8 Alasan Kucing Menghilang, Mungkin Inilah Sebabnya


Kenapa kucing menghilang, apa salah dan dosa saya terhadap kucing peliharaan? Mungkin pertanyaan tersebut sering terucap oleh pencinta kucing yang teramat sayang sekali dengan kucing peliharaannya di rumah.

Sebenarnya kucing yang pergi, kabur atau minggat dari rumah itu adalah hal yang lumrah dan sering terjadi.

Apalagi jika sahabat telah lama merawat kucing tersebut atau ia masih dari generasi ke generasi yang sama, Pasti sobat juga sudah terbiasa ditinggal oleh kucing peliharaan yang mendadak kabur entah ke mana perginya.

Bagi kalian yang masih baru dalam hal merawat kucing dirumah mungkin akan merasa kaget dan ter heran-heran, jika kucing kesayangannya ternyata pergi dari rumah tanpa jejak.

Secara otomatis sobat pun mencoba mencari dan menunggunya pulang, namun apalah daya kucing tersebut tidak kunjung pernah kembali lagi ke rumah.

Sebenarnya penyebab kenapa kucing bisa pergi dari rumah itu sangat beragam sebabnya, tapi penyebab umumnya kenapa kucing bisa kabur mungkin karena ulah dari pemiliknya itu sendiri.

Mungkin saja kurang memerhatikan hewan peliharaan tersebut atau bahkan tidak disadari oleh kita sendiri telah berbuat kasar terhadap kucing tersebut.

Tapi bukan hanya itu saja, ada juga kucing yang tiba-tiba pergi tanpa se pengetahuan pemiliknya sama sekali, tanpa ada alasan atau tanda-tanda yang jelas.

Hal tersebut pernah admin alami sendiri yang di mana pada hari itu admin sedang memberikan kucing tersebut makanan malah bermain bersama dengan kucing tersebut.

Intinya yang dilakukan oleh admin terhadap kucing tersebut normal-normal saja dan seperti hari-hari biasanya, tidak terlihat ada gelagat yang aneh pada kucing tersebut.

Tapi pada keesokan harinya si kucing malah pergi dan tidak mau kembali lagi, ya walaupun admin tahu ke mana kucing tersebut pergi (kampung sebelah) dan pernah pula mencoba membujuk kucing tersebut untuk kembali.

Namun entah kenapa kucing tersebut merasa asing dan jika bertemu ia akan kabur atau jika dipegang la pun akan berontak.

Pengalaman tersebut memang pada saat admin pertama kali memelihara kucing dirumah. Berasa aneh saja yang tadinya penurut kok tiba-tiba menjauhi.

Lihat Juga : Pengalaman pertama kali suka dengan kucing

Jika sahabat seorang pencinta kucing yang pernah merasakan atau mengalami pengalaman hal yang sama. Mungkin akan mudah sekali mengetahui alasan serta beberapa sebabnya.

Dibawah ini adalah beberapa alasan kenapa kucing dapat menghilang, entah karena kabur, minggat atau karena hal yang tidak dimengerti sama sekali oleh kita sendiri sebagai pemiliknya.

8 Alasan dan Penyebab Kenapa Kucing Bisa Kabur Serta Menghilang


Adapun mengenai beberapa alasan kenapa kucing menghilang dari rumah adalah sebagai berikut.

1. Kucing Hilang Karena Telah Di Curi Orang


Penyebab utama kucing menghilang bukan karena sakit, marah atau sudah bosan dirumah adalah karena kucing tersebut telah di curi orang.

Maka dari itu untuk mencegah kucing peliharaan tidak hilang diambil orang tidak bertanggung jawab. Kita harus selalu menjaga serta selalu memerhatikan hewan peliharaan tersebut.

Apa lagi jika kucing tersebut sering berkeliaran di luar atau halaman rumah, pasti akan ada kesempatan besar bagi orang-orang yang jail tangannya (pencuri)

2. Pergi Dari Rumah Karena Kucing Tersebut Sedang Sakit Keras Atau Sekarat


Alasan kenapa kucing pergi dari rumah biasanya karena kucing tersebut sedang mengalami sakit atau pun sekarat berat.

Hat tersebut pernah admin alami sendiri, Admin sudah lama memiliki banyak kucing, Namun sedikit kucing yang meninggal dan admin makamkan sendiri, Karena tidak tahu ia meninggal di mana.

Kucing yang meninggal dan admin makam kan sendiri itu pun karena kecelakaan (tidak dapat bergerak atau berjalan).

Untuk sisanya kucing yang pergi tanpa jejak yang pasti. Namun ditandai dengan tanda-tanda bahwa ia sudah tua dan juga sering sakit.

Maka tidak heran jika kucing yang sedang sekarat secara otomatis akan meninggalkan pemiliknya dari rumah.

Untuk alasan pastinya kurang begitu paham, mungkin karena kucing tersebut tidak ingin merepotkan pemiliknya atau bagaimana, admin masih kurang begitu memahami mengenai keputusan kucing tersebut.

Lihat Juga : Cara mengobati kucing sakit dengan air kelapa hijau

3. Di acuh kan dan Tidak Di Rawat Dengan Baik


Salah satu jenis hewan yang bisa dekat dengan manusia dan juga suka sekali bermain dengan pemiliknya adalah hewan kucing itu sendiri.

Jadi jika kucing di rumah di acuh kan begitu saja tanpa adanya kontak seperti membersihkan dan memandikan atau tidak ada ajakan untuk bermain.

Pastilah lama-lama juga kucing tersebut akan menjadi bosan dan kemungkinan besar akan kabur dari rumah. Jadi sesekali ajaklah kucing untuk bercanda.

4. Kabur Dari Rumah Karena Kurang Perhatian Atau Sering Dikasari (Kucing Broken Home)


Kucing adalah salah satu jenis binatang yang memiliki sikap manja dan juga penurut. Jika seorang pemilik tidak memerhatikan kucing peliharaannya dan jarang memberikan makan atau bahkan parahnya suka berbuat kasar.

Maka sudah dipastikan kucing yang ada dirumah akan otomatis pergi dari rumah.

Tak menutup kemungkinan kucing tersebut menjadi kucing jalanan atau bahkan berkelana untuk mencari orang yang mau merawat yang juga ikhlas untuk mengadopsi nya.

Julukan kucing broken home, lucu juga yah. hehehe...

5. Pergi Karena Stress


Kucing yang mengalami stress atau tertekan dengan lingkungannya, biasanya akan mudah sekali pergi dan mencari hunian baru ke tempat yang lebih nyaman dan juga aman.

Terdapat banyak faktor yang membuat kucing menjadi stress, salah satunya adalah keadaan lingkungan sekitarnya yang super bising, berisik (dekat jalan raya), pabrik, Ancaman dari kucing liar dan lain sebagainya.

Daerah yang kotor juga bisa memengaruhi serta dapat membuat kucing menjadi stress dan mencari tempat baru yang lebih nyaman serta bersih untuk dapat di tinggali.

6. Bosan Dengan Kehidupan Yang Nyaman


Memang cukup sukar jika kita hendak menebak kemauan si kucing, Seperti apa yang pernah admin alami sendiri yang di mana kucing peliharaan tersebut selalu di perhatikan makanannya, kebersihan nya dan lain sebagainya.

Tapi entah kenapa kucing tersebut pergi dari rumah dan diperparah lagi kucing tersebut menjadi kucing jalanan dan bergabung dengan kucing-kucing liar yang mungkin tidak dirawat oleh seseorang.

Pernah saat admin tahu dan mencoba untuk menyentuhnya, tapi ia malah lari.

Anehnya admin selalu memerhatikan dia, bahkan telah memberinya hadiah kalung yang sampai saat ini masih terikat di lehernya. Kok jadi pura-pura tidak kenal begitu yah, Hahaha...

Tapi setelah admin pikir-pikir lebih dalam lagi, Mungkin terkadang ada jenis kucing yang lebih suka di kehidupan liar dibandingkan dengan kehidupan dirumah yang selalu di manja-manja.

Nah loh, Bingungkan?

Ya sudah lah turuti saja kemauan kucing, Hanya tuhan dan kucing tersebutlah yang tahu. Hehehe...

7. Diusir Oleh Kucing Jalanan


Biasanya ada kucing liar yang suka mengganggu dan seolah-olah ingin menggantikan kucing yang ada dirumah.

Maka solusi terbaik nya adalah sobat usir kucing jalanan tersebut yang suka mengganggu. Tapi kalau kucing jalanan tersebut tidak mengganggu dan membahayakan sama sekali.

Maka tidak perlu untuk mengusirnya dan biasanya kucing yang ada dirumah akan mudah akrab dengan kucing jalanan tersebut.

Tapi untuk masalah mengusir atau tidaknya itu terserah pribadi masing-masing.

8. Karena Ada Generasi Penerus nya Dirumah


Biasanya kucing yang sering kabur adalah kucing jenis jantan, Secara umum jika ada induk yang melahirkan anak kucing.

Si induk atau betina merasa terancam terhadap kucing jantan tersebut dan si betina berubah menjadi galak atau bahkan terkesan ingin mengusir kucing jantan tersebut.

Namun ada juga betina yang baru melahirkan malah dekat dengan si jantan. Tapi kalau sudah berubah sikap menjadi galak.

Maka sudah dipastikan kucing jantan tersebut pasti akan merasa tersingkir kan dengan adanya penerus nya yaitu (generasi baru, anak-anak kucing) didalam rumah.

Solusi untuk mencegah si jantan tersebut kabur adalah dengan cara mengakrabkan kembali kucing betina dengan jantan.

Caranya bisa menegur kucing betina tersebut jika hendak mengusir kucing jantan, Bisa juga memberikan makan antara kucing betina dan jantan secara bersama-sama.

Lihat juga: Cara Mengenalkan Kucing Baru Dengan Kucing Lama

Bukan hanya kucing jantan saja, Biasanya yang betina pun jika anaknya sudah besar alias dewasa, ia akan pergi dan hal tersebut sudah tidak asing lagi bagi admin.

Bahkan kebanyakan kucing yang admin rawat dan kini telah pergi, Salah satu alasan terbesar nya adalah karena ada generasi baru yang seolah-olah menggantikannya dirumah.

Nah, Itulah beberapa tanda atau alasan kenapa kucing peliharaan di rumah bisa pergi atau kabur dari rumah.

Semoga sahabat pencinta kucing di mana pun berada yang telah membaca tulisan ini, kini sudah mulai memahami bahwa kucing yang pergi atau kabur ternyata salah satunya penyebabnya adalah akibat sikap pemiliknya itu sendiri yang terkadang melakukan salah dalam hal merawat kucing.

Dengan cara merawat kucing yang baik, selalu perhatian, rutin memberikannya makan tepat waktu, maka hal tersebut akan menjadi solusi terbaik untuk mencegah kucing peliharaan pergi dari rumah.