8 Ciri-Ciri Burung Hantu


Ciri khusus burung hantu - Jenis burung satu ini merupakan kelompok dari ordo strigiformes dan burung hantu sendiri termasuk golongan hewan malam (nokturnal) dan juga salah satu dari sekian banyak hewan pemangsa atau predator, Mereka suka memakan daging atau sering kita kenal dengan sebutan karnivora.

Terdapat beberapa jenis burung hantu di dunia dan yang telah diketahui sebanyak 222 spesies, Burung hantu menyebar ke banyak negara di dunia termasuk ke negara kita yaitu indonesia.

Di negara kita sendiri umumnya menganggap binatang ini sebagai jenis burung yang menyeramkan dan jelmaan dari makhluk astral, Maka tidak heran jika burung ini dinamakan burung hantu, Namun berbeda dengan negara barat yang menganggap burung hantu sebagai simbol kebijaksanaan.

Terdapat beberapa jenis binatang yang memiliki sifat dan ciri khusus yang mungkin belum banyak orang ketahui, Termasuk burung hantu. Jika Anda termasuk orang yang belum pernah melihat burung hantu secara langsung dan penasaran dengan ciri-cirinya, Silakan di simak di bawah ini beberapa ciri khusus burung hantu.

Ciri-Ciri Burung Hantu


Adapun mengenai ciri-cirinya adalah sebagai berikut.

1. Burung hantu memiliki bentuk muka yang cukup lebar.
2. memiliki paruh yang cukup panjang, bengkok ke bawah dan ujung paruhnya tajam, hampir mirip dengan paruh jenis burung elang.
3. Mempunyai bentuk mata yang besar, bulat, menonjol dan menghadap kedepan, serta kemampuan penglihatan burung hantu yang tajam dan mampu melihat di malam hari.
4. Burung hantu mempunyai bentuk telinga yang asimetris dan kemampuan pendengaran yang cukup tajam dan peka terhadap pergerakan hewan sekitarnya.
5. Memiliki kemampuan pada bagian kepalanya yang dapat berputar hingga 180 derajat ke belakang.
6. Burung hantu berkembang biak dengan cara bertelur, Jumlah telur tersebut berkisar satu sampai tiga butir telur atau lebih dan telur tersebut dierami oleh induknya sampai waktunya menetas.
7. Memiliki warna dan corak bulu yang beragam, Namun pada umumnya burung hantu berwarna abu-abu, kecoklatan dan bercorak burik atau loreng-loreng.
8. Secara umum burung hantu memiliki ekor yang ukurannya tidak terlalu panjang atau pendek

Kebiasaan Burung Hantu

Pada umumnya burung hantu suka mencari makanan atau berburu mangsanya di waktu senja, subuh atau malam hari dan ada juga beberapa jenis burung hantu yang suka mencari makanannya di waktu siang hari.

Jenis hewan buruan yang sering burung hantu incar adalah tikus, kodok, serangga dan jenis binatang lainnya.

Burung hantu terkadang dijadikan sebagai hewan pemburu hama tikus yang cukup handal, Maka tidak heran jika di kampung-kampung terdapat banyak burung hantu yang di pelihara oleh para petani-petani sebagai alat bantu untuk membasmi hama tikus yang merusak beberapa jenis tanaman.

Kebiasaan yang sering dilakukan burung hantu lainnya adalah, Burung hantu hobi sekali berdiam diri di atas ranting pohon dan tubuhnya terkesan mematung, Hampir sama seperti bunglon yang terkadang mata manusia tidak mampu untuk membedakan antara warna pohon dan juga warna burung hantu tersebut.

Beberapa Jenis Burung Hantu Yang Dapat Ditemukan Di Indonesia

Barn Own, Cekepuk, Wowo-wiwi (Phodilus badius), Hengkik (Bubo sumatranus), Bobo ketupu (Ketupa ketupu), Beluk Watu Jawa, Kokok Beluk dan lain-lain.

Nah, itulah pembahasan singkat mengenai ciri-ciri burung hantu, Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kita semua.