11 Ciri-Ciri Anoa


Anoa adalah termasuk hewan mamalia dengan tubuh yang cukup besar dan termasuk satwa asli dari indonesia atau tepatnya jenis binatang endemik dari daratan pulau sulawesi dan boton. Hewan ini juga namanya dijadikan sebagai alat kendaraan militer lapis baja (Panser Anoa) buatan dalam negeri dan hal tersebut menjadi kebanggaan tersendiri bagi kita semua.

Sekilas jika dilihat dari bentuknya, satwa ini mirip dengan Kerbau atau pun Hewan Rusa dan salah satu daya tarik binatang tersebut adalah ada pada tanduknya, namun sayang keunikan nya terkadang menjadi salah satu penyebab kenapa anoa diburu.

Jumlah populasi nya sendiri dapat dikatakan tidaklah terlalu banyak dan bahkan dianggap sebagai salah satu hewan yang terancam punah oleh IUCN dan US Federal List. Maka dari itu, kita sebagai masyarakat indonesia harus turut serta untuk menjaga pelestarian hewan langka termasuk anoa itu sendiri, tujuan adalah agar mereka bisa terhindar dari ancaman kepunahan.

Anoa di indonesia sendiri memiliki dua macam jenis. Pertama Anoa Dataran Rendah (Bubalus sp.) dan yang Kedua adalah Anoa Pegunungan (Bubalus quarlesi) Mereka berdua memiliki sedikit perbedaan baik dari bentuk dan juga habitatnya.

Misalnya, Jenis dataran rendah memiliki ukuran badan, ekor yang lebih kecil dan untuk bentuk tanduknya melingkar. Sedangkan untuk jenis pegunungan mereka cenderung berbadan besar, memiliki ekor panjang, biasanya kakinya bercorak putih dan tanduknya berbentuk segitiga. Keduanya dapat dengan mudah beradaptasi di daerah tropis atau wilayah hutan pegunungan.

Ciri-Ciri Khusus Anoa


Adapun mengenai ciri-ciri anoa adalah sebagai berikut, Silakan disimak pembahasan selengkapnya di bawah ini.

Anoa Termasuk Hewan Mamalia

Anoa adalah binatang mamalia dengan ukuran tubuh yang cukup besar, gempal dan mereka termasuk hewan fauna peralihan dan telah tersebar ke banyak wilayah di pulau sulawesi.

Baca juga: Ciri-Ciri Fauna Jenis Australis, Asiatis dan Peralihan

Klasifikasi Ilmiah

Kelas: Mamalia, Kerajaan: Animalia, Ordo: Artiodactyla, Filum: Chordata, Famili: Bovidae, Upafamili: Bovinae, Spesies: B. quarlesi, B. depressicornis, Genus: Bubalus

Memiliki Tanduk

Ciri paling kentara pada hewan ini adalah ada pada tanduknya. Ia memiliki bentuk tanduk meruncing lurus ke belakang atau membentuk segitiga dan biasanya jika ia sedang terjepit dan dalam keadaan bahaya, mereka akan menggunakan tanduknya untuk mempertahankan diri.

Warna Kulit dan Bulu

Kulitnya di dominasi oleh warna kelabu hitam dan juga pada bagian badannya ditumbuhi oleh bulu halus yang berwarna cokelat gelap.

Bentuk Atau Karakteristik

Sekilas mereka memiliki wajah seperti Kambing dan ada juga yang mengatakan mirip dengan Rusa. Namun sebenarnya anoa ini memiliki kekerabatan dekat dengan Kerbau air. Mereka juga memiliki berat badan yang cukup berbobot yaitu seratus lima puluh hingga tiga ratus kilo gram.

Berkembang Biak Dengan Cara (Vivipar)

Mereka biasanya melahirkan satu keturunan dalam setahun dan setelah lahir induknya akan menyusui, merawat dan menjaga anaknya sampai tumbuh besar.

Makanan Anoa (Herbivora)

Cukup beruntung lah binatang anoa hidup di negeri kita ini yang subur akan tanahnya, Tanaman apapun pasti banyak tumbuh dan melimpah disini.

Mereka suka memakan tumbuh-tumbuhan atau tanaman. Contohnya, Rerumputan, Buah-buahan, Pakis, Palm dan Berbagai macam tumbuh-tumbuhan lainnya yang ada di sekitar habitatnya.

Habitat Anoa

Ia memiliki dua jenis yaitu anoa dataran rendah dan pegunungan. Keduanya memiliki habitat yang berbeda. Namun yang paling jelas adalah mereka adalah hewan endemik pulau sulawesi dan paling banyak di temukan di wilayah tersebut.

Ia suka dengan kawasan sabana dan rawa-rawa atau beriklim tropis yang di mana sumber makanannya cukup berlimpah dan juga banyak.

Predator

Tidak di pungkiri bahwa salah satu akibat kenapa jenis satwa ini semakin berkurang populasi dan keberadaannya adalah karena ulah predator itu sendiri.

Termasuk di dalamnya adalah manusia, Cukup mendominasi atau bisa dikatakan sebagai predator utama terhadap binatang tersebut. Mereka (manusia) berburu satwa tersebut untuk di manfaatkan tanduk, daging dan juga kulitnya.

Termasuk Hewan (Semi Soliter Atau Menyendiri)

Ia lebih suka hidup secara menyendiri apa lagi si jantan, Namun pada waktu tertentu mereka akan berkelompok atau berkoloni, Terutama pada saat betina hendak ingin melahirkan anaknya dan mereka akan bersama-sama membentuk suatu kawanan untuk pertahanan diri.

Suka Berendam Di Kubangan Air Atau Lumpur

Mirip dengan apa yang dilakukan oleh Kerbau atau pun Kuda nil, Mereka senang berendam di kubangan air, sungai atau lumpur.

Hal tersebut dilakukannya untuk menghindari dari sengatan panas cahaya matahari langsung atau hendak mendinginkan suhu permukaan kulit pada tubuhnya.

Itulah beberapa penjelasan singkat mengenai apa saja ciri-ciri anoa, Semoga dapat bermanfaat untuk kita semua.