15 Ciri-Ciri Rusa


Ciri-ciri rusa - Binatang rusa adalah salah satu hewan yang termasuk kedalam golongan hewan mamalia pemamah biak, Makanan utama rusa adalah rumput sama halnya dengan hewan ternak pada umumnya dan untuk dagingnya sendiri dapat di konsumsi oleh manusia.

Pada umumnya rusa banyak hidup di daerah yang tropis dan subtropis, rusa sangat menyukai wilayah yang di penuhi rerumputan atau padang rumput, Namun hewan ini juga mampu hidup dan beradaptasi di habitat yang lain seperti pegunungan, rawa-rawa dan juga hutan.

Terdapat banyak jenis rusa yang tersebar ke penjuru dunia, Termasuk jenis rusa timor yang diperkirakan jenis rusa tersebut berasal dari pulau bali dan jawa yang telah tersebar ke banyak wilayah di indonesia dan bahkan tersebar ke papua nugini, timor leste, australia, selandia baru dan negara-negara lainnya.

Rusa bukannya hewan pemangsa, melainkan hewan yang sering menjadi incaran hewan pemangsa, seperti macan, harimau, singa dan binatang pemangsa lainnya, Rusa termasuk binatang yang jinak, tidak menyerang dan tidak berbahaya.

Namun sayangnya keberadaan rusa sering terancam karena kerakusan manusia itu sendiri yang dimana selalu berburu hewan rusa dengan tujuan mengambil dagingnya dan juga tanduknya untuk di jual dan di jadikan hiasan dinding rumah.

Nah, itulah penjelasan singkat mengenai salah satu hewan mamalia yaitu rusa, sekarang kita masuk ke pembahasan utama yaitu apa saja ciri-ciri khusus rusa? silahkan anda dapat menyimak nya di bawah ini.

Ciri-Ciri Rusa


Adapun mengenai cirinya adalah sebagai berikut.

1. Rusa adalah jenis hewan mamalia pemamah biak.
2. Binatang rusa memiliki sepasang 4 kaki, 2 kaki di bagian depan dan 2 kaki lainnya di bagian belakang.
3. Hewan rusa memiliki bentuk daun telinga yang cukup lebar dan nampak runcing ke atas.
4. Makanan utama rusa adalah rumput dan juga dedaunan.
5. Pada umumnya rusa memiliki warna kulit yang berwarna kemerahan, cokelat, hitam, belang, atau warna yang di sesuaikan dengan jenis rusa tersebut.
6. Rusa memiliki ukuran tinggi sekitar 1 sampai 2 meter.
7. Binatang rusa memiliki sepasang mata dengan bentuk dan ukuran bola mata yang cukup besar dan berwarna cokelat atau hitam.
8. Ciri khas rusa adalah memiliki tanduk di bagian kepalanya yang menyerupai akar pohon dan tanduk tersebut selalu tumbuh ke atas.
9. Pada umumnya rusa betina tidak memilki tanduk seperti halnya yang dimiliki oleh rusa jantan.
10. Rusa memiliki hidung dan indra penciuman rusa cukup sensitif.
11. Hewan rusa memiliki gigi dan gigi tersebut tidaklah tajam, Maka tidak cocok jika rusa tersebut memakan daging.
12. Rusa memiliki ukuran ekor yang pendek.
13. Binatang rusa suka hidup dengan cara berkelompok.
14. Cara berkembang biak binatang rusa dengan cara melahirkan.
15. Rusa menyukai hidup di daerah yang tropis atau subtropis dengan wilayah yang di penuhi dengan rerumputan.

Sekian penjelasan singkat mengenai ciri-ciri rusa, jangan lewatkan juga untuk membaca artikel menarik lainnya mengenai salah satu hewan mamalia yaitu mengenai ciri-ciri jerapah, semoga dapat bermanfaat untuk teman-teman semua.