Cara Menghilangkan Embun di Kaca Mobil Pada Saat Hujan


Kaca mobil berembun saat di luar, malam, hujan, parkir kendaraan di bawah panas sinar matahari atau pada saat kita lupa menyalakan AC atau penyejuk udara.

Secara umum itulah beberapa penyebab utama atau alasan kenapa kaca depan mobil berembun, tentunya dengan masalah tersebut akan mengganggu visibilitas "pandangan" pada saat mengemudi.

Poin Penting

Jangan di anggap sepele hal tersebut, karena jika tidak di atasi dan terkesan membiarkannya begitu saja.

Tentu hal tersebut akan membahayakan diri sendiri pada saat di perjalanan, terlebih jika kita hendak bepergian jauh dan mengendarai mobil di daerah yang dingin atau pun lembab.

Untuk menghilangkan embun di kaca mobil pada saat hujan, malam atau Ac sedang mengalami rusak, tentu tidak hanya dilakukan dengan cara di lap saja.

Karena jika dilakukan dengan cara seperti itu saja, Nanti embun tersebut akan mudah kembali dan menempel lagi tentu kita akan dibuat repot olehnya.

Nah, inilah beberapa tips bagaimana cara mencegah embun pada kaca mobil secara ampuh, silakan disimak saja penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Cara Ampuh Mencegah Embun Pada Kaca Mobil


Berikut ini adalah beberapa langkah bagaimana cara pencegahan agar kaca mobil tidak mudah berembun.

Mengatasi Embun Pada Kaca Mobil Dengan Cara Menghidupkan AC



Salah satu penyebab kenapa embun mudah menempel di kaca mobil adalah karena kita lupa menyalakan AC.

Kita tahu sendiri bahwa kegunaan AC selain berfungsi sebagai pendingin ruangan atau kabin mobil, AC juga dapat menyesuaikan suhu udara.

Maka dari itu untuk pencegahan dari datangnya embun yang menempel, sebaiknya kita tidak lupa untuk menyalakan AC.

Jika AC nya rusak bagaimana?

Jika AC mengalami kerusakan, sebaiknya buka jendela kaca mobil agar udara dari luar bisa masuk. Namun cara tersebut kurang begitu efektif untuk menghilangkan embun secara menyeluruh.

Menggunakan Shampoo Rambut


Nah, cara ini cukup sering juga dilakukan oleh pemilik mobil pada saat malam, hujan atau suhu udara sedang lembab.

Bagaimana cara menggunakan shampoo rambut untuk kaca mobil agar tidak berembun?

Caranya cukup mudah, silakan ikuti langkah-langkahnya.

Pertama siapkan shampoo rambut (Usahakan yang mentol) Kemudian langsung oleskan cairan shampoo tersebut tanpa perlu di campur dengan air, Ke bagian dalam kaca mobil.

Selanjutnya lap kaca mobil tersebut menggunakan kanebo yang agak lembab namun tidak basah atau terlalu kering.

Sebaiknya lakukan lap kaca mobil dengan gerakan searah, agar hasilnya maksimal dan tidak membuat kaca mobil menjadi buram.

Ketika tidak ada hujan lagi atau cuaca sudah kembali cerah, sebaiknya segera bersihkan atau bilas sisa cairan shampoo tersebut sampai bersih dan kinclong kembali.

Menggunakan Pasta Gigi Atau Odol


Cara penggunaannya mirip dengan shampoo rambut, Namun jika sobat memiliki shampoo rambut maka gunakan cairan itu saja.

Jika kepepet dan kebetulan ada odol di dalam mobil, maka Anda dapat menggunakan pasta gigi tersebut untuk mencegah menempelnya embun pada kaca mobil.

Menggunakan Cairan Anti Kabut


Jika masih awam dengan cairan anti kabut, Bisa deh browsing di internet mengenai "apa itu cairan anti kabut" atau Anda juga bisa membelinya secara online.

Cara pemakaiannya :

Silakan semprot kan cairan tersebut ke bagian kaca bagian dalam mobil. Selanjutnya tunggu beberapa menit, setelah menunggu silalan lap menggunakan lap yang lembut, usahakan lap kaca tersebut dengan gerakan searah.

Lihat juga: Cara Membersihkan Kaca Buram Agar Kinclong

Itulah beberapa tips mengenai bagaimana cara menghilangkan embun di kaca mobil pada saat hujan. Semoga pembahasan ini dapat bermanfaat untuk kita semua.