17 Ciri-Ciri Kucing Mau Mati, Berikut Tanda nya


Sabtu, 11 Januari 2020

17 Ciri-Ciri Kucing Mau Mati, Berikut Tanda nya

Pembahasan kali ini mengenai apa saja tanda ciri-ciri kucing mau mati atau meninggal? Bagi sahabat yang kini memiliki hewan peliharaan kucing yang kebetulan tingkah dan perilakunya hari-hari ini terlihat aneh, Maka jangan di anggap sepele karena bisa saja kucing tersebut sedang mengalami sakit yang parah pada tubuhnya.

Tahukah sahabat bahwa seekor kucing yang akan meninggal itu biasanya akan menunjukan beberapa sikap serta perilaku yang kerap kali membuat pemiliknya bingung untuk dapat memahami serta mengenali beberapa tanda kucing akan mati.

Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan kucing tersebut dapat meninggal, Entah itu mati karena sakit, keracunan, sekarat karena adanya penyakit tertentu dan mungkin saja matinya secara mendadak.

Namun secara umum kucing yang meninggal itu karena ia sedang menderita suatu penyakit, Maka dari itu ada baiknya sahabat mengenali juga beberapa hal mengenai ciri-ciri kucing sakit, agar supaya nantinya di tangani serta di berikan obat dengan cepat dan juga tepat.

Beberapa contoh ciri kucing sedang mengalami sakit, Suhu tubuhnya meningkat atau panas, sering tidur, lemas dan lesu, tidak nafsu makan dan berat badannya menurun drastis, keluarnya cairan pada bagian mata, hidung, mulut, telinga dan lain sebagainya.

Seekor kucing pada umumnya akan merasakan bahwa dirinya akan segera meninggal dunia, seiring dengan keadaan tubuh yang di alaminya semakin parah dan akan mencari perlindungan di waktu-waktu terakhirnya.

Ciri-Ciri Kucing Pertanda Mau Mati


Adapun mengenai beberapa ciri atau tanda kucing mau mati adalah sebagai berikut, Silakan sahabat dapat menyimak nya di bawah ini.

1. Suhu Tubuh Menurun Drastis

Normalnya suhu tubuh kucing adalah 37-39 derajat celcius, Tanda kucing yang akan meninggal umumnya akan memiliki suhu tubuh dibawah normal.

Sahabat bisa mengetahuinya dengan cara menggunakan termometer dan letakkan di telinganya atau bisa juga dengan memeriksa suhu tubuh kucing dengan memegang telapak kakinya.

Jika terasa dingin maka bisa jadi itu tanda bahwa kondisi kucing semakin melemah.

2. Detak Jantung Melemah

Secara normal detak jantung pada kucing itu sekitar 120 sampai 200 detak per menit. Jika kucing tersebut sedang mengalami sakit keras, Biasanya akan membuat detak jantungnya semakin lemah dibawah detak jantung normal.

Silakan sobat cek berapa jumlah detak jantung si kucing per menit nya dengan cara meletakkan tangan sobat pada bagian sisi kiri tubuh kucing, Menggunakan alat Stetoskop jauh lebih mudah untuk memeriksa detak jantung kucing.

3. Nafas nya Tidak Beraturan

Kucing yang sekarat akan membuat nafas nya tidak beraturan atau tarikan nafas nya terasa berat dan hal tersebut tentu akan semakin dekat dengan kematian si kucing itu sendiri.

4. Timbul Bau Tubuh Tidak Sedap

Hal tersebut karena organ tubuh si kucing sudah benar-benar melemah, Biasanya nafas dan badannya akan mengeluarkan aroma yang tidak sedap. Itu karena kucing tidak mampu lagi mengeluarkan zat-zat beracun didalam tubuhnya.

5. Sering Muntah

Jika kucing terlalu sering muntah dan bahkan mengeluarkan ledir berwarna putih, Maka itu akan membuat kondisinya semakin memburuk, Hal tersebut bisa membuat tubuhnya semakin lemah, kurus dan bahkan akan kesulitan bernafas.

Untuk pertolongan pertama bisa sobat berikan ia air kelapa hijau, Agar racun yang ada pada tubuhnya bisa di netralisir. Silakan sobat bisa membacanya disini: Cara mengobati kucing sakit dengan air kelapa hijau.

6. Air Liur nya Selalu Keluar

Salah satu tanda yang cukup umum terjadi pada kucing sebelum ia meninggal adalah keluarnya cairan atau air liur pada mulutnya dan dagu nya selalu basah karena air liur tersebut selalu keluar dari mulutnya dan menimbulkan bau yang tidak sedap.

7. Jarang Mengeluarkan Suaranya

Perhatikan tingkah laku si kucing, Kalau biasanya ia lincah dan selalu bersuara untuk meminta makanan, Kemudian tiba-tiba berubah menjadi pendiam dan tidak bersuara sama sekali.

Maka hal tersebut patut di curigai, bisa saja ia sedang mengalami sakit dan salah satu tanda bahwa ia sudah dekat dengan kematian.

Adapun kucing yang mengeluarkan suaranya terlalu keras (sekarat) itu juga bisa jadi ia sedang mengalami kesakitan yang sangat teramat.

Tak lama kemudian suara tersebut semakin mengecil sampai tibalah pada saat itu kucing menutup mata sampai selama-lamanya.

8. Sulit Bergerak (Kaku)

Keadaan kesehatan kucing yang semakin memburuk membuat tubuhnya semakin lemah, lemas dan juga pada beberapa bagian tubuhnya menjadi keras serta kaku.

Itulah tanda yang paling jelas bahwa kucing akan mendekati akhir hidupnya dan kita sebagai pemiliknya harus siap dengan semua itu, Jangan bersedih.

9. Menunjukan Karakter Yang Aneh

Perubahan karakter pada kucing juga patut di perhatian, Jika kucing sobat yang tadinya penurut di pegang tidak masalah.

Namun ia berubah dan tidak mau di pegang bahkan akan marah, Hal tersebut bisa jadi karena kucing sedang mengalami kesakitan pada tubuhnya.

Ada juga kasus lain yang tadinya kucing tersebut sering main dan keluar rumah, Tiba-tiba suka berdiam diri dirumah serta lebih manja kepada pemiliknya.

Tak lama kemudian kucing tersebut pergi dari rumah dan tidak pulang-pulang lagi.

Itu pengalaman yang admin alami sendiri dan ternyata bulan berikutnya ia ditemukan telah tiada atau sudah meninggal.

10. Suka Bersembunyi

Tanda yang cukup sering dilakukan oleh kucing sebelum ia meninggal adalah dengan cara bersembunyi. Jika kucing sobat di rumah termasuk kucing yang liar atau suka keluar rumah, Pasti ia akan pergi jauh dari rumah.

Tapi berbeda jika kucing sobat itu cenderung suka nya berdiam diri dirumah, Maka biasanya ia akan mencari tempat-tempat yang nyaman, teduh atau juga gelap.

Seperti dibawah eternit, gudang rumah, di kolong kasur dan tempat-tempat yang jauh dari kebisingan. Ia akan mencari tempat-tempat tersebut untuk mempersiapkan kematiannya.

11. Tidak Nafsu Makan

Hal ini terbilang umum ditemukan pada saat kucing mendekati kematiannya, Adalah dengan cara berhenti makan dan juga minum.

Dengan hilangnya nafsu makan tersebut, Tentu akan membuat kondisi tubuhnya semakin parah dan akan kehilangan berat badan yang cukup signifikan, mata terlihat cekung, serta kulit yang berkerut atau kendor.

12. Kejang-Kejang

Kucing yang sedang sekarat akan mengalami kejang-kejang, Hal tersebut terjadi beberapa jam sebelum tiba kematiannya.

Maka dari itu masih ada waktu sebelum tiba saatnya, cobalah sobat siapkan tempat yang nyaman untuk kucing tersebut. Perhatikan ia sebagaimana layaknya.

Hal ini memang berat untuk kita saksikan, Bahwa san nya kucing kesayangan yang kita rawat tersebut sedang mengalami sekarat dan bahkan tubuhnya semakin terlihat kaku dan sudah tak berdaya lagi.

13. Karena Gejala Penyakit

Ada beberapa hal yang membuat kucing meninggal bahkan secara mendadak, diantaranya adalah karena adanya penyakit seperti.

1. Cardiomyopathy (Serangan jantung pada kucing)

2. Felin Panleucopenia (Penyakit yang disebabkan karena virus dan menyebabkan kucing menjadi diare, anemia, dan lain sebagainya)

3. Felin Heartworm Disease (Penyakit yang disebabkan karena cacing parasit yang bernama dirofilaria immitis)

Ketiga serangan penyakit tersebut, Bisa menyebabkan kucing mati secara mendadak, Tanpa kita sadari sebelumnya.

Maka dari itu segeralah periksa kan ia ke dokter hewan jika kucing tersebut terindikasi sedang mengalami penyakit tertentu.

14. Menjadi Sensitif Terhadap Lingkungan

Ciri-ciri kucing mau mati selanjutnya adalah perubahan sikap terhadap lingkungannya, Yaitu ia lebih sensitif terhadap cahaya dan suara yang berasal dari sekitarnya.

Makanya tidak heran jika kucing yang sudah memiliki firasat mengenai akhir hidupnya, Pasti akan selalu bersembunyi dari lingkungan yang berisik serta menjauhi dari sumber cahaya yang ada di lingkungannya.

15. Terlalu Sering Tidur

Kucing akan sering tidur dalam waktu yang cukup lama dari biasanya dan bahkan akan disertai dengan menggigil. Hal tersebut bisa saja karena ia sangat lemas atau stress karena menghadapi penyakit yang dialaminya tidak kunjung sembuh.

16. Perubahan Penampilan

Kucing yang akan dekat dengan kematiannya, Biasanya akan berubah penampilannya secara drastis, Seperti tubuh yang kurus kering, sangat kusam atau kumel.

Hal itu disebabkan karena adanya penyakit didalam tubuh si kucing dan kucing pun tidak lagi memperhatikan kebersihan tubuhnya sendiri yang dimana kucing yang sehat pastilah akan selalu menjaga kondisi kebersihan tubuhnya.

17. Pergi Untuk Menghilangkan Jejak

Tanda kucing akan meninggal lainnya adalah si kucing akan pergi dari rumah tanpa pemiliknya tahu. Terdapat beberapa alasan kenapa kucing pergi dari rumah, Diantaranya adalah.

1. Kucing terlahir sebagai hewan mandiri, Sehingga menjelang kematiannya ia kerap kali pergi tanpa meninggalkan jejak.

2. Kucing salah satu hewan yang memiliki sifat soliter atau suka menyendiri, Sebelum waktunya tiba ia lebih suka menyendiri dan tidak ingin ada siapapun yang mengganggunya.

3. Ia tidak suka suasana yang ramai. Kucing biasa memilih pergi untuk menghindari tempat-tempat yang bising dan mencari tempat yang sepi, nyaman dan juga tenang. Terutama bagi kucing yang bersiap menghadapi sisa-sia hidupnya.

4. Kucing yang sudah berumur tua serta sakit-sakitan, Biasanya akan pergi jauh dari rumah. Hal tersebut di lakukan nya untuk menghindari dari musuh dan tidak ingin di serang dalam keadaan ia sudah lemah.

5. Tidak ingin pemiliknya sedih dan direpotkan, Karena kucing sendiri memiliki naluri yang cukup kuat terhadap manusia yang merawatnya di rumah, Silakan lihat juga: Alasan Kucing Menghilang.

Mempersiapkan Kematian Kucing Kesayangan

Beruntung jika kita menyaksikan dan menemani perpisahan dengan kucing kesayangan di sisa akhir hidupnya, Kita dapat mengucapkan selamat tinggal pada kucing kesayangan tersebut.

Berikan ia kasih sayang yang tulus dari kita yang terakhir, Siapkan tempat yang aman, nyaman dan terbaik, rawatlah ia sampai detik-detik terakhir hidupnya.

Jika kita mengetahui tandanya dari awal, Maka kita bisa menemani dan mengatakan betapa kita sangat menyayangi dan tidak mau kehilangan dia, mengelus nya dengan lembut, dan ada disamping nya ketika saat itu telah tiba.