12 Cara Melatih Kucing Agar Menjadi Penurut Secara Efektif


Halo sahabat pencinta kucing bagaimana kabarnya nih? pada kesempatan kali ini admin ingin berbagi sedikit tips mengenai bagaimana cara melatih kucing agar menjadi penurut, pintar, jinak dan lain sebagainya.

Untuk mendidik dan melatih kucing agar menjadi kucing penurut memang bukan pekerjaan yang mudah, namun tentu bukan lah hal yang tidak mungkin juga.

Kucing yang dulunya liar, nakal bisa berubah menjadi kucing peliharaan yang lebih bersahabat dan juga penurut.

Memiliki kucing peliharaan yang baik, jinak dan tidak nakal adalah salah satu yang di idam-idam kan oleh pencinta kucing di mana pun berada.

Karena dengan memiliki kucing yang penurut, maka itu sama saja kita akan memiliki sahabat baru di rumah yang bisa kita ajak bermain, bercanda atau bahkan teman curhat.

Namun banyak juga pencinta kucing yang belum mampu untuk membuat kucing peliharaan nya dapat menurut dan terkesan masih menjadi kucing yang acuh tak acuh, alias cuek.

Bahkan mungkin untuk sekedar dipanggil untuk makan pun, kucing masih cuek dan tidak menggubris sama sekali.

Kenapa bisa begitu?

Mungkin ada sesuatu yang salah atau keliru dengan metode perawatan sahabat terhadap kucing peliharaan.

Pada dasar nya untuk dapat mendidik kucing supaya menjadi penurut, bukan di dasari oleh jenis kucing tertentu saja, Kucing jenis biasa pun bisa menjadi penurut.

Cara Efektif Mendidik Kucing Agar Menjadi Penurut


Semua jenis kucing pada dasarnya hampir sama metode dalam merawat atau melatihnya.

Dibawah ini adalah beberapa langkah atau cara melatih kucing agar dapat menurut dengan pemiliknya, silakan sahabat dapat menyimaknya di bawah ini.

1. Melatih Kucing Sejak Masih Kecil


Melatih kucing sejak kecil agar menjadi penurut, bukan lah hal yang begitu sulit, karena kucing kecil akan secara alami mengenali siapa pemiliknya.

Tapi dengan satu catatan kita harus sering memberikan nya makan menggunakan tangan atau sering memegang dan mengusap kepala, kuping dan juga membersihkan bulu nya.

Admin yakin jika rutin melakukan hal tersebut, maka ia akan tumbuh dewasa menjadi kucing yang penurut.

2. Memberikan Makan Tepat Waktu


Sama halnya dengan seorang ibu yang mendidik anak nya, yang di mana biasanya sudah ada jadwal untuk memberikan nya makan.

Nah, cara tersebut yang admin lakukan pada kucing peliharaan, membuat jadwal makan untuk kucing.

Manfaatnya adalah kucing akan terbiasa makan pada waktu yang telah di tetapkan.

Bahkan kucing nya lama-lama akan terbiasa dan pintar kalau sudah masuk waktu makan nya, si kucing sering menagih (mengeong) kepada pemilik nya.

3. Membiasakan Kucing Agar Buang Air Di Tempat Yang Telah Disediakan


Melatih kucing supaya buang air pada tempatnya terbilang susah-susah gampang.

Terlebih kalau kucing sudah terbiasa buang air sembarangan pasti akan butuh perjuangan khusus untuk merubah kebiasaan kucing tersebut.

Sebenarnya kucing (kampung) atau jenis lainnya, secara alami akan mencari lahan atau tempat pasir sendiri jika hendak buang air.

Namun, mungkin kita sering mengurung nya di dalam rumah jadi mau tidak mau, kucing tersebut akan buang air sembarangan dan pasti di kemudian hari akan menjadi kebiasaan.

Maka dari itu untuk merubah kebiasaan tersebut, kita harus menyiapkan tempat buang air nya berupa bak pasir yang bisa kita simpan di sekitar rumah atau bisa juga kita melatih kucing supaya buang air di kamar mandi.

Cara melatihnya cukup mudah, coba kita selalu perhatikan gerak-gerik si kucing jika hendak buang air.

Biasanya kucing akan buang air setelah ia lelah bermain, bangun tidur dan juga setelah makan.

Nah, Kalau ketahuan si kucing hendak buang air, Baru deh cepat-cepat kita bawa ke tempat yang telah kita sediakan, lakukan seperti itu terus sampai kucing terbiasa dengan sendirinya.

4. Supaya Tidak Keluar Rumah Atau Kabur


Kucing yang sering di luar rumah, mungkin ada sebab dan akibat nya dan biasanya kita sebagai pemiliknya lalai terhadap kucing peliharaan tersebut.

Atau mungkin jarang memberikannya makan serta mengajak nya bermain atau parahnya lagi kita kasar dan sering memukul si kucing.

Intinya penyebab kucing bisa kabur adalah karena ia merasa kurang perhatian dan kasih sayang.

Kalau dibiarkan dalam waktu lama, maka siap-siap saja kita akan kehilangan kucing untuk selama-lamanya, karena kucing memilih untuk kabur dan mungkin tidak akan kembali lagi.

Lihat Juga: Alasan Kenapa Kucing Menghilang

Ada pun faktor lain yang mungkin saja menjadi penyebab kucing bisa kabur dari rumah adalah karena mencari kucing pasangan nya.

Kucing jantan umumnya akan merantau untuk mencari kucing betina dan biasanya kucing jantan akan lama di luar rumah.

Bahkan tidak pernah pulang lagi, Mungkin si kucing jantan sibuk dengan keluarga baru nya kali yah.

Solusi terbaik, supaya tidak keluar rumah dan kabur adalah kita harus merawat kucing dengan baik dan benar.

Karena dengan cara tersebut lah kucing akan merasa dianggap pemiliknya dan tidak diacuhkan.

Solusi kedua adalah mencari kucing betina untuk bisa dirawat oleh kita, Dengan memiliki kucing jantan dan betina di dalam rumah, Tentu kucing pasti akan betah di rumah, karena ada teman untuk bermain.

5. Menjinakkan Kucing Liar


Melatih kucing peliharaan saja cukup susah, apa lagi untuk menjinakan kucing liar.

Tapi sebelum mencoba jangan pesimis dulu, dengan sedikit usaha pasti akan mampu untuk menjinakan kucing liar tersebut.

Kucing liar kebanyakan dari jenis kucing kampung, karena jenis kucing ini sangat banyak di indonesia dan biasanya tidak ada pemiliknya.

Tentu dengan begitu sobat dapat merawat dan mengadopsinya secara gratis.

Kucing liar sangat banyak berkeliaran di pasar, karena pasar adalah salah satu tempat pembuangan kucing paling favorit bagi manusia-manusia yang membenci kucing.

Biasanya kucing liar akan sering menghampiri rumah-rumah, entah maksud nya ingin menawarkan dirinya supaya bisa dirawat atau berharap ada manusia yang akan memberinya makan.

Walau pun itu kucing kampung, Namun kucing kampung tidak sejelek apa yang kita pikirkan, Mereka memiliki keunggulan dan kelebihannya tersendiri.

Jadi tidak ada salahnya untuk mencoba merawat kucing kampung di rumah.

Tidak sulit untuk melatih kucing liar (kampung) supaya menjadi penurut, yang perlu sobat lakukan adalah selalu memberinya makan, jikalau ada kucing liar yang main ke rumah sobat.

Jangan dulu didekati atau menatap mata si kucing, karena pasti kucing akan cepat kabur dan tidak akan kembali.

Cukup melempar makanan (ikan) ke arah dekat kucing dan jika kucing memakannya, pasti keesokan harinya kucing akan kembali lagi ke rumah kita.

Lakukan hal tersebut secara berulang-ulang sampai kucing mau didekati dan bisa disentuh kepalanya.

Kalau sudah bisa disentuh kepalanya berarti itu menandakan kucing tersebut menerima sobat untuk menjadi sahabat barunya.

6. Agar Tidak Suka Mencakar Perabotan Rumah


Kucing sangat suka mencakar peralatan rumah, terutama tikar karpet, sofa, bantal dan juga kasur.

Kalau ada tikar karpet yang terhampar, sudah pasti si kucing akan mencakar karpet tersebut, seolah-olah sedang berolah raga dan ingin mengasah ketajaman kuku nya.

Terlihat nya sih lucu namun dampaknya bisa merusak peralatan atau perabotan rumah itu sendiri, Bahkan jok motor sekali pun ia jadikan sebagai sasaran.

Untuk mendidik kucing supaya tidak suka mencakar perabotan rumah adalah menyiapkan tempat bermainnya.

Bisa gantungan atau tikar bekas yang sudah di potong, Tempatkan mainan tersebut di tempat yang di mana kucing suka berdiam diri.

7. Supaya Tidak Mencuri Makanan


Kalau ada makanan (ikan atau daging) yang hilang, pasti kucing akan menjadi (kambing hitam nya), Padahal dia kan kucing bukan lah kambing. Hehehe...

Mungkin kalau kucing memiliki perasaan dan bisa berbicara pasti akan protes juga. Itu terjadi pada kucing admin sendiri yang di mana suka dimarahi oleh ibu kalau ada lauk yang kurang.

Ia kerap kali dituduh mencuri makanan, padahal admin sendiri lah yang memakan ikan atau lauk pauk tersebut.

Namun hal tersebut bukan lah tanpa alasan, karena memang dulu sebelum dibiasakan, kucing tersebut selalu mengambil ikan goreng di dapur.

Jadi tidak heran kalau kucing tersebut sudah memiliki catatan hitam dari kepolisian dapur dirumah yaitu ibu admin sendiri.

Cara melatih kucing supaya tidak mencuri makanan cukup lah mudah, yang harus kita lakukan adalah memberikan kucing makan tepat waktu, karena kucing yang kelaparan akan lepas kendali yaitu mencuri makanan.

Intinya jangan selalu sering menyalahkan kucing, tapi kita nya juga harus intropeksi diri.

Ada gula ada semut, sama juga tidak mungkin "kucing berdiam diri saja kalau ikan goreng menggoda nya", seolah-olah ikan tersebut menantang untuk disantap.

Jadi ya simpan lah lauk pauk tersebut yang aman atau tidak terjangkau oleh kucing.

8. Tidak Menendang dan Menggigit


Kucing kerap kali memberontak jika sedang dipegang perut atau sedang dicari kutunya, Pada saat bermainpun kucing terkadang suka menggigit dan bahkan mengejar kita.

Itu karena kucing sedang agresif-agresifnya. Untuk menghentikannya cukup mudah, kita cuekin saja tuh si kucing, nanti juga diam sendiri dan kita memberikannya waktu beristirahat untuk mengambil nafas.

Jika kucing menggigit tangan kita dan tidak mau lepas, kita bisa mendidiknya dengan cara tegas tapi bukan kasar, memukul atau bahkan sampai melukai.

Cara tegas bisa membentak si kucing dengan sebutan, HEY... bersamaan dengan mengacungkan jari telunjuk kita ke aras muka kucing, pasti kucing akan mengerti dan takut.

Atau jika ingin menggunakan cara halus bisa mengelus badannya, tapi kalau kucing sedang agresif akan sulit kalau kita menggunakan cara yang halus.

9. Mau Dipanggil Menggunakan Tangan


Untuk bisa membiasakan kucing bisa dipanggil menggunakan tangan, caranya cukup mudah untuk kita lakukan.

Sebelum kita memberikannya makan, kita panggil kucing menggunakan tangan (melambaikan)

Kemudian jika kucing mendekat langsung kita berikan kucing tersebut makan.

Cara tersebut cukup ampuh dan juga efektif untuk bisa melatih kucing bisa dipanggil menggunakan lambaian tangan.

Lakukan secara terus menerus sehingga kucing menjadi terbiasa. Tapi kalau sudah terbiasa jangan sering membohongi kucing tersebut.

Memanggil kucing, namun tanpa di berikannya makanan, itu sama saja membohongi kucing dan hal tersebut jelas akan membuat kucing malas kalau dipanggil oleh kita lagi.

Namun ada juga kucing yang mau dipanggil menggunakan tangan, bukan karena makanan namun bertujuan untuk dipegang atau digaruk kepalanya atau lehernya oleh kita sebagai pemiliknya.

10. Bisa Membuka Pintu Sendiri


Kucing yang hendak ingin keluar rumah biasanya menghadap ke arah pintu dan menatap ke kita, seolah-olah ingin meminta bantuan untuk bisa dibukakan pintunya.

Namun sebenarnya kucing mampu membuka pintu sendiri, dengan catatan pintu tersebut bukan pintu yang terkunci atau ada pengait nya serta harus ringan dan mudah untuk dapat didorong atau ditarik.

Untuk dapat melatihnya coba sobat pegang kakinya dan kaitkan kukunya ke sela-sela pintu dan kemudian dorong atau tarik pintu tersebut.

Lakukan pelatihan tersebut secara terus menerus sampai kucing mau melakukannya sendiri.

Kalau sudah berhasil membuka pintu sendiri, pasti kita akan sedikit tenang, karena jika kucing hendak buang air pasti akan keluar rumah dengan sendirinya.

11. Mengikuti Langkah Kaki Pemiliknya


Kucing yang penurut biasanya akan mengikuti langkah ke mana pun kita pergi, sama seperti hewan anjing yang termasuk hewan yang setia.

Namun untuk dapat membuat kucing mengikuti langkah kaki kita tentu tidak mudah dan membutuhkan pelatihan yang cukup intensif.

Namun sebenarnya kucing akan secara alami bisa menjadi sangat penurut. Namun dengan catatan kita merawat kucing tersebut dengan cara yang baik dan juga benar.

Sering memberikannya makan (menyuapinya) dan sering menyentuh kucing peliharaan, maka dengan cara itu pasti kucing akan merasa lebih dekat dengan pemiliknya.

12. Agar Terbiasa Dipanggil Namanya


Memang jarang ada kucing dapat dipanggil dengan namanya sendiri.

Namun jika kita membiasakan memberinya makanan dengan memanggil namanya sendiri, pasti kucing tersebut akan terbiasa dengan hal tersebut.

Namun kita terkadang sering lupa walaupun kita sudah memberinya nama, terkadang kita tetap memanggilnya. kucing, cing, atau pus (Panggilan umum)

Intinya untuk membuat kucing terbiasa dengan namanya, maka kita harus membiasakannya memanggil dengan sebutan namanya sendiri.

Kucing admin juga sedari kecil sudah disebut si "cengos " jadi sampai sekarang kalau dipanggil dengan sebutan tersebut, si kucing mau menghampiri dan admin langsung memberinya makan, supaya kalau dipanggil lagi tidak malas untuk menghampiri dan tidak merasa tertipu.

Kesimpulannya:

Untuk melatih kucing itu mudah-mudah gampang, apa lagi melatih anak kucing, yang penting disini adalah selalu memberinya makan (kalau bisa kita suapkan menggunakan tangan), memandikan kucing, mengusap bulu, kepala dan juga lehernya.

Dengan langkah tersebut pasti kucing akan mudah mengenali siapa pemiliknya, dan didik kucing nakal dengan cara yang tegas, namun jangan kasar apa lagi sampai melukai.

Selagi bisa mendidik dengan cara yang halus maka lakukan hal tersebut, karena dengan mendidik dengan cara yang halus akan jauh lebih baik dibanding dengan mendidik kucing nakal atau liar dengan cara membentak, memukul dan juga melukai. Semoga bermanfaat.