Ciri-Ciri Lebah


Minggu, 22 Juli 2018

Ciri-Ciri Lebah

Pada kesempatan kali Admin ingin membahas mengenai apa saja ciri-ciri lebah madu dan jenis lainnya? Jika kita mengacu pada kbbi atau kamus besar bahasa indonesia, Lebah adalah serangga yang memiliki bulu, bersayap empat dan hidup dari madu kembang.

Adapun penyebutan dari serangga ini menurut bahasa daerah adalah tawon untuk bahasa jawa dan nyiruan untuk bahasa sunda, Mungkin saja ada banyak penyebutan lain menurut bahasa daerah yang ada di indonesia.

Diperkirakan lebah memiliki 20.000 spesies dan semua lebah masuk kedalam familia Apidae (Serangga bersayap selaput) Serangga ini juga di kenal dengan sifatnya yang suka hidup dengan berkelompok, Namun ada juga jenis lebah yang tidak bersifat seperti itu.

Ciri-Ciri Lebah


Adapun mengenai ciri-ciri lebah adalah sebagai berikut, Silakan sahabat dapat menyimak nya di bawah ini.

1. Lebah berkembang biak dengan cara bertelur.
2. Termasuk jenis serangga dan memiliki dua pasang sayap serta memiliki tiga pasang kaki.
3. Makanan lebah berupa serbuk atau benang sari dan juga madu (nektar)
4. Trakhea adalah alat pernafasan lebah.
5. Bagian ekornya memiliki sengatan, jika lebah di ganggu maka jarum sengatan tersebut kerap di gunakan nya untuk membela diri.
6. Habitat lebah atau tempat tinggalnya di pohon kayu, bukit, atap rumah atau bisa juga di budidaya kan lewat kotak kayu kosong.
7. Hidupnya suka berkelompok (berkoloni) Di dalam setiap kelompoknya lebah terbagi menjadi beberapa tingkatan (kasta) yang pertama ratu lebah, betina (lebah pekerja) dan jantan. Masing-masing memiliki tugas yang berbeda-beda.

Siklus Hidup Lebah Metamorfosis Lengkap (holometabola)

Adapun mengenai siklus hidup lebah adalah sebagai berikut, Telur larva (bentuk ulat), Pupa (kepompong), Imago (lebah dewasa)

Jenis Lebah

Untuk jenis lebah sendiri ada banyak dan berikut ini adalah beberapa jenis lebah yang mungkin sudah kita kenal atau pernah melihat sebelumnya.

Lebah madu (honey bees), Bumblebees, Lebah tanah (ground bees), Carpenter bees, Lebah penggali (digger bees), Lebah anggrek (orchid bees), Lebah keringat (sweat bees), Lebah parasit (parasitic bees atau cuckoo bees) dan lain sebagainya.

Manfaat Madu Untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Siapa yang suka madu? cairan manis ini ternyata memiliki manfaat dan khasiat yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh, Jadi tidak ada salahnya jika kita mengkonsumsi madu setiap hari.

1. Madu dapat menyeimbangkan kadar kolestrol dalam tubuh.
2. Kaya akan antioksidan.
3. Membantu menurunkan kadar trigliserid tubuh.
4. Bisa dijadikan sebagai obat batuk alami.
5. Dapat membuat kulit sehat, Sahabat bisa menjadikannya sebagai masker madu.
6. Tidak jarang masyarakat menggunakan madu untuk obat luka alami.

Lihat juga pembahasan menarik lainnya mengenai apa saja ciri-ciri cicak, Semoga dapat menambah wawasan kita mengenai dunia hewan.

Nah, itulah pembahasan mengenai ciri-ciri lebah, semoga bermanfaat.