10 Ciri-Ciri Jangkrik

10 Ciri-Ciri Jangkrik
Sebutkan ciri-ciri jangkrik? Hewan jangkrik atau cengkerik termasuk golongan serangga yang masih bersaudara dekat dengan belalang. Jangkrik termasuk binatang omnivora (pemakan segala) hewan serangga ini memiliki kumis, antena atau sungut yang cukup panjang serta jangkrik jantan dapat mengeluarkan suara yang cukup nyaring terdengar.

Apa fungsi suara jangkrik? Jangkrik mengeluarkan suaranya untuk tujuan menarik perhatian lawan jenisnya dan sebagai perlawanan terhadap jangkrik jantan lainnya, Jika jangkrik jantan merasa terdesak biasanya secara spontan akan mengeluarkan suaranya. krik-krik atau cek-cek.

Untuk mencari jangkrik di Indonesia sendiri tidaklah sulit, kita bisa mencari dan mendapatkan jangkrik di perkebunan, sawah, di bawah sela-sela batu besar atau di tempat yang basah dan lembab, biasanya jangkrik akan banyak keluar dari persembunyian nya setelah turun hujan.

Nah, itulah penjelasan singkat mengenai binatang jangkrik, sekarang kita bahas mengenai apa saja ciri-ciri khusus jangkrik, silahkan anda dapat menyimak selengkapnya di bawah ini.

Ciri-Ciri Jangkrik


Adapun mengenai cirinya adalah sebagai berikut.

1. Binatang jangkrik memiliki eksoskeleton (rangka kitin dan rangka luar)
2. Jangkrik memiliki sayap dengan dua pasang atau lapisan, sayap jangkrik terlihat seperti kertas dan mudah sobek.
3. Hewan jangkrik memiliki kumis di bagian depan kepalanya.
4. Jangkrik memiliki jenis mata majemuk, hampir mirip dengan jenis mata binatang serangga pada umumnya, Salah satunya adalah ada pada ciri-ciri capung.
5. Mereka dapat mengeluarkan suara yang khas. suara tersebut di hasilkan dari gesekan kedua sayap luarnya.
6. Memiliki kemampuan melompat yang sangat baik.
7. Jumlah kaki jangkrik keseluruhannya adalah enam kaki.
8. Makanan kesukaan jangkrik berupa rerumputan kecil, dedaunan, buah dan daun pepaya, daun pisang, Jenis makanannya tidak jauh berbeda dengan makanan hewan serangga pada umumnya.
9. Jangkrik berkembang biak dengan cara bertelur atau ovipar.
10. Apa perbedaan jangkrik jantan dan betina? Untuk membedakan jangkrik jantan dan betina, cukuplah mudah, jangkrik jantan tidak memiliki jarum di bagian belakang tubuhnya, sedangkan untuk jangkrik betina memiliki jarum di bagian belakang tubuhnya, serta bagian sayap luarnya lebih halus di bandingkan dengan sayap luar jangkrik jantan yang cukup kasar.

Hal menarik tentang Jangkrik

1. Jangkrik termasuk binatang berdarah dingin, Sehingga ia mampu merasakan kondisi suhu di sekitarnya.

Keadaan suhu lingkungannya itu dapat membedakan suara jangkrik, Jika suaranya sangat keras dan juga tempo nya cepat, Itu berarti jangkrik sedang dalam keadaan hangat.

Berbeda jika suara yang di hasilkan itu pelan, Maka jangkrik sedang berada di lingkungan yang dingin.

2. Menurut beberapa penelitian pakar gizi yang ada, Daging jangkrik memiliki kandungan protein yang tidak kalah dengan daging sapi,  udang atau ayam.

Bahkan daging jangkrik memiliki fungsi untuk mencegah terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah, Hal tersebut karena jangkrik terdapat antioksidan yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh manusia.

3. Habitat jangkrik adalah di tempat yang terbilang cukup tersembunyi dan minim akan cahaya (Gelap), Diantaranya adalah di kebun, bawah batu, sawah, dan tempat lainnya.

Itulah beberapa penjelasan mengenai apa saja ciri-ciri jangkrik, semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kita semua,
Lebih baru Lebih lama