13 Ciri-Ciri Semut


Ciri-ciri semut - Ada gula ada semut, Pasti kita pernah mendengar peribahasa tersebut dan tentunya bukan hanya peribahasa saja melainkan pasti kita pernah melihat langsung bentuk dari binatang semut nya itu sendiri dan juga pasti kita pernah merasakan rasanya digigit semut itu seperti apa.

Semut sendiri memiliki tiga bagian tubuh, diantaranya adalah bagian kepala, Dada (mesosoma), dan perut (metasoma), semut tidak jauh berbeda dengan jenis hewan serangga lainnya.

Semut adalah salah satu jenis binatang serangga yang memiliki tubuh yang kecil dan juga suka hidup secara berkelompok atau berkoloni, salah satu kemampuan semut adalah dapat membuat sarang atau istana semut dengan cara bersama-sama, berkoloni atau secara bergotong royong.

Jika teman-teman ingin mengetahui bagaimana gambaran kehidupan dari hewan semut, teman-teman bisa melihat film animasi "ANTZ" dari film tersebut kita akan mengetahui sedikit gambaran mengenai kehidupan dari semut.

Nah, itulah penjelasan singkat mengenai binatang semut, sekarang kita masuk ke pembahasan utamanya mengenai apa saja ciri-ciri semut, silahkan di simak saja di bawah ini.

Ciri-ciri Khusus Semut


Adapun mengenai cirinya adalah sebagai berikut.

1. Semut suka hidup secara berkelompok, termasuk hewan serangga sosial dan memiliki koloni nya sendiri-sendiri, setiap koloni memiliki ratu atau ketua dan juga ribuan anggota.
2. Semut memiliki mata majemuk. (adalah mata yang memiliki ribuan reseptor warna individual)
3. Hewan semut memiliki tiga bagian tubuh utama yaitu bagian kepala, perut dan dada.
4. Semut memiliki antena yang berfungsi sebagai penunjuk arah, membau, menyentuh dan juga digunakan untuk merasakan pergerakan atau getaran di sekitar lingkungannya.
5. Semut tidak memiliki sistem peredaran darah tertutup.
6. Binatang semut tidak memiliki telinga.
7. Semut memiliki aorta punggung yang berfungsi sebagai mana mirip seperti fungsi pada jantung.
8. Terdapat tiga pasang kaki, jika di total kan maka kaki semut ada enam.
9. Kaki semut terdapat cakar dengan ukuran yang kecil.
10. Semut termasuk hewan serangga kecil yang super, alasannya karena semut mampu mengangkat beban dengan ukuran berat 20 kali berat badannya.
11. Salah satu kemampuan semut adalah dapat mengeluarkan bau khusus yang fungsinya sebagai tanda bahaya.
12. Penglihatan semut sangat buruk.
13. Memiliki sepasang rahang dengan bentuk yang cukup runcing, fungsinya untuk membawa makanan, membangun sarang, dan juga untuk pertahanan.

Itulah beberapa penjelasan singkat mengenai ciri-ciri khusus dari semut beserta dengan beberapa fungsinya, semoga dapat bermanfaat untuk kita semua.

Mau tahu apa saja ciri-ciri khusus dari binatang harimau, silakan kamu bisa membacanya di link berikut ini, ciri-ciri harimau. Semoga informasi ini bisa menambah pengetahuan dan wawasan untuk kita semua.