13 Ciri-Ciri Kuda


Halo sahabat semua pada kesempatan kali ini penulis ingin berbagi sedikit informasi mengenai ciri-ciri kuda.

Pada Sebelumnya kami membahas mengenai salah satu hewan yang karakteristik dan bentuknya hampir mirip dengan binatang kuda.

Apa itu? Ya, benar sekali.

Nama binatang nya adalah Zebra, Jika anda ingin mengetahui ciri-cirinya, silakan bisa menuju ke tautan di bawah ini.

Lihat juga : Ciri-ciri zebra dan habitatnya

Untuk dapat mengetahui apa saja ciri-ciri kuda sebenarnya cukup mudah, Alasannya karena kuda sejak dulu sudah akrab dengan kehidupan manusia sehari-hari dan salah satu jenis hewan yang dapat jinak yang bisa dipelihara.

Tapi sekarang mungkin tidak seperti dulu lagi dan kita berada di jaman yang berbeda dan tidak lagi dekat dengan kuda (binatang), Melainkan dengan kuda (Besi) alias sepeda motor.

Ciri-Ciri Kuda


Adapun Mengenai Ciri-Ciri Khusus kuda adalah sebagai berikut:

1. Kuda adalah salah satu jenis hewan mamalia.

2. Berkembang biak dengan cara melahirkan

3. Makanan kuda berupa rerumputan atau tumbuh-tumbuhan (herbivora)

4. Pada umumnya memiliki ukuran tinggi badan 160 hingga 200 cm.
Namun terdapat jenis kuda yang memiliki tinggi kurang dari itu, Yaitu jenis kuda poni yang biasa berfungsi sebagai kuda peliharaan dan jarang di gunakan untuk kuda pekerja.

5. Memiliki 4 kaki yang berotot yang digunakan nya untuk berjalan dan berlari cepat dan tidak jarang pula di manfaatkan oleh manusia untuk dijadikan sebagai ajang perlombaan pacuan kuda yang mampu berlari hingga 50km/jam.

6. Memiliki ukuran gigi yang cukup panjang dan digunakan nya untuk mengunyah makanan.
Tahukah anda bahwa dengan memperhatikan gigi kuda.

Kita akan dapat menandai umur kuda tersebut, Alasannya karena rumput yang dimakan oleh kuda tersebut mengandung debu dan juga pasir.

Maka dengan begitu lambat laun gigi kuda akan aus dan tingkat keausan giginya itu lah yang bisa menjadikan acuan, apakah kuda tersebut sudah tua atau masih muda.

7. Kuda mampu tidur dengan posisi berdiri, Alasannya karena pada tulang kakinya terdapat ligamen dan tendon yang di mana membuatnya mampu untuk bertahan dalam posisi berdiri dan tidak terjatuh walaupun dalam keadaan tertidur sekalipun dan waktu tidurnya pun cukup lama.

8. Kuda tidak memiliki bagian tulang selangka, Maka jangan heran jika kuda mampu berlari dengan cepat dan langkahnya pun lebih lebar.

9.Kuda tidak dapat melihat suatu obyek tepat di hadapannya (depan) dan juga buta terhadap warna merah.

10. Kuda termasuk hewan vertebrata (Jenis binatang yang memiliki tulang belakang), dan invertebrata adalah jenis hewan yang tidak memiliki tulang belakang.

Lihat selengkapnya mengenai ciri-ciri hewan invertebrata dan cari tahu apa saja perbedaannya.

11. Memiliki ekor yang cukup panjang.

12. Terdapat bulu atau rambut yang cukup panjang atau jabrik di bagian atas kepalanya.

13. Kuda suka hidup dengan cara berkelompk, Jadi tidak heran jika di salah satu habitatnya yaitu padang rumput kuda suka berlari-larian bersama.

Beberapa Manfaat Kuda Bagi Kehidupan Manusia

1. Kuda sejak dulu digunakan untuk kendaraan militer dan hewan gagah yang selalu di ikut sertakan dalam acara kenegaraan.
2. Dimanfaatkan manusia sebagai alat transportasi dan untuk mengangkut barang yang berat. Sampai saat ini masih banyak yang memanfaatkan kuda untuk membantu berbagai kegiatan manusia.
3. Digunakan sebagai ajang perlombaan pacuan kuda dan ketangkasan kuda. Kuda termasuk hewan yang cerdas, jinak dan dapat dilatih oleh manusia.
4. Dagingnya untuk di konsumsi, Namun cukup jarang manusia mengkonsumsi daging kuda dan lebih umum memanfaatkan susu dan juga tenaganya.
5. Beternak kuda untuk dijual belikan (Bisnis penjualan kuda).

Beberapa jenis kuda yang dapat di temukan dengan mudah di indonesia di antaranya adalah:
Kuda Sumbawa, Sumba, Sabu, Flores, Bali Lombok, Timor, Batak, Jawa, Sumatra, Priangan, Mandar, Makasar, Minahasa dan Juga Kuda lumping.

Jenis kuda yang satu ini (kuda lumping) adalah kuda yang mampu memakan kaca beling, hehe.. Bercanda.

Mungkin saja masih terdapat beberapa jenis kuda yang ada di beberapa daerah di indonesia lainnya.

Namun mungkin hanya itu saja yang dapat admin tulis dan tidak sempat untuk menyertakan jenis kuda import (Bule) Karena jumlah jenis kuda dalam negeri sendiri pun cukup banyak.

Kita sebagai masyarakat indonesia tentu harus bangga dengan hal tersebut dan harus mencintai berbagai jenis hewan asli indonesia terutama kuda.

Mungkin itu saja penjelasan singkat mengenai ciri-ciri kuda, semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kita semua.