15 Ciri-Ciri Nyamuk


Apakah kalian sudah tahu mengenai apa saja ciri-ciri nyamuk? Jika belum mengetahuinya secara jelas, Maka pada kesempatan kali ini penulis ingin sedikit berbagi informasi pada kalian semua mengenai ciri-ciri khas nyamuk.

Pastilah kita sudah tidak asing lagi dengan yang namanya nyamuk, Setiap hari pasti kita berjumpa dan bahkan sesekali menepuk jenis hewan serangga ini, Serangga yang selalu membuat gatal dan bentol ini selalu mengganggu pada saat kita tidur, Binatang nyamuk sendiri menjadi salah satu hewan yang cukup berbahaya dan mengancam kesehatan manusia.

Salah satu jenis nyamuk yang dapat membuat manusia bisa sakit adalah jenis nyamuk demam berdarah (DBD) atau Aedes aegypti betina, Intinya kita harus berhati-hati dan selalu menjaga kebersihan lingkungan kita agar terhindar dari ancaman wabah penyakit demam berdarah.

Nah, berikut ini adalah ciri-ciri nyamuk yang biasa kita temui sehari-hari, Silakan anda dapat menyimak nya di bawah ini.

Ciri-Ciri Khusus Nyamuk


Adapun mengenai cirinya adalah sebagai berikut.

1. Nyamuk termasuk hewan serangga yang tergolong dalam order Diptera.
2. Binatang nyamuk memiliki tiga bagian tubuh diantaranya adalah kepala, dada dan juga perut.
3. Nyamuk memiliki sepasang mata majemuk tepatnya di bagian kepala.
4. Pada bagian kepala nyamuk mempunyai sepasang palpus, antena dan juga sebuah belalai atau probosis (mulut penghisap)
5. Ukuran probosis (mulut penghisap) betina lebih panjang dari pada jantan, Gunanya untuk dapat menembus kulit hewan mamalia atau kulit manusia.
6. Nyamuk memiliki kedua sayap yang bersisik dan juga transparan.
7. Memiliki tubuh yang kecil dan juga langsing.
8. Jumlah kaki nyamuk sebanyak enam kaki dengan ukuran yang panjang.
9. Larva nyamuk bersifat akuatik.
10. Nyamuk mengalami metamorfosis yang sempurna (4 siklus hidup) dari telur, larva, pupa dan kemudian dewasa.
11. Nyamuk dewasa bernafas melalui trakea, Sedangkan untuk jentik nyamuk nya sendiri bernafas dengan saluran udara yang ada pada ujung ekornya.
12. Nyamuk makan apa? Makanan nyamuk adalah cairan nektar bunga. Nyamuk yang menyedot atau yang menghisap darah adalah nyamuk jenis betina dan itu di maksudkan untuk kepentingan telurnya.
13. Mereka suka tempat yang gelap.
14. Termasuk hewan berdarah dingin.
15. Cara mereka berkembang biak adalah dengan cara bertelur.

Nah, itulah beberapa ciri-ciri khusus dari nyamuk, mungkin ada yang penasaran mengenai apa saja ciri-ciri dari nyamuk demam berdarah, Jika ada yang ingin tahu mengenai apa saja ciri-ciri nyamuk jenis tersebut, maka silakan di lihat penjelasannya di bawah ini.

Ciri-Ciri Nyamuk Demam Berdarah

Kenapa nyamuk dapat mengakibatkan demam berdarah pada manusia, Alasannya karena nyamuk (Betina) menggigit dan menular kan virus dengue kedalam kulit manusia. Maka dari itu ayo kita kenali apa saja ciri-ciri nyamuk yang berbahaya tersebut, sehingga nantinya kita dapat mencegah ancaman dari nyamuk tersebut.

1. Nyamuk jenis DBD memerlukan asupan darah yang akan di manfaatkan bagi telur-telur nya dan pada saat pagi dan sore hari adalah waktu nyamuk tersebut untuk beraksi.

2. Untuk ciri tubuhnya sendiri, nyamuk ini memiliki warna hitam dan di tambah pada bagian tubuhnya terdapat warna belang-belang atau bintik putih.

3. Nyamuk jenis ini memiliki kemampuan terbang yang cukup jauh, yakni hingga seratus meter, dari tempat jentik tersebut menetas.

4. Durasi hidup nyamuk selama dua hingga tiga bulan atau kurang dari itu, (tergantung nyamuk tersebut di tepak raket listrik nyamuk atau tidak)

5. Uniknya adalah jenis nyamuk ini suka dengan air jernih dan bukan air keruh seperti halnya jenis nyamuk pada umumnya.

Itulah beberapa ciri-ciri dari nyamuk demam berdarah yang harus kita waspada dan wajib kita cegah perkembangbiakan nya.

Cara Mencegah Nyamuk Demam Berdarah

1. Rutin untuk menguras bak mandi dan tidak lupa juga untuk membuang genangan air yang dirasa tidak di gunakan.

2. Jangan lupa untuk menutup tempat penampungan air di rumah anda, seperti toren air, kendi dan lain-lainnya.

3. Rajin membersihkan tempat-tempat yang di rasa kotor dan berpotensi menjadi sarang nyamuk.

Bagaimana Cara Mengatasi, Mengusir dan Mencegah Gigitan Nyamuk Demam Berdarah Secara Alami

1. Manfaatkan tanaman alami di sekitar kita, seperti kulit jeruk, serai, minyak lavender, dan masih banyak lagi, cara penggunaannya sendiri cukuplah mudah.

Silakan anda bisa olah tanaman alami tersebut dan tambahan air secukupnya sehingga nantinya menjadi cairan dan kemudian semprot kan ke area yang terdapat banyak nyamuk nya.

2. Jika hendak tidur ada baiknya menggunakan kelambu, jadi nyamuk tersebut sulit untuk dapat masuk dan mendekati kita, tidur pun menjadi nyenyak.

3. Memelihara beberapa ikan cupang atau ikan yang suka dengan jentik nyamuk, Gunanya sebagai pembasmi alami jentik-jentik nyamuk yang ada.

4. Jangan suka menggantung pakaian sembarangan, apalagi di tempat tidur, kalau mau coba silakan Anda goyang kan pakaian yang menggantung tersebut dan lihatlah nyamuk-nyamuk tersebut banyak terbang, usahakan simpan pakaian di tempat lemari atau di tempat khusus pakaian yang ada.

5. Cara paling mudah dan sederhana adalah dengan datang ke pak RT/RW, dan ajukan kegiatan gotong royong (kerja bakti atau bersih-bersih) dan tidak lupa juga untuk dilakukannya pengasapan atau pembasmian nyamuk DBD oleh para petugas yang memang ahli dalam mengatasi hal tersebut.

Itulah penjelasan sederhana dari kami mengenai apa saja ciri-ciri nyamuk dan tips bagaimana terhindar dari gigitan nyamuk demam berdarah, semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kita semua.