15 Ciri-Ciri Siput


Ciri-ciri siput - Binatang siput termasuk jenis kelompok hewan bertubuh lunak atau hewan bercangkang (Mollusca), Siput juga di kenal oleh banyak masyarakat Indonesia dengan sebutan nama lain diantaranya adalah keong atau juga bekicot.

Siput ini memiliki tubuh yang tidak terlalu besar alias kecil dan untuk menemukan hewan siput sendiri tidaklah begitu sulit karena binatang siput ini sangat menyukai tempat-tempat yang lembab dan untuk populasi nya di negeri kita sangat banyak, Maka tidak heran jika setelah turun hujan siput ini sering muncul di sekitar rumah kita.

Siput ada yang dapat di makan atau konsumsi dan ada juga beberapa jenis siput yang tidak boleh dimakan dikarenakan siput tersebut beracun, Siput ini ternyata dapat di jual belikan dan menjadi peluang bisnis yang menjanjikan dan untuk peminatnya sendiri cukup banyak, kini pembudidaya binatang siput di indonesia sendiri sudah cukup banyak yang membudidayakan nya.

Nah, itulah penjelasan singkat mengenai siput, kini kita masuk ke pembahasan utama yakni mengenai ciri-ciri khusus siput. Apa saja? Silahkan anda dapat menyimak nya di bawah ini.

Ciri-Ciri Siput


Adapun mengenai cirinya adalah sebagai berikut.

1. Siput termasuk hewan golongan Mollusca, Hewan yang dimana memiliki cangkang dan bertubuh lunak.
2. Terdapat lendir pada tubuh siput. Kegunaan lendir tersebut adalah untuk menjaga kelembaban tubuhnya.
3. Siput bergerak dengan lambat, siput berjalan menggunakan apa? Ia menggunakan otot perutnya untuk berjalan.
4. Binatang siput memiliki tekstur badan yang lentur dan juga terkesan lembek.
5. Cara berkembang biak siput adalah dengan cara bertelur.
6. Siput termasuk hewan yang tidak memiliki tulang belakang.
7. Hewan siput memiliki sepasang mata dengan ukuran yang sangat kecil.
9. Siput suka menempati dan hidup di lingkungan yang lembab atau basah.
10. Pada umumnya kebanyakan siput adalah herbivora (disesuaikan dengan jenisnya masing-masing) Apa itu herbivora? Adalah pemakan tumbuhan seperti daun, batang dan lain sebagainya.
11. Cara siput melindungi diri dari ancaman adalah dengan cara masuk ke cangkang nya, Cangkang siput sama saja seperti perisai atau rumah.
12. Siput sangat bergantung pada adanya air dan lingkungan yang lembab, Jika lingkungannya kering maka kemungkinan besar yang akan terjadi adalah, hidup siput tidak akan berlangsung lama.
13. Cara siput mempertahankan kelembaban pada tubuhnya adalah dengan cara melakukan hibernasi atau tidur dengan jangka waktu yang lama.
14. Pada umumnya siput memiliki sifat nokturnal, Apa itu nokturnal? Adalah hewan yang aktif di malam hari.
15. Siput sangat peka, Jika tersentuh maka siput akan cepat-cepat masuk kedalam cangkang nya.
Siput memiliki sepasang tentakel pada bagian kepalanya, Fungsi tentakel tersebut adalah sebagai indera penglihatan dan juga indera peraba.

Itulah penjelasan singkat mengenai ciri-ciri siput, Jangan lewatkan juga untuk melihat dan membaca artikel mengenai Ciri-Ciri Ular, Cukup sekian pembahasan kali ini semoga dapat bermanfaat untuk kita semua.