Cara Menghilangkan Ngantuk Di Pagi Hari 100% Ampuh


Adakah tips cara menghilangkan ngantuk di pagi hari dengan cepat? Yap! tentu saja, Pada kesempatan kali ini Admin akan membahas mengenai bagaimana mengatasi rasa kantuk mulai dari hal yang paling sederhana sampai cukup sulit untuk di lakukan dan pastikan Kamu tetap menyimak pembahasan ini sampai akhir.

Rasa ngantuk yang berlebihan dan berat tentu akan membuat tubuh menjadi lemas serta aktivitas di pagi hari akan mudah sekali terganggu.


Terlebih jika kita sedang belajar di kelas atau pada saat bekerja di kantor pastinya gejala tersebut harus cepat di hindari agar supaya tidak terkena teguran oleh guru atau pun bos.

Cara Menghilangkan Ngantuk Di Pagi Hari

Rasa kantuk memang sulit untuk kita bendung dan menahannya, Karena sudah bawaan alami. Namun datangnya rasa ngantuk pada saat kerja, belajar di sekolah atau melakukan aktivitas di pagi hari itulah yang menjadi masalah.

Hal tersebut pernah juga di alami oleh admin sendiri ketika dulu pernah tertidur di ruang kelas pada saat waktunya belajar.

Rasa kantuk yang sangat berat tersebut menyebabkan admin di marahi oleh guru dan di suruh untuk membasuh muka dan hasilnya rasa kantuk tersebut bisa berkurang.

Dikutip dari laman Wikihow.com, Bahwa salah satu penyebab kenapa mata selalu mengantuk di pagi hari adalah karena akibat meminum kopi (kafein) dan sebaiknya jangan minum kopi dalam waktu empat hingga enam jam sebelum tidur, Sehingga nantinya tidak membuat Anda terjaga di malam hari (Insomnia)

Penyebab Ngantuk Terus

Terdapat beberapa penyebab kenapa mata mudah sekali lelah dan mengantuk di pagi hari, Hal tersebut karena adanya beberapa faktor yang akan Admin coba jelaskan di bawah ini.

1. Sering Begadang Alias Kurang Tidur

Begadang adalah salah saru penyebab utama yang dapat menyebabkan kantuk. Kurangnya tidur di malam hari tentu akan menyebabkan mata mudah lelah.

2. Terlalu Lama Menatap Layar Smartphone Atau Komputer

Menatap layar hp atau komputer pun menjadi penyebab mata mudah lelah dan akibatnya mata akan cepat ngantuk.

3. Suasana Yang Membosankan

Suasana membosankan juga menjadi salah satu penyebab mata mudah lelah, Karena biasanya pandangan yang tertuju hanya pada satu objek itu akan mudah sekali menyebabkan mata mengantuk.

4. Akibat Dehidrasi

Cukup kan cairan di dalam tubuh, Air sendiri memiliki beberapa fungsi esensial yang di butuhkan bagi tubuh manusia.

Manfaat air putih untuk kesehatan di antaranya adalah dapat membantu proses aktivitas kimia dalam tubuh, Sebagai sumber energi, meningkatkan metabolisme.

Beberapa dampak jika malas minum air putih adalah, lemas, kurang konsentrasi dan mudah sekali mengantuk.

5. Minum Obat

Pengaruh obat juga bisa membuat mata mengantuk, Jadi usahakan jangan meminum obat di pagi hari apalagi obat yang dapat menyebabkan kantuk.

6. Sedang Menderita Penyakit

Orang sakit biasanya akan mudah sekali ngantuk, hal tersebut karena tubuh dalam keadaan lemas dan tidak bertenaga.

Jadi akan sulit untuk melakukan aktivitas di pagi hari, Apalagi dalam keadaan tubuh kurang sehat atau sedang menderita penyakit tertentu.

7. Stress atau Depresi

Secara umum rasa kantuk yang berlebih itu di akibatkan karena gejala stress atau depresi, Perlu di ketahui bahwa stress bukan hanya akan mengganggu pikiran serta mental saja.

Stress juga akan mempengaruhi kesehatan tubuh menjadi lebih lelah, lemas dan lesu, tentu hal tersebut akan menimbulkan rasa kantuk.

Jadi mulai lah di pagi hari dengan rasa semangat dan positif, Buang jauh-jauh pikiran negatif yang dapat menimbulkan stress tersebut.

Solusi Mengatasi Kantuk Di Pagi Hari

Adapun mengenai beberapa solusi atau tips bagaimana mengatasi ngantuk di pagi hari dengan cara yang sederhana adalah sebagai berikut.

1. Mandi

Bangun tidur, Kemudian duduk sejenak dan di lanjutkan dengan mandi dan jangan menundanya, Karena nantinya kita akan menjadi malas untuk bangun pagi.

Dengan cara ini akan efektif untuk menghilangkan rasa ngantuk di pagi hari, Badan yang bersih dan segar tentu akan merubah mood.

Dari yang sebelumnya lemas, mata sepet, rambut berantakan dan badan tidak bersemangat akan berubah menjadi segar.

Menurut penelitian bahwa dengan mandi di pagi hari tepatnya waktu subuh, Akan dapat menyehatkan tubuh.

Tentu jika di lakukan secara rutin dan disiplin, Pasti masalah kantuk di pagi hari tidak akan sering terjadi.

2. Meminum Air Putih

Membiasakan untuk minum segelas air putih setiap bangun tidur. Hal tersebut cukup ampuh untuk menghilangkan ngantuk di pagi hari.

Hilangnya cairan di dalam tubuh tentu akan membuat badan menjadi lemas dan rasa kantuk pun tidak kunjung pergi.

Ada baiknya Anda meminum air yang dingin agar jauh lebih segar nantinya, Namun air hangat pun tidak masalah, Silakan sesuaikan dengan selera masing-masing.

3. Berada Di Tempat Terang

Tempat terang adalah salah satu solusi terbaik untuk mengatasi kantuk di pagi hari. Hindari tempat-tempat yang gelap atau minim cahaya.

Cahaya yang kurang akan membuat pandangan menjadi kurang fokus dan dapat mempermudah mata yang lelah tersebut untuk terlelap.

4. Jangan Lupa Sarapan Pagi

Untuk melakukan aktivitas berat di pagi hari tentu baiknya di awali dengan sarapan pagi, Agar perut terisi dan tenaga pun tercukupi.

Ada berbagai jenis makanan yang dapat mengatasi rasa kantuk di pagi hari seperti sereal, telur, yogurt, roti gandum, pepaya, pisang dan lain sebagainya.

5. Hirup Udara Pagi

Jangan lupa juga untuk menghirup udara pagi yang segar, Coba menarik nafas melalui hidung secara dalam-dalam lalu kemudian lepaskan secara perlahan-lahan.

Dengan melakukan aktivitas tersebut maka akan memicu kerja jantung menjadi sedikit meningkat, Sehingga hasilnya nanti rasa kantuk tersebut akan bisa berkurang.

6. Olah Raga

Ketika bangun tidur, Badan terasa lemas, lesu dan tidak bersemangat. Untuk mengatasinya bisa di lakukan dengan cara olah raga.

Untuk melakukannya cukup mudah kok, Anda bisa berjalan-jalan di sekitar rumah, loncat-loncat, push up, dan lain sebagainya.

Dengan bergerak, Maka akan merangsang sistem saraf menjadi lebih aktif dan tentu mata yang ngantuk tersebut pun akan teratasi.

7. Berpikiran Positif

Mengawali pagi hari dengan baik dan berpikiran positif, Jauhkan dari stress atau depresi karena akan membuat Anda menjadi lebih tidak bersemangat dan rasa ngantuk pun akan cepat menghinggapi Anda.

8. Bangun Tepat Pada Waktunya

Mengatur pola tidur adalah salah satu cara untuk menjaga kesehatan di dalam tubuh, Usahakan tidur selama kurang lebih tujuh jam setiap harinya.

Dan perlu di perhatikan juga bahwa dengan tidur di siang hari dalam jangka waktu durasi yang cukup lama. Justru akan membuat kita kesulitan tidur di malam harinya.

Tentu hal tersebut akan berdampak pada kualitas tidur di malam hari dan di pagi hari berikutnya yaitu rasa kantuk yang sangat berat dan tak tertahankan.

Jangan membiasakan tidur terlalu larut malam, Waktu tidur yang terbaik itu adalah sekitar jam sembilan sampai sepuluh malam dan terbangun pada pukul enam pagi atau jika seorang muslim pada saat adzan subuh berkumandang.

10. Berjemur

Dengan berjemur di sinar matahari pagi maka akan memperoleh vitamin D dan akan memperlancar aliran darah serta memperkuat tulang.

Bukan hanya itu saja yang di hasilkan, Dengan menjemurkan kepala atau tubuh kita pada sinar matahari pagi secara langsung, Maka akan mengurangi rasa ngantuk itu sendiri.

9. Cuci Muka

Jika sudah berat dan tidak dapat tertahan kan lagi rasa kantuk tersebut, Maka sebaiknya Anda membasuh muka dengan air, Bisa di tambahkan dengan es batu supaya menjadi lebih segar.

Cara ini pernah Admin lakukan sendiri atas saran guru di sekolah dan hasilnya rasa kantuk tersebut berangsur-angsur menghilang.

11. Sedikit Mencubit / Memijat Tangan

Kalau cara ini memang agak sedikit aneh dan jarang di lakukan oleh orang-orang, Namun jika dalam keadaan kepepet dan mengharuskan kita tetap fokus.

Maka cara ini memang harus di lakukan agar supaya tidak hilang konsentrasi dan mengganggu kegiatan belajar atau kerja di kantor.

Anda bisa mencubit tangan, menampar pipi perlahan atau memijat bagian-bagian tubuh yang bisa mengatasi rasa kantuk tersebut.

Contohnya seperti memijat tengah kepala menggunakan jempol, telapak kaki, bawah lutut, pijat antara jempol dan jari telunjuk, terakhir bisa menekan belakang leher tepatnya di dasar tengkorak.

Makanan dan Minuman Penghilang Rasa Ngantuk

Adapun mengenai beberapa jenis makanan dan minuman untuk menghilangkan rasa kantuk adalah sebagai berikut.

1. Kopi

Sebaiknya meminum kopi jika dalam keadaan penting saja dan jangan sampai ketergantungan.

Kopi sendiri sifatnya hanya sementara dan malah akan membuat Anda kesulitan tidur di malam hari.

Kandungan kafein yang tinggi itulah yang menjadi andalan sebagian orang untuk menangkal rasa kantuk yang cukup berat.

2. Teh

Sama seperti kopi, Namun kandungan kafein pada teh jauh lebih sedikit dari pada kopi, Jika rasa kantuk menghinggapi Anda.

Maka bisa meminum secangkir teh hangat. Agar supaya tubuh menjadi lebih segar lagi.

3. Makanan Pedas

Kalau ini menjadi salah satu andalan ibu-ibu komplek, Yaitu makan atau ngemil makanan pedas untuk menghilangkan rasa ngantuk.

Namun berhubung di pagi hari, Maka sebaiknya perut anda sudah terisi terlebih dahulu dengan makanan berat seperti nasi atau roti gandum, Agar supaya tidak sakit perut nantinya.

4. Makanan Asam

Kalau anda memiliki kebiasaan mengantuk di pagi hari, baik itu di kelas atau pun kantor, Maka tidak ada salahnya Anda selalu membawa buah jeruk lemon atau nipis.

Jika rasa kantuk tersebut sudah mulai menghinggapi, Maka bisa menghalau nya dengan makanan asam tersebut sehingga lidah dan mata menjadi tersentak karena rasa asamnya.

5. Mengunyah Permen Karet

Hindari tempat-tempat yang sunyi, Biasanya di kelas atau kantor suasana nya akan menjadi lebih kondusif dan sedikit agak membosankan.

Suasana tersebut tentu akan mengundang rasa mengantuk dan salah satu cara yang paling efektif dan dilakukan sendiri oleh admin, Adalah dengan cara mengunyah permen karet.

Pada saat Anda mengunyah permen karet di situlah secara otomatis otot-otot mulut atau rahang akan terus bergerak sehingga tidak di sadari rasa ngantuk tersebut pun menjadi hilang dengan sendirinya.

Nah, itulah pembahasan singkat mengenai cara menghilangkan ngantuk di pagi hari, Semoga dapat bermanfaat untuk kita semua.