14 Ciri-Ciri Tikus


Ada yang sudah tahu mengenai apa saja ciri-ciri tikus? Kalau belum mengetahuinya secara jelas, maka kebetulan sekali Admin ingin sedikit mengulas mengenai apa saja ciri khusus dari binatang tikus itu sendiri.

Kita pasti sudah tahu bahwa tikus adalah salah satu hewan yang sering di jumpai oleh manusia, baik itu di kota atau pun di desa pastilah ada tikus yang suka berkeliaran dan bahkan suka membuat sarangnya di rumah orang-orang atau warga.

Tikus termasuk binatang hama yang cukup mengganggu apalagi terhadap para petani pasti akan di buat kesal olehnya, tikus suka merusak tanaman di perkebunan atau sawah milik petani, Namun tikus juga sering di manfaatkan sebagai bahan percobaan oleh para ilmuan atau peneliti.

Sudah tahu alasan kenapa tikus sering di gunakan sebagai hewan percobaan penelitian?

Alasannya karena tikus memiliki jangka waktu hidup yang cukup pendek, harga tikus relatif murah (bahkan gratis), Tikus hewan yang mudah di temukan dan tidak tergolong hewan yang terancam langka (kepunahan), Ukuran badan tikus kecil dan terkesan jinak (memudahkan para peneliti), dan tikus dari biologi, karakteristik genetik, dan juga perilaku hampir mirip dengan manusia.

Ada beberapa jenis tikus di dunia ini dan yang paling terkenal adalah tikus dengan jenis mencit (Mus spp) atau tikus got (Rattus novegicus) dan untuk ukurannya sendiri bervariasi ada yang kecil dan ada juga yang besar.

Ciri-Ciri Tikus


Nah, berikut ini adalah beberapa ciri-ciri khusus tikus, silakan di simak saja penjelasan selengkapnya di bawah ini.

1. Tikus adalah salah satu hewan mamalia, silakan lihat artikel yang mengulas mengenai ciri-ciri hewan mamalia.
2. Binatang tikus adalah hewan omnivora yang dimana hewan ini dapat memakan apa saja, baik itu sayuran, hewan serangga, atau bahkan kain baju kita juga mampu di buat bolong olehnya.
3. Hewan tikus berkembang biak dengan cara melahirkan dan juga menyusui anaknya. anak tikus menurut bahasa daerah Admin di sebut dengan sebutan cindil, Kalau di daerah kalian anak tikus di sebut apa?
4. Tikus mampu melahirkan anaknya hingga 5 atau lebih ekor tikus dan induk atau ibu tikus cukup bertanggung jawab atas anak-anaknya dan membesarkan anaknya hingga menjadi tumbuh besar.
5. Tikus memiliki warna yang bermacam-macam ada warna putih, kecokelatan, hitam, di sesuaikan dengan jenisnya masing-masing
6. Memiliki kaki dengan jumlah empat, dan kaki bagian depan sering di gunakan tikus untuk memegang makanannya.
7. Tikus sering di sebut dengan julukan hewan pengerat atau rodentia, tikus merupakan salah satu hewan yang suka merugikan manusia karena suka merusak atau mengerat benda-benda yang ada di rumah.
8. Tikus memiliki kedua mata yang di gunakan nya untuk melihat.
9. Memiliki hidung yang imut atau kecil dan suka mengendus objek tertentu atau area sekitarnya.
10. Tikus memiliki ekor yang bersisik dan juga ada yang berbulu
11. Memiliki daun telinga yang ukurannya cukup lebar..
12. Tikus menyukai tempat yang gelap, kotor, contohnya di got, loteng atau atas genting.
13. Suka membuat sarang di tempat yang menurutnya aman dari hewan pemangsa.
14. Memiliki gigi yang bentuknya hampir mirip dengan gigi Kelinci, tikus suka menggigit dan merusak perabotan rumah dan bahkan kabel pun suka di gigit olehnya.

Itulah beberapa pembahasa yang telah di ulas oleh Admin mengenai apa saja ciri-ciri tikus, sebagai bonus penjelasan di atas admin ingin berbagi tips pada teman-teman semua mengenai cara mengusir tikus dengan cara efektif, silahkan di simak saja di bawah ini.

Cara Ampuh Mengusir Tikus Secara Alami Di Rumah, Perkebunan atau Di Sawah

1. Memelihara hewan pemburu seperti kucing atau untuk para petani bisa memelihara binatang burung hantu, karena cukup efektif untuk membasmi hama tikus, silakan baca artikel mengenai ciri-ciri burung hantu.

2. Menggunakan bantuan racun tikus, lem tikus atau jebak kan tikus, cara tersebut memang terbilang kuno, namun masih suka di gunakan oleh masyarakat pada umumnya sebagai alat bantu untuk mengatasi tikus yang mengganggu dan juga menyebalkan.

3. Menggunakan alat ultrasonik, cara ini memang salah satu cara paling modern yang pernah ada, jadi fungsi alat ini adalah nantinya akan mengeluarkan gelombang suara ultrasonic yang cukup membuat tikus-tikus terkejut dan takut.

4. Menggunakan Kapur Barus (Kamper), Bagi kalian yang bajunya suka bolong-bolong karena ulah tikus, maka tidak ada salahnya untuk mencoba menaruh Kapur Barus (Kamper) atau pewangi ke lomari pakaian anda, gunanya untuk mencegah tikus-tikus menggerogoti kain baju kesayangan kita.

5. Meminta bantuan ahli pengusir tikus, Jika cara di atas dirasa kurang efektif maka salah satu jalan atau cara terakhir adalah dengan meminta bantuan orang lain yang mungkin mampu untuk mengatasi kejailan tikus-tikus yang ada.

Sekian artikel pada kesempatan kali ini mengenai ciri-ciri tikus, Jangan lewatkan untuk melihat apa saja ciri-ciri hamster, Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kita semua.