12 Ciri-Ciri Kupu-Kupu


Ciri kupu-kupu - Kalian sudah pernah melihat kupu-kupu secara langsung atau bahkan telah mengetahui mengenai apa saja ciri-ciri khusus kupu-kupu? Jika belum mengetahuinya secara jelas, Maka pada kesempatan kali ini ijin kan penulis untuk membahas dan memberikan sedikit informasi mengenai ciri dari binatang kupu-kupu.

Kupu-kupu sendiri termasuk salah satu hewan yang cantik dan juga indah jika kita memandangnya, selain itu juga kupu-kupu adalah binatang serangga yang membantu proses penyerbukan terhadap bunga-bunga sehingga menjadi buah atau biji.

Maka tidak heran jika di taman-taman atau kebun bunga pasti akan banyak sekali kupu-kupu yang berterbangan dan juga hinggap pada tanaman bunga tersebut.

Kupu-kupu sering dijadikan inspirasi bagi para seniman dan bukan hanya orang dewasa saja yang suka dengan kupu-kupu, anak kecil pun suka dengan jenis hewan serangga ini, Salah satunya adalah terdapat sebuah lagu anak-anak populer yang menceritakan tentang kupu-kupu, contohnya adalah lagu kupu-kupu yang lucu.

Dan berikut ini adalah penjelasan mengenai beberapa ciri-ciri khusus kupu-kupu, silahkan anda dapat menyimak nya di bawah ini.

Ciri-Ciri Kupu-Kupu


Adapun mengenai cirinya adalah sebagai berikut.

1. Kupu-kupu merupakan hewan serangga bersayap sisik (Tergolong dalam ordo Lepidoptera).
2. Binatang kupu-kupu melakukan Proses metamorfosis (siklus hidup kupu-kupu), dari Telur - Larva - pupa dan Kupu-kupu (dewasa).
3. Kupu-kupu serangga yang aktif pada siang hari (diurnal) Adapun jenis kupu-kupu yang aktif pada malam hari (nokturnal).
4. Ciri khusus kupu-kupu (diurnal), Jika hinggap atau beristirahat akan menegakkan sayapnya, corak warna yang cantik dan beragam warna. Sedangkan untuk kupu-kupu (nokturnal atau ngengat) pada umumnya jika sedang hinggap atau sedang istirahat akan membentangkan sayapnya dan corak warnanya kelabu, kusam atau kecokelatan. Kupu-kupu dan Ngengat masih saudara dekat.
5. Kupu-kupu memiliki jumlah kaki sebanyak tiga pasang dan tekstur telapak kakinya halus, itu membuat bunga yang di hinggap oleh kupu-kupu tidak akan menjadi rusak.
6. Serangga kupu-kupu memiliki jenis mata majemuk.
7. Kulit kupu-kupu dari kitin.
8. Kupu-kupu bernafas dengan trakea.
9. Memiliki ukuran sayap yang lebar dari pada ukuran lebar tubuhnya, kupu-kupu memiliki satu pasang sayap bagian atas dan juga pada bagian bawah, dengan begitu akan memudahkan kupu-kupu tersebut untuk terbang.
10. Pada bagian mulut kupu-kupu terdapat belalai atau terompet (probosis), digunakan nya untuk penyerbukan bunga (nektar)
11. Kupu-kupu berkembang biak dengan cara bertelur.
12. Kupu-kupu pada dasarnya tidak makan atau mengunyah makanan padat, melainkan meminum atau menyedot nutrisi dari beberapa sumber contohnya dari serbuk sari dan nektar, buah busuk, getah pohon. dan lain sebagainya.

Jangan lewatkan untuk membaca pembahasan menarik lainnya yaitu mengenai ciri-ciri nyamuk.

Itulah beberapa ciri-ciri kupu-kupu, Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan untuk kita semua.