17 Ciri Tanda Kucing Sedang Mengalami Sakit


Dengan mengenali tanda atau ciri-ciri kucing sedang sakit itu menandakan kita telah menunjukkan rasa perhatian terhadap kucing peliharaan yang ada dirumah dan tentu siap untuk memberikan pertolongan pertama disaat kucing tersebut mengalami sakit.

Jika membiarkan kucing tersebut sakit dan tanpa ada satupun orang yang mencoba untuk membantu mengatasi penyakitnya, maka jangan menyesal jika suatu saat nanti kucing yang dipelihara tersebut mati atau meninggal.

Kucing yang sedang sakit memang membuat kita sebagai pencinta kucing dibuat resah, khawatir, cemas, kasihan dan juga merasa bingung, Alasannya adalah karena memang sedikit sekali pengetahuan kita mengenai apa saja penyakit kucing.

Karena sedikit pengetahuan itulah yang membuat pencinta kucing sering membiarkan hewan peliharaannya mengalami sakit karena tanpa kita tahu apa sebab dan tanda-tandanya.

Kucing bukanlah manusia, Jika mengalami sakit pada tubuhnya pasti ia akan mencoba untuk memberitahukan kepada orang tua atau kepada dokter. Tentu cara memberitahukannya menggunakan bahasa manusia yang kita pahami.

Coba kalau kucing yang sakit, masa iya kucing tersebut memberitahukan kepada kita hey (manusia) menggunakan bahasa manusia pada umumnya, tentu tidak akan mungkin dilakukan oleh kucing.

Maka dari itu, kita sebagai manusia yang suka dan hobi merawat kucing peliharaan harus mencoba untuk lebih peka dan juga memahami beberapa faktor yang membuat kucing peliharaan tersebut bisa mengalami sakit.

Salah satu ciri yang menunjukkan kucing sedang sakit adalah kucing sering muntah-muntah, sehingga berat badannya terus menurun dan masih banyak lagi yang lainnya.

Tanda-Tanda Ciri Kucing Sedang Sakit



Adapun mengenai 17 tanda-tanda ciri kucing sedang sakit adalah sebagai berikut, Silakan disimak saja dibawah ini.

1. Bulu Kucing Sering Rontok

Salah satu penyebab bulu kucing rontok biasanya karena suhu udara yang kurang bersahabat, perubahan hormon, kekurangan vitamin dan juga kucing terserang jamur yang dapat menginfeksi tubuhnya.

Nah, untuk mencegah semua itu maka kita harus memenuhi kebutuhan kucing, seperti makanan, minuman dan juga kebersihan kandangpun harus diperhatikan agar nantinya kesehatan kucing tetap terjaga.

Lihat Juga: Cara Merawat Kucing Yang Benar Agar Selalu Sehat

2. Berat Badan Terus Menurun

Bukan hanya berlaku pada manusia saja, Namun hewan kucingpun pasti akan mengalami penurunan berat badan secara signifikan yang semua itu di akibatkan karena tubuh kucing sedang diserang oleh penyakit.

3. Kulit Bagian Luar Terluka (Tergores Atau Bengkak)

Tanda kucing sedang mengalami sakit, biasanya di tandai dengan pembengkakan di beberapa bagian tubuh seperti perut mengembung (cacingan) leher, pipi, dan juga kaki.

Hal tersebut mungkin karena tergores, bertarung atau terinfeksi oleh jamur, Jika sudah seperti itu maka kita harus cepat-cepat mengatasinya agar luka tersebut tidak melebar luas kebagian tubuh lainnya.

Coba untuk membersihkan luka bagian luar tersebut menggunakan obat merah atau jenis obat antibiotik lainnya.

4. Badan Kucing Hangat Atau Panas

Kucing demam, biasanya ditandai dengan suhu tubuh yang cukup panas atau hangat. Biasanya terdapat gangguan kesehatan pada tubuh kucing yang sering diakibatkan karena keracunan atau salah makan.

Keadaan suhu lingkungan pun bisa jadi menjadi salah satu penyebabnya, Admin biasa memberikan kucing dengan air kelapa hijau untuk mengatasi tubuh kucing yang sadang panas dan hasilnya alhamdulillah suhu tubuh kucing menjadi normal kembali.

Lihat Juga : Cara Mengobati Kucing Sakit Dengan Air Kelapa Hijau

5. Sering Mengeluarkan Lendir Pada Bagian Hidung, Telinga dan Juga Mata

Tanda kucing mengalami sakit dapat dilihat dari keluarnya cairan kotor atau lendir yang cukup berbau yang asalnya dari hidung, telinga dan juga mata.

6. Sering Muntah

Kucing yang sering memuntahkan makanan yang baru ia makan, biasanya ada gangguan pada pencernaan atau bisa juga karena jenis makanannya tidak cocok untuk kucing tersebut.

Jika kucing sering memuntahkan makanan dan juga terdapat cacing dan darah, Maka kucing tersebut benar-benar sedang mengalami penyakit yang sangat serius.

7. Tidak Mau Minum (Dehidrasi)

Kucing yang mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan didalam tubuh pasti akan sangat mudah sekali terkena penyakit.

Maka dari itu jika kita sering mengurung kucing didalam kandang, Maka tetap selalu perhatikan kucing peliharaan tersebut, apakah kebutuhan makanan dan minumnya sudah cukup atau tidak.

8. Terlalu Banyak Minum Air (Demam)

Kucing yang banyak minum air, bisa disebabkan karena perubahan suhu tubuh yang meningkat pada tubuhnya.

9. Tidak Bertenaga Karena Lesu dan Juga Lemas

Kucing yang tidak bertenaga atau badannya sangat lemas, Maka sudah dipastikan ada yang tidak beres di dalam tubuh si kucing.

Untuk mengatasinya coba selalu perhatikan asupan makanannya, pilih jenis makanan yang bergizi serta terdapat vitamin didalamnya.

10. Mulutnya Berbau Tidak Sedap

Gangguan pencernaan dan juga panas dalam pada tubuh si kucing adalah penyebab utama mulut kucing tersebut menjadi berbau tidak sedap.

11. Menjadi Agresif dan Juga Galak

Kucing tidak mau bermain apalagi dipegang tubuhnya dan bahkan tangan kita bisa saja digigit olehnya, hal tersebut biasanya diakibatkan karena kesehatan kucing sedang terganggu atau mengalami stress berat.

Kita sebagai pemiliknya jangan terlalu menggoda nya untuk bermain, berikan waktu sejenak agar kondisi mood kucing tersebut kembali normal.

12. Jarang Pulang Ke Rumah

Kucing (kampung) yang sedang mengalami sakit umumnya akan jarang pulang ke rumah dan sangat jarang bertemu pemiliknya.

Hal tersebut pernah di alami oleh kucing admin sendiri yang di mana kucing tersebut pada saat mengalami sakit, suka sekali keluar rumah.

Untuk sekedar tidur pun kucing tersebut sering mengumpat di bawah tempat tidur, di atas loteng dan hal tersebut seolah-olah kucing sedang menghindar dari pemiliknya.

13. Suaranya Menjadi Berubah (Serak Bahkan Hilang)

Suara kucing yang berubah dan tidak terdengar seperti biasanya, mungkin karena ada gangguan pada kesehatan mulut, gigi dan juga tenggorokan nya.

14. Cara Berjalan Tidak Terlihat Normal

Ciri kucing yang sedang mengalami sakit biasanya terlihat dari cara berjalannya.

Jika kucing terlihat berjalan lemas atau terkesan terlihat pincang, Maka sudah dipastikan bahwa kesehatan kucing memang sedang terganggu.

15. Kucing Terlalu Sering Tertidur

Kucing yang kurang sehat biasanya ditandai dengan jangka waktu tidur yang cukup lama dan tidak terlihat seperti biasanya.

Hal tersebut umumnya dikarenakan karena kucing sedang mengalami stress, tubuh kucing sangat kelelahan karena usai bertarung atau ada orang yang telah melukai nya.

16. Galau, Tidak Mau Diajak Bermain dan Cenderung Suka Berdiam Diri

Jika gairah kucing berkurang, Maka ada yang tidak beres dengan keadaan tubuh kucing itu sendiri atau bisa saja kucing tersebut sedang sakit atau mungkin karena sedang galau terhadap kucing lawan jenisnya.

17. Sering Buang Air (Diare)

Kucing yang diare dan kotorannya mengeluarkan darah dan juga cacing, Maka hal tersebut jangan kita anggap remeh.

Karena sudah pasti kucing tersebut sedang mengalami penyakit yang serius dan butuh bantuan medis untuk mengatasi penyakit yang dialaminya.

Nah, itulah beberapa tanda kucing yang sedang sakit, semoga dengan kita mengetahui semua tanda atau cici-ciri kucing sedang sakit, maka akan membuat kita menjadi tanggap dan mengerti.

Sehingga jika kucing mulai menunjukkan tanda-tanda sakit, maka kita sudah siap dan sigap untuk melakukan pertolongan pertama pada kucing kesayangan.