Ciri-Ciri Harimau

Ciri-Ciri Harimau
Ciri-Ciri Harimau - Indonesia memiliki beberapa jenis spesies harimau yaitu jenis harimau jawa, jenis harimau bali dan jenis harimau sumatra, dari ketiga jenis harimau asli indonesia tersebut hanya satu yang masih bisa kita jumpai dengan mudah di kebun binatang yaitu harimau sumatra.

Namun, sekarang ini harimau sumatra sedang terancam kepunahan, maka dari itu kita sebagai warga negara indonesia yang cinta akan jenis binatang asli indonesia, harus turut serta dan juga tetap terus berusaha menjaga keberadaan harimau sumatra agar terus lestari.

Binatang harimau termasuk jenis hewan mamalia dan juga pemakan daging (karnivora), Harimau merupakan salah satu jenis hewan pemburu atau pemangsa yang tangguh dan menduduki posisi atas di dalam rantai makanan.

Harimau sendiri adalah jenis kucing terbesar dari jenis kucing yang lainnya, harimau menggunakan segala keunggulan nya untuk menangkap buruan nya, beberapa kemampuan harimau dengan jenis hewan mamalia lainnya adalah dengan memiliki kecepatan berlari yang sangat cepat dan juga gesit.

Kecepatan berlari harimau mengalahkan kecepatan berlari dari hewan Singa, namun kecepatan berlari harimau di kalahkan dengan Citah yang menduduki posisi pertama dalam hal kecepatan berlari dan harimau menduduki peringkat ke dua.

Bukan hanya itu saja keunggulan yang di miliki oleh harimau, Ternyata hewan harimau juga salah satu binatang yang tidak terlalu takut dengan air dan tidak seperti jenis kucing yang lainnya dan bahkan harimau termasuk jenis kucing yang cukup handal dalam hal berenang di air.

Nah, itulah penjelasan singkat mengenai harimau, sekarang kita masuk ke pembahasan selanjutnya mengenai Apa saja ciri-ciri binatang harimau, silahkan di simak saja di bawah ini.

Ciri-Ciri Khusus Harimau


Adapun mengenai ciri-ciri khusus hewan harimau adalah sebagai berikut.

Termasuk Hewan Mamalia

Harimau termasuk hewan mamalia yang dimana berkembang biak dengan cara mengandung, melahirkan dan menyusui, Harimau betina dapat melahirkan anaknya sebanyak satu, dua atau lebih anak harimau.

Memiliki Sepasang Mata Dengan Kemampuan Penglihatan Yang Tajam

Salah satu keunggulan dari beberapa jenis hewan kucing yaitu ada pada penglihatan yang tajam dan harimau adalah salah satu jenis kucing besar yang memiliki kemampuan penglihatan yang sangat baik.

Corak Bulu Yang Khas

Harimau memiliki warna corak bulu dengan warna belang atau pun loreng hitam kuning keemasan. Keunikan corak bulu harimau tersebut terkadang di manfaatkan oleh manusia-manusia rakus yang tidak bertanggung jawab dengan memburu harimau secara membabi buta dan dampak dari pemburuan tersebut adalah, keberadaan harimau kian di ambang kepunahan.

Gigi Taring Yang Sangat Tajam

Harimau memiliki gigi taring yang besar di bandingkan dengan jenis kucing lainnya dan harimau memiliki gigi sebanyak kurang lebih tiga puluh.

Sepasang Kaki Depan Dan Belakang

Harimau mempunyai sepasang kaki depan dan juga kaki belakang, ukuran kaki depan harimau lebih pendek di bandingkan dengan kaki belakangnya dan kaki depan harimau lebih kuat atau pun bertenaga di bandingkan dengan kaki belakangnya.

Kaki Harimau Kuat dan Cukup Berotot

Hal tersebut yang membuat harimau memiliki kecepatan berlari yang tinggi dan mampu melumpuhkan mangsanya dengan tepat, cepat dan secara tiba-tiba.

Bukan hanya itu saja, harimau juga memiliki bantalan kaki yang cukup lebar atau besar dan hal tersebut berfungsi untuk meminimalkan suara pada saat harimau berjalan dan mengendap-endap melihat mangsanya.

Kuku Atau Cakar Yang Tajam

Bukan hanya taringnya saja yang tajam, Namun cakar nya juga sangat tajam dan mampu merobek dengan mudah hewan buruan nya.

Kumis Yang Panjang

Sama seperti jenis kucing pada umumnya, baik jenis kucing besar mau pun jenis kucing kecil yaitu memiliki kumis di bagian atas bibirnya atau di setiap sisi pipinya. Kumis tersebut cukup sensitif dan dapat berfungsi untuk menangkap sinyal atau mengetahui keadaan di sekitarnya.

Harimau Banyak Di Temukan Di Hutan (Habitatnya)

Tempat tinggal harimau adalah di hutan, Namun terkadang harimau sering masuk ke desa atau ke perkampungan warga, Kejadian tersebut terkadang di akibatkan karena ulah manusianya itu sendiri yang merusak habitat harimau di hutan atau pun rimba.

Ekor Yang Panjang

Harimau memiliki ekor dengan ukuran yang panjang, kurang lebih 1 meter, Salah satu fungsi dari ekor harimau adalah sebagai alat komunikasi antara sesamanya dan sebagai penyeimbang pada saat harimau berjalan atau pun berlari dengan cepat.

Dapat Meraung

Harimau meraung dengan suara yang cukup keras dan bahkan dapat terdengar sampai jarak 2 - 3 km. Fungsi raungan harimau tersebut adalah sebagai alat komunikasi dan sebagai pemikat lawan jenisnya.

Sekian penjelasan singkat mengenai, ciri-ciri binatang harimau. semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kita semua.
Lebih baru Lebih lama