8 Ciri-Ciri Burung Merpati


Di sekolah pasti kita pernah menemukan soal mengenai ciri-ciri burung merpati? Dan pada kesempatan kali ini Admin ingin sedikit menjelaskan kepada sahabat semua mengenai apa saja ciri yang di miliki oleh burung yang dijuluki sebagai hewan setia ini.

Burung merpati atau dara sejatinya adalah burung yang tidak terlalu sulit untuk dapat kita lihat dan temukan, Karena ada banyak sekali orang-orang yang memelihara jenis burung ini dan bahkan sangat hobi bermain dengan burung merpati.

Ada beberapa keunggulan yang di miliki oleh burung merpati termasuk daya ingatnya yang cukup kuat baik terhadap pasangannya dan juga tempat tinggalnya, Ia pun kerap kali dijadikan ajang perlombaan seperti merpati balap, kolongan dan lain sebagainya.

Merpati dahulu digunakan untuk mengantar pesan atau surat, Hal tersebut karena merpati dapat di latih dan memiliki daya ingat yang cukup kuat, Ia mampu berpindah dari satu tempat ke tempat yang lainnya.

Ciri-Ciri Burung Merpati


Klasifikasi burung merpati: Kingdom: animalia, Phylum: chordata, Kelas: aves, Ordo: columbia former, Family: columbiadae, Genus: columbia, Spesies: columba livia.

Adapun mengenai ciri-ciri merpati Adalah sebagai berikut, Silakan sahabat dapat menyimak nya di bawah ini.

1. Burung merpati berkembang biak dengan cara bertelur, Baik yang jantan atau betina akan menjaga telur nya hingga menetas dan juga mereka cukup bertanggung jawab dalam hal merawat anaknya.

2. Memiliki tubuh yang relatif gempal dengan leher yang pendek dan tampak halus, Tubuhnya tertutupi oleh bulu yang beraneka macam warna dan corak.

3. Bentuk paruhnya terlihat khas tampak tipis agak bengkok dan terdapat tonjolan pada pangkal paruh sebelah atas.

4. Memiliki 4 jari di sebelah kanan dan 4 jari di sebelah kiri dan Secara umum kakinya berwarna kemerah merahan.

5. Burung merpati termasuk hewan herbivora karena memakan biji-bijian contohnya seperti jagung, beras putih atau merah, kacang hijau dan lain sebagainya.

6. Mereka sering membuat sarangnya, Ia akan membawa dan mengumpulkan kayu rapuh, rumput kering, ranting kering dan serpihan kayu lainnya, Biasanya di lakukan burung merpati tersebut untuk mempersiapkan sang induk yang hendak bertelur.

7. Baik jantan atau betina akan mencari makanan untuk anaknya, Makanan akan disimpan untuk sementara waktu di dalam tembolok sehingga nantinya sang induk menyuapi anaknya.

8. Bagaimanakah alat pernapasan pada burung merpati? Burung merpati bernapas menggunakan bagian organ paru-paru pada saat ia beristirahat, sedangkan pada saat waktu terbang di udara ia akan bernapas menggunakan pundi-pundi udara.

Lihat juga: Ciri-ciri burung elang

Nah, itulah sedikit pembahasan mengenai apa saja ciri-ciri burung merpati, Semoga dapat bermanfaat untuk kita semua.

Jangan lupa tetap fokus belajar dan jangan malas berangkat ke sekolah Ya, harus bisa bertanggung jawab dengan kewajiban sebagai seorang pelajar, Masa kalah sama burung merpati yang setia.