Membersihkan Wajan Berkarat Dari Bahan Teflon Dengan Cepat


Pada kesempatan kali ini admin ingin berbagi tips sederhana mengenai bagaimana cara membersihkan wajan berkarat dari bahan teflon dengan cara mudah dan 90% berhasil (tergantung seberapa parahnya kerusakan pada alat penggorengan tersebut)

Poin Penting

Bagi teman-teman yang hobi sekali memasak di dapur dan membuat berbagai jenis resep masakan atau makanan, pasti tidak akan asing lagi dengan yang namanya panci atau penggorengan yang berbahan teflon, wajan besi hitam atau dari bahan lainnya.

Memiliki alat memasak yang sudah gosong atau rusak dikarenakan adanya kerak atau sisa makanan yang menempel dan mengering, tentu hal tersebut jangan dibiarkan begitu saja.

Karena hal tersebut kurang baik jika terus di paksa kan dan terus di gunakan, bahkan akan berpotensi menimbulkan beberapa penyakit di dalam tubuh.

Jenis alat dapur tersebut cukup familiar di telinga orang indonesia yang notabene suka sekali memasak, dan tentunya penting dan wajib sekali untuk memilikinya agar dapat melakukan kegiatan memasak sehari-hari.

Namun terkadang ada saja masalah yang sering muncul dengan beberapa peralatan dapur. Khususnya panci dan wajan yang berkarat membandel jika dibersihkan serta susah dihilangkan.

Contohnya saja wajan penggorengan berkarat, berkerak, wajan berubah warna atau gosong hitam atau memang wajan tersebut sudah tidak layak lagi untuk di gunakan, rasa-rasanya ingin di lem biru, "lempar beli yang baru", duh sayang sekali kan.

Jika sahabat pernah mengalaminya, tentu akan malas atau enggan menggunakan wajan berkerak tersebut dan jalan pintas nya adalah dengan membeli peralatan dapur yang baru dan itu bagi yang punya uang lebih.

Tapi sebelum Anda memutuskan untuk membeli yang baru, coba usahakan dulu untuk membersihkan panci teflon yang gosong tersebut. Barangkali saja akan berhasil dan tentu manfaatnya adalah bisa berhemat tanpa harus membeli penggorengan yang baru.

Lantas bagaimana cara menghilangkan kerak, gosong pada wajan atau panci dengan cara yang mudah dan juga sederhana? tips bagaimana cara cepat dan ampuh untuk membersihkan alat memasak dari bahan teflon, terutama wajan, panci atau sejenisnya, silakan Anda dapat menyimaknya di bawah ini.

Membersihkan wajan berkarat dari bahan teflon


Berikut ini adalah langkah cara membersihkan panci, wajan yang gosong agar kembali kinclong menggunakan bantuan bubuk soda kue, air cuka atau asam sitrat, atau air jeruk nipis atau lemon.

Menggunakan Bubuk Soda Kue dan Cuka


1. Silakan masak air sampai mendidih (menggunakan wajan yang hendak ingin dibersihkan), setelah itu angkat panci atau wajan tersebut kemudian campur kan bubuk soda kue (baking powder) dan cuka.

2. Gunakan bantuan sendok kayu atau yang lebih efektif nya lagi menggunakan sabut cuci bergagang yang nantinya di gunakan untuk menghilangkan atau membersihkan kerak yang menempel serta membandel tersebut secara perlahan-lahan.

Hindari menggunakan sendok logam, besi atau pisau untuk mencongkel kerak tersebut, jangan di paksa kan nanti malah membuat lapisan wajan atai panci tersebut terkelupas dan jadi rusak.


Jika sudah selesai, silakan bilas atau cuci dengan sabun, tunggu hingga benar-benar mengering, jika sudah kering silakan Anda dapat menggunakannya kembali untuk memasak.

Cara tersebut juga bisa di gunakan untuk menghilangkan kerak gosong di bagian luar alat penggorengan.

Caranya tidak berbeda jauh dengan yang sudah di jelaskan di atas, silakan siapkan air panas mendidih yang telah tercampur dengan bubuk soda kue, cuka atau asam sitrat.

Lalu kemudian tuangkan ke dalam ember, dan selanjutnya celupkan wajan atau panci tersebut ke dalam ember, Terakhir bersihkan kerak gosong tersebut sampai bersih.

Nah, jika sudah berhasil maka ada baiknya kita selalu menjaga kebersihan peralatan memasak tersebut.

Buanglah jauh-jauh kebiasaan menunda untuk membersihkan peralatan dapur dan hindari berbagai penyebab yang akan membuat wajan teflon kita mudah berkarat dan juga rusak.

Penyebab Wajan Teflon Mudah Berkarat Atau Berkerak


  • Suhu api yang di gunakan sangat tinggi.
  • Menggunakan sendok dari bahan metal yang mengakibatkan goresan pada permukaan wajan teflon.
  • Terlalu lama memanggang wajan dalam keadaan kosong, tanpa minyak atau bahan masakan apapun.
  • Kesalahan dalam hal mencuci wajan teflon, memaksa menggosok dan mencukil kerak yang mengakibatkan lapisan wajan terkelupas.
  • Wajan atau penggorengan sering sekali terjatuh atau terbanting.

Nah, itulah beberapa penyebab kenapa wajan mudah sekali berkerak yang terkadang tanpa disadari kita sering melakukannya.

Memiliki wajan yang berkarat, berkerak atau gosong, jangan dianggap perkara yang sepele, jika kita tetap memaksa untuk memasak makanan tersebut menggunakan wajan gosong.

Maka tentu bukan hanya berpengaruh pada hasil rasa masakan saja, namun juga akan berdampak pada kesehatan tubuh kita.

Bahaya Wajan Teflon Yang Tergores Atau Terkelupas Bagi Kesehatan Tubuh


  • Berpotensi berdampak buruk pada sistem imunitas tubuh (mudah terkena penyakit)
  • Dapat memengaruhi sel syaraf.
  • Hormone akan berpengaruh negative, dan lain sebagainya.

Tips Mencegah Munculnya Karat Pada Wajan Atau Panci


Berikut ini adalah cara merawat alat dapur (penggorengan wajan, panci dan lain-lain) dari bahan teflon.

1. Jika hendak mengambil atau mengangkat makanan dari wajan atau panci, usahakan menggunakan sutil, spatula atau srok dari bahan kayu, karet, silikon atau bahan yang aman dengan cara tersebut maka akan menghindari adanya goresan pada alat dapur tersebut.

2. Hindari menyiram air dingin pada saat wajan atau panci dalam keadaan panas, Jika di biasakan seperti itu, maka kemungkinan besar akan membuat permukaan teflon tersebut akan menjadi rusak.

3. Jangan terlalu keras jika hendak membersihkan wajan atau panci, apalagi jika sampai mengerik kerak yang menempel dan membandel, karena bisa saja lapisan teflon tersebut tergores.

Lapisan teflon yang tergores akan mempermudah kerak makanan muncul kembali pada saat kita memasak, jadi ada baiknya mencuci secara perlahan.

Kemudian bilas dan lap sampai bersih dan pastikan sebelum menyimpan, teflon tersebut benar-benar sudah kering.

4. Hindari memasak dengan api yang terlalu panas, Lapisan anti lengket pada wajan atau panci yang berbahan teflon terkadang tidak kuat dengan api yang terlalu panas dan dampaknya akan melelehkan anti lengket tersebut.

5. Segeralah mencuci peralatan dapur setelah selesai memasak, kerak yang keras dan membandel biasanya karena kita suka menunda untuk mencuci wajan atau panci, Mencegah lebih baik dari pada memperbaiki.

Nah, itulah pembahasan singkat mengenai beberapa cara membersihkan dan menghilangkan kerak pada wajan/panci agar menjadi bersih dan cemerlang kembali.

Beserta dengan tips bagaimana perawatan alat dapur wajan/panci, agar tetap selalu awet dan terhindar dari berkarat, kerak membandel, gosong yang cukup sulit untuk dapat di hilangkan.

Semoga dengan membaca artikel ini, Sekarang Anda lebih mengutamakan perawatan, kebersihan, higienis dari pada kegiatan memasaknya itu sendiri,

Kegiatan memasak akan lebih menyenangkan dan merasa nyaman, jika alat dapur yang kita miliki sudah memenuhi syarat pakai.

Sekian pembahasan kali ini mengenai tips membersihkan dan menghilangkan kerak atau berkarat pada wajan yang berbahan teplon, Semoga bermanfaat untuk kita semua.