Ciri-Ciri Ikan Kekurangan Oksigen


Apa saja ciri-ciri ikan yang kekurangan oksigen? Terdapat beberapa tanda-tanda ikan kekurangan oksigen yang dapat kita ketahui, Namun sebelum membahas lebih lanjut maka ada baiknya kita mengetahui dulu beberapa penyebab kenapa ikan kekurangan oksigen, Diantaranya adalah tempat ikan (akuarium) airnya tidak mencukupi, airnya kotor dan keruh dan jumlah ikan melebihi kapasitas akuarium tersebut.

Bagi kita yang suka memelihara ikan hias, tentu wajib mengetahui semua gejala pada ikan peliharaan kita, karena jika kita membiarkan ikan tersebut kekurangan atau bahkan kehabisan oksigen maka dampak terburuk yang akan kita temukan adalah ikan tersebut akan mati, Untuk memelihara ikan tentu bukan hanya makanannya saja yang perlu kita sediakan, melainkan fasilitas lain yang mendukung keberlangsungan hidup ikan tersebut.

Ciri-ciri ikan sehat dapat kita lihat dari segi pergerakan nya yang terlihat gesit atau aktif, warna kulit ikan tersebut terlihat cerah dan tidak pucat, tidak mengeluarkan banyak lendir, nafsu makan yang tinggi, bola mata terlihat bening, tidak kesulitan bernafas, serta sisik pada ikan tersebut terlihat bersih, tidak terkelupas dan juga sehat.

Ciri-Ciri Ikan Kekurangan Oksigen


Adapun mengenai ciri-ciri ikan yang kekurangan oksigen adalah sebagai berikut.

Megap-Megap

Ikan yang kekurangan oksigen pasti akan menunjukan tingkah megap-megap, Ikan akan secara bersama-sama mengambil oksigen eksklusif dari udara, dan inilah salah satu alasan kenapa ikan naik ke permukaan air, dengan cara tersebut tentu akan mempertahankan keberlangsungan hidup ikan tersebut, Namun jika di biarkan seperti itu terus, tentu nantinya akan merusak insang ikan tersebut.

Bertingkah Aneh

Ikan akan menunjukan perilaku aneh dari biasanya, ikan akan sering menggosok-gosokan tubuhnya ke bagian samping atau bawah kolam atau akuarium, Penyebab utama kenapa ikan melakukan itu adalah karena pada bagian tubuhnya terdapat jamur yang mungkin membuat ikan tersebut terganggu dan tidak nyaman. Jika terlalu sering ikan menunjukan gejala tersebut, Maka itu menandakan ikan tersebut akan kekurangan oksigen.

Mati Secara Tiba-Tiba

Sudah di pastikan jika Anda menemukan ikan di dalam akuarium yang mati mendadak, itu menandakan bahwa kualitas air di dalam akuarium tersebut sangatlah buruk dan perlu penanganan khusus, salah satunya adalah menguras atau mengganti dengan air yang baru, Kualitas air yang tidak baik dapat mengurangi oksigen di dalam air, Maka jika Anda menemukan 1 ikan yang mati di dalam akuarium secara mendadak, Maka harus di tangani dengan cepat sehingga ikan-ikan yang lainnya dapat tertolong dari ancaman kematian.

Tips Agar Ikan Tidak Kekurangan Oksigen Di Dalam Akuarium Atau Kolam

1. Selalu cek kebersihan air, jika sudah terlihat kotor, Maka segeralah mengganti air tersebut dengan yang baru dan bersih.
2. Gunakan alat oksigen buatan, contohnya Aerator yang berfungsi sebagai mesin penghasil gelembung udara.
3. Jika tidak ingin menggunakan mesin, Maka anda dapat mengganti peliharaan ikan Anda dengan jenis ikan yang kuat dalam kondisi apapun.

Nah, itulah penjelasan singkat mengenai apa saja ciri-ciri ikan yang kekurangan oksigen, semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kita semua.