8 Ciri-Ciri Capung


Sebutkan ciri-ciri capung? Capung adalah binatang yang termasuk golongan hewan serangga yang banyak kita temukan di wilayah yang kering, contohnya kebun yang kering, sawah, pekarangan dan tempat lainnya, Namun ada juga capung yang banyak menghabiskan waktunya di tempat yang basah.

Binatang capung tersebar ke seluruh Indonesia, bahkan ada beberapa penamaan capung yang berbeda di setiap daerahnya, contohnya nama capung dalam bahasa jawa di sebut dengan (kinjeng), bahasa sunda (papatong), dan penamaan capung dalam bahasa daerah lainnya.

Capung memiliki warna tubuh yang bermacam-macam dan juga ukuran tubuhnya ada yang besar dan ada juga yang kecil, capung dengan ukuran yang besar di Indonesia dinamakan capung kerbau, yang memiliki warna hijau lurik.

Nah, itulah penjelasan singkat mengenai binatang capung, sekarang kita masuk ke pembahasan utama yaitu, apa saja ciri-ciri khusus capung? Silakan kamu dapat menyimak nya di bawah ini.

Ciri-Ciri Capung Beserta Dengan Beberapa Fungsinya


Adapun mengenai cirinya adalah sebagai berikut.

1. Capung memiliki mata yang besar, Mata capung di sebut dengan mata majemuk.
2. Binatang capung memiliki sepasang sayap dengan corak yang indah, Sayap capung di gunakan untuk terbang.
3. Memiliki ukuran kepala yang besar dan terlihat mengkilap.
4. Ukuran ekor yang panjang dan terlihat seperti halnya jarum.
5. Cara mereka berkembang biak adalah dengan cara bertelur.
6. Umur capung tidak lama, hanya mampu hidup sekitar kurang lebih empat bulan.
7. Capung memiliki tiga pasang kaki, (jadi total nya enam kaki)
8. Termasuk hewan serangga yang tergolong bangsa Odonata.

Hal Unik dan Menarik Tentang Capung

1. Capung suka sekali berada di dekat air yang bersih seperti danau, sungai dengan arus lambat, kolam ikan, tanah basah dan lain sebagainya.
2. Makanan capung sendiri berupa serangga (karnovora), Secara umum capung atau sibar-sibar memakan Nyamuk, Rayap, Semut, Lalat dan lain sebagainya.
3. Cara capung terbang cukup unik, Tampak seperti helikopter yang bisa terbang maju-mundur dan atas-bawah.

Nah, itulah beberapa penjelasan singkat mengenai ciri-ciri capung, semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kita semua, Jangan lupa untuk membaca artikel selanjutnya yaitu ciri-ciri semut, dengan melihat artikel tersebut kamu akan mengetahui mengenai apa saja ciri-ciri khusus dari semut.