13 Ciri-Ciri Ayam

13 Ciri-Ciri Ayam



Ciri Khusus Ayam


Daftar Isi

Ayam adalah jenis hewan yang di mana selalu berkokok di pagi hari. Ayam termasuk kedalam golongan binatang bersayap atau sering dikenal juga dengan sebutan Aves, Ovivipar (Bertelur) dan juga Omnivora yaitu hewan pemakan segala, mereka biasa memakan biji-bijian dan juga serangga.

Salah satu jenis hewan unggas ini juga banyak yang membudidayakan untuk di manfaatkan beberapa bagian dari tubuhnya seperti daging, telur dan bahkan bulunya.

Ada juga sebagian orang yang menjadikannya sebagai hewan hias untuk dipelihara karena tampilan nya yang keren atau tertarik dengan suara yang unik jika sedang berkokok.  

Hewan ini cukup mudah beradaptasi, Jadi dengan alasan itulah maka banyak peternak yang budidaya ayam petelur atau ayam pedaging karena mereka cukup menjanjikan jika dipelihara dan di kembang biak kan.

Untuk dapat menemukan ayam di Indonesia tidaklah sulit, Kita akan dapat dengan mudah melihat ayam secara langsung di halaman kosong atau pun di depan halaman rumah-rumah masyarakat.

Nah, mungkin kalian sering melihat ayam kan? Namun masih bingung mengenai apa saja sih ciri-ciri ayam dan berikut ini adalah beberapa ciri-cirinya.

Adapun mengenai beberapa ciri-ciri khusus ayam secara umum, Adalah sebagai berikut.

1. Hewan Omnivora


Ayam termasuk hewan omnivora, mereka dapat memakan daging, tumbuh-tumbuhan, serangga dan juga biji-bijian.

2. Tergolong Unggas


Apa itu unggas? Adalah kelompok hewan ternak jenis burung, mereka dapat dimanfaatkan telur, bulu, dan juga dagingnya.

3. Ayam Bertelur


Ayam berkembang biak dengan cara bertelur (Ovipar), mereka dapat bertelur cukup banyak yaitu sejumlah 5 sampai 12 butir.. Ayam betina mengerami telur nya kurang lebih 21 hari hingga telur tersebut dapat menetas.

4. Memiliki Kaki


Ayam memiliki sepasang kaki yang kecil atau ramping dan juga terdapat cakar (jari) dengan sisik pada bagian kaki dan juga kuku yang digunakan untuk mengais dan mencari makanan..

5.  Mempunyai Bulu


Ayam memiliki corak warna bulu yang beragam, Ada yang berwarna hitam, putih, cokelat, merah dan lain sebagainya.

6. Terdapat Jengger


Umumnya ayam memiliki dua jengger yang berwarna merah di bagian atas kepala dan juga di bawah lehernya.

7. Memiliki Sepasang Mata


Terdapat sepasang mata dengan ukuran yang tidak terlalu besar. di retina mata ayam terdapat sel cahaya khusus yang dimana membuat ayam mempunyai kemampuan mendeteksi panjang gelombang cahaya berbeda, Jadi tidak heran jika ayam kerap kali berkokok di malam hari dengan alasan tertentu.

8. Ada paruhnya


Sama seperti ciri-ciri bebek atau binatang unggas lainnya, Umumnya terdapat paruh yang cukup runcing dan digunakan nya untuk mencari dan mengambil makanan.

9. Memiliki sayap 


Sayap yang cukup lebar namun tidak dapat digunakan nya untuk terbang tinggi, seperti halnya yang dilakukan oleh burung elang, merpati dan lainnya.

10. Dapat Berkokok


Baik jantan atau pun betina mereka dapat berkokok, namun suara berkokok ayam jantan terdengar lebih keras dan lantang serta lebih sering jika di bandingkan dengan suara berkokok ayam betina.

11. Ciri Ciri Habitat Ayam


Karakteristik tempat hidup ayam aslinya di hutan, Namun setelah dilakukan domestikasi oleh manusia, maka habitat ayam pun berubah ke lingkungan buatan diantaranya wilayah pertanian dan juga persawahan.

Ayam memiliki dua jenis yang berbeda yaitu jantan dan juga betina. Berikut ini adalah beberapa perbedaannya.

12. Ciri-Ciri Ayam Jantan

  1. Umumnya ayam jantan memiliki jengger di atas kepalanya yang lebih panjang dan juga besar jika di bandingkan dengan jenis ayam betina.
  2. Terdapat jalu yang cukup panjang dan juga runcing.
  3. Tubuh yang lebih besar dan tinggi jika di bandingkan dengan jenis ayam betina.
  4. Ekor yang panjang, Serta memiliki suara yang lebih keras dan lantang jika ia sedang berkokok.

13. Ciri Ayam Betina

  1. Memiliki ukuran tubuh yang kecil, Jika di bandingkan dengan ukuran tubuh ayam jantan.
  2. Ayam betina mempunyai ukuran jengger, jalu yang kecil dan bahkan tidak memiliki jalu sama sekali.
  3. Ukuran bulunya kecil
  4. Tidak seperti jenis jantan, Ayam betina jarang berkokok.

Jenis Ayam Yang Sering Kita Temukan Di Indonesia

Ayam cemani, kokok balenggek, sayur, pelung, bekisar, ketawa dan masih banyak lagi jenis ayam yang dapat kita temukan di negara tercinta ini.

Sekian penjelasan singkat mengenai ciri ayam. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kita semua.


Lihat Juga

0 Response to "13 Ciri-Ciri Ayam"

Posting Komentar