Fabaceae) Kacang hijau memiliki kandungan karbohidrat yang cukup.

Serta memiliki berbagai manfaat bagi tubuh manusia dan sebagai sumber bahan makanan berprotein nabati tinggi.

Di indonesia sendiri kacang hijau menempati posisi ke tiga setelah kedelai dan juga kacang tanah sebagai tanaman pangan jenis legum terpenting.

Ciri-Ciri Khusus Kacang Hijau

Akar kacang hijau berakar tunggang dengan cabang akar tersebar serta menjulur ke bawah permukaan.

Batangnya berbentuk bulat dan berbuku-buku dengan ukuran kecil serta berbulu warnanya kecokelatan atau hijau kemerahan.

Daun kacang hijau majemuk dan umumnya terdapat tiga helai daun pada satu tungkai, Bentuk daunnya oval dan ujungnya lancip.

Buahnya berbentuk polong dan panjangnya mencapai lima sampai enam centimeter per polong, Pada setiap polong kacang hijau berisi sepuluh hingga lima belas biji, Bijinya berbentuk bulat dan memiliki ukuran lebih kecil dari pada kacang kedelai.

Klasifikasi Ilmiah Kacang Hijau:

Kingdom: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Fabales
Famili: Fabaceae
Genus: Vigna
Spesies: V. radiata

Sebagai Penutup

Itulah ciri-ciri tanaman pangan yang dapat admin sertakan, Sebetulnya ada banyak sekali jenis tanaman pangan lainnya, di antaranya adalah Jelai, Talas, Wortel, Sukun, Sagu, Jewawut, Tebu, Nipah, Gebang, Siwalan, Pisang, Ganyong, dan Lain sebagainya.

Dari semua jenis tanaman pangan yang telah disebutkan diatas hampir dapat ditemukan di indonesia dan tentu jumlahnya cukup banyak dan melimpah.

Hal tersebut membuktikan bahwa INDONESIA KAYA akan flora, Jadi kita harus dapat mensyukurinya dengan cara tidak merusak lingkungan dan menjaga alam agar tetap terus lestari.

Dan yang paling terpenting adalah tidak ada lagi rakyat indonesia yang mengalami kelaparan akibat tidak adanya sumber pangan atau makanan.

Mungkin cukup sekian pembahasan kali ini mengenai apa saja 10 jenis tanaman pangan beserta dengan ciri-ciri umum dan klasifikasi nya, Semoga dapat bermanfaat untuk kita semua.