15 Ciri-Ciri Kambing


Ciri-ciri kambing - Hewan kambing adalah binatang sejenis mamalia yang banyak terdapat di indonesia, Kambing adalah hewan pemakan tumbuh-tumbuhan atau tanaman (harbivora) dan kambing tergolong binatang memamah biak. Makanan utama kambing pada umumnya adalah rumput.

Kambing memiliki tubuh yang tidak terlalu besar dan tidak pula terlalu kecil, Kambing sering disamakan dengan hewan sejenisnya yaitu Biri-Biri dan juga Domba. Padahal hewan kambing memiliki sedikit perbedaan dengan kedua jenis hewan tersebut.

Perbedaan kambing dengan domba dan biri-biri? Kambing adalah binatang jenis (genus capra), Domba adalah binatang jenis (genus ovis) dan binatang Biri-biri adalah jenis (genus ovis).

Penjelasan diatas hanya untuk menambah pengetahuan semata, jadi tidak perlu di perdebatkan untuk masalah perbedaan kambing dengan domba dan juga biri-biri. Karena ketiga jenis hewan mamalia tersebut intinya adalah sama, Hewan mamalia, harbivora dan juga binatang memamah biak.

Pengembala kambing pada umumnya memanfaatkan hewan kambing untuk di ambil daging, bulu dan juga air susu nya. Susu kambing cukup baik untuk menjaga kesehatan tubuh manusia dan bahkan susu kambing dapat dijadikan bahan kosmetik alami.

Untuk menemukan kambing di indonesia, Cukuplah mudah karena populasi nya yang sangat banyak dan di waktu hari raya idul adha, Hewan kambing pada umumnya akan banyak di jual belikan untuk dijadikan sebagai hewan kurban.

Nah, itulah penjelasan singkat mengenai kambing, Sekarang kita masuk ke pembahasan inti yaitu ciri-ciri kambing, Silahkan disimak saja di bawah ini.

Ciri-Ciri Khusus Kambing


Adapun mengenai ciri-cirinya adalah sebagai berikut.

1. Kambing adalah hewan pemakan rumput atau tanaman (Harbivora).
2. Mereka termasuk hewan mamalia.
3. Pada umumnya bulu kambing berwarna putih, kecoklatan, abu-abu, hitam dan ada juga yang berwarna belang.
4. Kambing memiliki sepasang tanduk di bagian atas kepalanya.
5. Ukuran tanduk kambing betina lebih pendek jika di bandingkan dengan ukuran tanduk kambing jantan.
6. Secara umum kambing memiliki rambut atau janggut di bagian bawah dagu nya.
7. Kambing memiliki sepasang kaki belakang dan juga sepasang kaki depan.
8. Memiliki sepasang mata, Warna mata kambing pada umu nya adalah hitam di bagian tengah dan bagian samping berwarna kecokelatan.
9. Mempunyai ukuran ekor yang terbilang pendek dibandingkan dengan ukuran ekor biri-biri yang biasanya lebih panjang.
10. Memiliki daun telinga yang cukup lebar dan juga panjang.
11. Terdapat kelenjar susu, Air susu tersebut diberikan kepada anaknya dan bisa juga di perah dan di konsumsi bagi manusia.
12. Memiliki hidung yang terbilang pesek.
13. Cara berkembang biak kambing adalah dengan cara melahirkan atau beranak.
14. Pada umumnya kambing sekali melahirkan anaknya sebanyak 1 - 4 ekor anak kambing.
15. Terdapat gigi geraham dan gigi seri, hampir sama seperti gigi hewan mamalia pada umumnya.

Hal Unik Tentang Hewan Kambing

1. Kambing dipercaya sebagai hewan pertama yang diternakan oleh manusia dan hewan kedua yang di jinakan manusia setelah hewan Anjing.

2. Terdapat beberapa senyawa kimia yang menyebabkan kambing bau prengus yang terdapat di kepala kambing, Jadi bukan karena kambing jarang mandi, Melainkan sudah bawaan alami.

3. Baik kambing jantan atau betina, Sama-sama memiliki tanduk dan juga jenggot.

4. Kambing salah satu hewan pilihan utama masyarakat sebagai hewan kurban di hari raya idul adha.

5. Terdapat kambing yang mampu menanjak dinding dengan kemiringan 90 derajat, Kalau Penasaran? silahkan teman-teman dapat melihatnya di situs berbagi video yang ada.

Sekian pembahasan singkat mengenai ciri-ciri kambing. Jangan lewatkan untuk membaca artikel selanjutnya mengenai ciri-ciri sapi.