11 Ciri-Ciri Cumi Cumi


Selasa, 07 November 2017

11 Ciri-Ciri Cumi Cumi

Ciri cumi-cumi - Binatang cumi-cumi adalah salah satu hewan laut yang masuk kedalam kelompok binatang moluska atau hewan jenis Cephalopoda besar. Cumi-cumi sendiri dikenal sebagai hewan yang tidak memiliki tulang belakang (invertebrata)

Cumi-cumi adalah binatang yang berbeda dari jenis hewan laut pada umumnya, cumi-cumi memiliki kaki atau tangan di bagian kepalanya atau yang sering kita kenal dengan sebutan tentakel, Pada umumnya banyaknya jumlah tentakel pada cumi-cumi adalah sepuluh tentakel.

Tekstur tubuh cumi bisa terbilang lunak atau empuk, Alasannya karena cumi-cumi tidak memiliki tulang dalam maupun tulang luar, hal tersebut yang membuat cumi-cumi cukup lemah dalam hal pertahanan.

Namun walaupun demikian cumi-cumi ternyata memiliki kemampuan pertahanan yang cukup unik yaitu menggunakan cairan tinta, cairan tersebut berasal dari dalam rongga cumi-cumi tersebut.

Nah, itulah penjelasan atau gambaran singkat mengenai hewan cumi-cumi, Sekarang kita masuk ke pembahasan utama yakni mengenai apa saja ciri-ciri khusus cumi-cumi, Silakan anda dapat menyimak nya di bawah ini.

Ciri-Ciri Cumi Cumi


Adapun mengenai cirinya adalah sebagai berikut.

1. Habitat cumi-cumi adalah di lautan atau di dalam air.
2. Cumi-cumi memiliki bentuk tubuh yang menyerupai pipa.
3. Hewan cumi-cumi memiliki 10 tentakel pada bagian kepalanya.
4. Binatang cumi-cumi tidak memiliki kelopak mata dan uniknya adalah bentuk mata pada cumi-cumi hampir menyerupai mata pada manusia.
5. Pada umumnya cumi-cumi memiliki ukuran tubuh 5,1 cm.
6. Mereka akan mengeluarkan cairan tinta pada saat merasa sedang terancam.
7. Cara Cumi-cumi berkembang biak adalah dengan cara bertelur.
8. Cumi-cumi memiliki sifon dan cara hewan cumi-cumi berenang dan bergerak di dalam air adalah dengan cara mendorong bagian sifon tersebut.
9. Memiliki kemampuan seperti halnya hewan bunglon yaitu dapat mengubah warna tubuhnya (berkamuflase)
10. Dapat memancarkan cahaya yang cukup terang, cahaya tersebut berguna untuk memudahkan cumi-cumi untuk melihat dan mencari makan di malam hari.
11. Makanan cumi-cumi adalah berbagai macam hewan laut dengan ukuran yang lebih kecil dari pada ukuran tubuhnya sendiri.

Manfaat Cumi-Cumi Bagi Manusia

Cumi-cumi sendiri adalah salah satu hewan laut yang cukup di gemari oleh manusia dan dapat di olah menjadi beberapa masakan seafood yang tentunya memiliki rasa yang sedap dan menjadi salah satu makanan yang paling favorit untuk di konsumsi.

Bukan hanya itu saja ternyata cumi-cumi sendiri terdapat beberapa kandungan gizi yang berguna untuk menjaga kesehatan tubuh manusia, Diantaranya adalah kandungan vitamin B 12, Selenium, Riboflavin, dan untuk tintanya sendiri ternyata dapat menjegah penyakit kangker pada manusia.

Sekian penjelasan singkat mengenai ciri-ciri cumi cumi. Jangan lewatkan juga untuk membaca artikel menarik lainnya, mengenai Ciri-Ciri Siput. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kita semua.