11 Ciri-Ciri Ubur-Ubur


Halo apa kabar sahabat semuanya? Semoga dalam keadaan sehat dan bahagia selalu. Pada kesempatan kali ini penulis ingin berbagi informasi atau menjelaskan mengenai apa saja ciri-ciri ubur-ubur (Schypozoa).

Binatang ubur-ubur adalah sejenis hewan laut yang tak bertulang belakang (Invertebrata) Secara fisik ubur-ubur sekilas terlihat seperti cangkir terbalik atau payung berumbai jika hewan tersebut sedang berenang bebas di lautan.

Ubur-ubur terlihat lucu dan menggemaskan, Namun tunggu dulu, Sebelum memutuskan untuk menangkap atau memegang ubur-ubur, Pastikan bahwa ubur-ubur tersebut tidak memiliki sengat atau racun yang dapat menyakitkan tubuh atau kulit.

Beberapa kelompok atau jenis hewan ubur-ubur memiliki sel penyengat yang mereka gunakan untuk menangkap mangsa mereka dan juga sebagai bentuk pertahanan jika hewan tersebut merasa terancam.

Ciri-Ciri Khusus Ubur-Ubur


Adapun mengenai ciri-ciri ubur-ubur adalah sebagai berikut, Silah kan anda dapat menyimak pembahasan selengkapnya di bawah ini.

1. Termasuk Hewan Invertebrata (Tidak Bertulang Belakang)

Hewan seperti lebah, laba-laba, cacing, siput, karang dan ubur-ubur sendiri juga termasuk dalam golongan hewan invertebrata.

Selengkapnya: Ciri-Ciri Hewan Invertebrata

2. Transparan

Kenapa tubuh ubur-ubur transparan? Alasannya karena tubuh ubur-ubur di dominasi oleh 95% air, yang berarti hewan tersebut hampir sempurna ter samarkan dengan lingkungannya.

3. Tubuh Ubur-Ubur

Tubuh ubur-ubur dibagi menjadi tiga bagian utama yakni payung, lengan (sekitar mulut) dan tentakel yang di gunakannya untuk menyengat.

4. Ubur-Ubur Berkembang Biak Dengan Cara?

Ubur-ubur berkembang biak secara vegetatif dengan cara membentuk tunas yang berupa medusa. Hewan ini juga sering disebut memiliki dua wujud, yaitu polip dan juga medusa.

5. Sistem Gerak

Ubur-ubur bergerak menggunakan otot yang dapat menarik tubuhnya. Air yang masuk ke dalam rongga tubuhnya akan keluar dan kemudian mendorongnya.

Mesoglea ubur-ubur yang elastis tersebut fungsinya untuk meluncur di dalam air dan kemudian bentuknya akan kembali seperti sedia kala.

6. Memiliki Tentakel

Pada umumnya ubur-ubur memiliki tentakel yang dapat menyengat kan racun nya. Namun ada juga ubur-ubur yang tidak memiliki tentakel dan tentunya aman jika kita pegang.

7. Habitat Ubur-Ubur

Ubur-ubur dapat kita temukan di laut atau juga di danau dan negara kita (indonesia) sendiri memiliki beberapa tempat destinasi wisata yang dapat dikunjungi.

Tentu tujuan utamanya untuk melihat ubur-ubur secara langsung yang konon katanya ubur-ubur di sana tidak memiliki sengatan.

Tempat tersebut di antaranya adalah di pulau Kakaban (kalimantan timur), Misool (raja ampat), Kepulauan togean di sulawesi tengah dan tempat-tempat yang lainnya.

8. Makanan Ubur-Ubur

Ubur-ubur kecil akan memakan berbagai jenis hewan plankton yang mencakup organisme seperti moluska, larva urochordata, polychaeta muda, protozoa, telur ikan, diatom, crustacea, rotifera, dan organisme kecil lainnya.

9. Kepala Ubur-Ubur

Ubur-ubur tidak memiliki kepala. Mulut dan anus nya terletak pada lubang yang sama, Jadi makanan yang ia masukan dan kemudian di keluarkan akan melalui lubang yang sama.

10. Ubur-Ubur Bernafas Dengan?

Ubur-ubur menggunakan sistem pernafasan dengan cara menyerap oksigen dan mengeluarkan karbon dioksida ke sekitar ubur-ubur tersebut berada dan hal tersebut di lakukan melalui kedua lapisan sel nya.

11. Suka Hidup Secara Berkelompok

Ubur-ubur biasanya dapat di temukan di kedalaman satu kilometer di bawah permukaan laut dan merupakan salah satu jenis hewan laut yang suka hidup secara berkelompok.

Jadi ingat film ikan nemo (Finding Nemo), yang terciduk dan tersengat oleh para gerombolan ubur-ubur.

Sekian pembahasan singkat mengenai ciri-ciri ubur-ubur, semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kita semua.