5 Ciri-Ciri Bayam dan Klasifikasinya


Bayam adalah salah satu jenis tanaman atau tumbuhan yang dapat ditanam dan juga budi daya, serta banyak juga masyarakat yang mengkonsumsi daun nya sebagai sayuran yang sehat dan cukup banyak mengandung sumber zat besi yang penting bagi kesehatan tubuh manusia.

Bayam berasal dari amerika yang memiliki iklim tropis dan sekarang jenis tumbuhan ini telah menyebar ke banyak negara termasuk indonesia. Secara umum orang lebih mengenal bayam hanya dua macam atau jenis saja yaitu bayam petik (A. hybridus "bayam kakap") dan juga bayam cabut (A. tricolor).

Keduanya memiliki ciri yang agak berbeda, misal jenis bayam petik mempunyai ukuran daun yang lebar serta tumbuh tegak besar dan bagian daun mudanya biasa di makan sebagai campuran bahan makanan seperti urap, pecel, gado-gado, lalapan dan lain sebagainya.

Sedangkan untuk jenis bayam cabut memiliki ukuran yang lebih kecil dan waktu penanaman nya pun bisanya lebih singkat yaitu paling lama dua puluh lima hari, bayam cabut biasa diolah menjadi sayur bobo, sup sayur bayam dan lain sebagainya, adapun jenis bayam lainnya adalah bayam duri (A. spinosus) dan bayam kotok (A. blitum)

Klasifikasi Tanaman Bayam:

Kingdom/Kerajaan: Plantae (Tumbuhan)
Sub kingdom: Tracheobionta
Sub Divisi: Spermatophyta
Division: Magnoliophyta (Berbunga)
Class: Magnoliophyta
Sub Classis: Caryophyllidae
Famili: Amaranthacea
Genus: Amaranthus
Species: Amaranthus L. (Amaranthus sp.)

Ciri-Ciri (Morfologi) Tanaman Bayam


Adapun mengenai ciri-ciri khusus atau morfologi bayam adalah sebagai berikut, Silakan sahabat dapat menyimak pembahasan selengkapnya dibawah ini.

Akar

Bayam mempunyai jenis akar perdu (terna) Akar tanaman bayam termasuk golongan akar tunggang serta mempunyai sedikit akar serabut, Akar bayam juga dapat menembus ke dalam tanah hingga kedalaman dua puluh hingga empat puluh centimeter lebih.

Batang

Batang tanaman bayam mempunyai lapisan epidermis di bagian luarnya serta berkambium. Batangnya tidak tipis, tumbuh tegak, tebal dan memiliki ukuran panjang hingga satu meter serta memiliki cabang monodial.

Batang bayam juga memiliki kandungan air yang cukup banyak, Untuk warna batang tanaman bayam umumnya berwarna abu-abu atau kecokelatan dan terdapat duri halus pada bagian pangkal ujung batangnya.

Daun

Memiliki jenis daun tunggal dan berbentuk menyirip, Bentuknya bulat memanjang serta lonjong atau oval, Berwarna hijau tua dan muda.

Untuk ukuran panjangnya kurang lebih enam centimeter dan lebarnya bisa mencapai tiga centimeter dan memiliki opacus pada permukaan daun bayam serta untuk panjang tangkainya sendiri mencapai sembilan centimeter serta terdapat permukaan repandus, bagian tepi atau sisi pinggir.

Bunga

Bunga pada tanaman bayam tersusun majemuk atau secara glomerulus (tukal), Bayam berbunga tunggal berwarna hijau tua dan ukurannya kecil sekitar satu hingga tiga centimeter dan tumbuh pada bagian ketiak daun yang tersusun tegak.

Terdapat mahkota yang terdiri atas daun bunga sebanyak empat sampai lima, Benang sari satu hingga lima, serta bakal buah sebanyak dua sampai tiga buah dan lain sebagainya yang digunakan untuk proses penyerbukan.

Biji

Ukuran bijinya kecil dan bertekstur halus dan bentuknya bulat. Pada umumnya biji bayam berwarna kecokelatan atau kehitaman dan adapun jenis lainnya yang memiliki warna yang berbeda yakni merah dan putih, biasanya bayam jenis maksi yang memiliki warna biji seperti itu. Biji bayam maksi ternyata bisa dimakan dan rasanya cukup enak, umumnya dijadikan sebagai campuran roti dan dibuat bubur.

Kandungan Gizi Bayam

Masih ingat kah sahabat dengan kartun Popeye the Sailor Man? Setelah makan bayam maka ia akan langsung berubah menjadi kuat dan bersemangat.

Ternyata hal tersebut bukanlah hanya untuk sekedar pemanis cerita saja, fakta nya bayam memiliki beberapa kandungan gizi yang baik untuk tubuh manusia. Berikut ini adalah beberapa kandungan gizi yang ada pada bayam.

Bayam mempunyai banyak kandungan antioksidan esensial dan juga fitokimia yang dapat berfungsi untuk membantu melindungi tubuh manusia terhadap berbagai macam jenis penyakit.

Dalam 100 g Bayam terdapat:

Energi 36 kal, Protein 3,5g, Lemak 0,5g, Karbohidrat 6,5g, Serat 0,8g, Kalsium 267mg, Fosfor 67mg, Besi 3,9mg, Vitamin A 6.090 IU, Vitamin B1 0,08mg, Vitamin C 80 mg, Air 86,9g dan lain sebagainya.

Manfaat Bayam Bagi Kesehatan Tubuh

Dapat Melancarkan pencernaan, Membantu pertumbuhan dan memperkuat tulang, Menjaga kesehatan kulit, Sebagai Anti inflamasi atau anti nyeri, Sangat baik bagi perkembangan anak-anak, Menyehatkan mata atau indra penglihatan, Untuk menurunkan darah tinggi, Mencegah kanker prostat, Menjaga kesehatan otak, Menghilangkan jerawat, Sebagai pengontrol gula darah, Sebagai makanan alternatif untuk (Diet), Memperkuat kekebalan tubuh, Menyehatkan gusi dan gigi, Dapat meningkatkan energi pada tubuh dan lain sebagainya.

Mungkin sekian pembahasan kali ini mengenai apa saja ciri-ciri bayam beserta dengan klasifikasi nya, Semoga dapat bermanfaat untuk kita semua.