Ciri-Ciri Kucing Mau Melahirkan dan Persiapannya

Ciri-Ciri Kucing Mau Melahirkan dan Persiapannya

Terdapat beberapa tanda kucing mau melahirkan, Salah satunya adalah bentuk perutnya semakin membesar.

Ciri nya bukan hanya itu saja dan pada kesempatan kali ini Admin ingin sedikit membahas mengenai apa saja ciri kucing yang ingin melahirkan dan bagaimana cara kita untuk membantu dan mempersiapkannya.

Memelihara kucing khususnya yang jenis betina. Tentu akan memiliki masa kehamilan dan kita sebagai pemiliknya tentu harus siap dibuat repot olehnya.

Secara umum induk kucing dapat melahirkan tanpa bantuan manusia sama sekali. Mereka termasuk mandiri dalam hal mencari tempat atau sarang.

Namun Admin rasa kurang begitu maksimal dan harus dibantu oleh yang merawatnya.

Tahukah sahabat, berapa lama kucing hamil, Sampai melahirkan? Umumnya kucing hanya membutuhkan waktu sekitar 60 hingga 70 hari saja untuk mengandung dan melahirkan anaknya.

Jika kucing sahabat dirumah sudah hamil dan berjalan 60 hari lebih, Maka itulah waktu yang pas untuk mempersiapkan segala keperluannya.

Adapun mengenai ciri-ciri kucing mau melahirkan, Adalah sebagai berikut. Silakan sahabat dapat menyimak nya dibawah ini.

1. Sering Mengeong


Ia akan terus mengeong baik pada kucing lainnya atau bahkan terhadap pemiliknya. Biasanya kucing betina akan bingung modar mandir gak jelas.

Mencari tempat untuk melahirkan anaknya. Maka dari itu kita harus sesegera mungkin mempersiapkan tempatnya.

2. Tidur Dalam Jangka Waktu Cukup Lama


Kucing yang hamil tua atau mendekati masa melahirkan biasanya akan tidur lebih lama dari biasanya, Ia bisa tidur selama 20 jam penuh sehari.

Umumnya ia akan bangun sebentar, Kemudian tidur lagi. Seolah-olah sudah merasa berat membawa tubuhnya sendiri.

3. Mencari Tempat Atau Sarang Yang Sepi dan Aman


Ia biasanya akan sering mondar-mandir, Untuk mencari tempat baru sebagai sarangnya dan biasanya ia akan mencari tempat yang dirasa cukup aman atau tersembunyi.

Jika Kamu belum menyiapkan tempat untuk persalinannya. Maka siap-siap saja ia akan mengacak-acak lemari baju dan perabotan rumah tangga lainnya yang ia rasa dapat ditempati untuk melahirkan anaknya nanti.

4. Tidak Nafsu Makan


Tidak perlu cemas jika kucing Kamu mengalami penurunan nafsu makan. 

Biasanya itu tanda tahap awal kucing akan melahirkan anaknya.

5. Akan Mengeluarkan Air


Kucing tersebut akan mengalami kontraksi. Salah satu tanda bahwa kucing mengalami kontraksi adalah keluarnya cairan yang tampak seperti air seni berwarna kemerahan yang keluar dari alat klamin si kucing.

6. Terlihat Sulit Bergerak


Kalau ini sudah dipastikan, Karena tubuh kucing yang hamil tua tentu akan besar dan cukup merepotkan induknya.

Jangankan loncat, hanya untuk sekedar bergerak atau berjalan pun sudah kepayahan, Itulah pengorbanan seekor induk kucing.

Kucing saja seperti itu, Apalagi ibu kita yang mengandung selama sembilan puluh bulan.

7. Mengeluarkan Cairan Pada Kelenjar Susu


Jika pada bagian kelenjar susu kucing sudah mengeluarkan cairan (Kolustrum) yang tampak berwarna kekuningan, Maka itu adalah salah satu tanda bahwa kucing akan melahirkan.

8. Kelenjar Susu Tampak Membesar


Hal ini terbilang sangat wajar, Karena kelenjar susu nantinya akan difungsikan sebagai makanan atau minuman bagi anak kucing (kitten).

9. Pecahnya Air Ketuban


Jika sudah pecah air ketuban nya, Itu sudah dipastikan bahwa kucing sebentar lagi akan mendekati proses melahirkan. Air ketuban nya biasanya berwarna bening.

10. Suhu Tubuh Berkurang


Secara normal suhu tubuh kucing antara 30 sampai 40 derajat celcius.

Kucing yang akan melahirkan biasanya akan mengalami penurunan suhu tubuh dibawah 30 derajat celcius.

Maka dari itu jika Kamu benar-benar ingin membantu melancarkan proses persalinannya.

Coba selalu cek suhu tubuhnya, Jika dirasa tidak normal, Berarti ia akan segera melahirkan.

Sebagai pemiliknya tentu nantinya tidak akan bingung atau mendadak mempersiapkan tempat atau sarangnya.

11. Sering Menjilati Tubuhnya


Kucing yang hendak melahirkan, Biasanya akan sering menjilati tubuhnya secara intens.

Ini sangat normal dan sering dilakukan oleh kucing betina yang hendak melahirkan anaknya.

12. Nafas Terengah-Engah


Kucing akan bernapas dengan sangat terengah-engah dan tidak jarang pula kucing akan membuka mulut untuk membantu nya bernapas.

Kita akan melihat betapa beratnya perjuangan induk kucing yang hendak melahirkan anaknya.

Kalau ibu Admin dirumah, biasanya tidak tega melihat kucing betina yang mau melahirkan.

Katanya tidak berbeda jauh dengan manusia yang ingin melahirkan anaknya.

Setelah mengetahui beberapa ciri-ciri kucing hendak melahirkan, Maka ada baiknya kita ikut serta juga untuk membantunya.

Cara Membantu Persiapan Kucing Melahirkan


  1. Jika sahabat merasa bingung, Bisa langsung membawanya ke dokter khusus hewan, Karena jika salah dalam penanganan akibatnya akan cukup fatal.
  2. Silahkan membantu kucing untuk mempersiapkan tempat atau sarangnya. Bisa menggunakan kotak kardus yang ukurannya cukup lebar. Namun atasnya jangan terlalu tertutup. Sertakan juga alas pada bagian bawah, bisa menggunakan kain atau bahan lembut lainnya.
  3. Atur jarak Kamu dengan induk yang ingin melahirkan, Biasanya ada induk yang merasa terganggu dan ada juga yang ingin selalu ditemani oleh pemiliknya sampai ia dapat melahirkan.
  4. Hadang kucing lainnya yang hendak mendekat, Biasanya akan ada beberapa kucing khususnya jantan tanpa diundang yang hendak melihat dan ingin masuk ke rumah.
  5. Awasi plasenta nya dan jangan pernah mencoba menarik atau memotong plasenta bayi kucing, Umumnya induknya sendirilah yang akan melepaskan, Cukup awasi saja.
  6. Selalu pastikan bahwa induk kucing merawat anaknya. Di beberapa kasus setelah induk melahirkan anaknya. Ia malah sering berkeliaran, Maka dari itu awasi si induk yang malas merawat bayi kucing yang buta dan tuli pada saat ia lahir, untuk dapat menyusui kepada induknya.



Itulah beberapa ciri-ciri kucing mau melahirkan, Semoga dengan sahabat mengetahui beberapa tanda-tanda nya.

Maka proses kelahiran si kucing akan semakin mudah, berjalan lancar dan tidak akan menemukan kendala yang serius.
Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama