13 Ciri-Ciri Iguana dan Habitatnya


Selasa, 13 Februari 2018

13 Ciri-Ciri Iguana dan Habitatnya

Ciri-ciri iguana - Adalah salah satu dari sekian banyak hewan jenis reptil di muka bumi ini atau binatang sejenis kadal yang memiliki bentuk yang khas dan berbeda dengan bentuk kadal yang biasa kita lihat di indonesia, Iguana memang endemik asli amerika latin dan dapat hidup di daerah tropis, seperti karibia, amerika tengan dan amerika selatan.

Keberadaan iguana di indonesia tidaklah terlalu banyak, Namun kita masih dapat menemukan dan melihat hewan tersebut secara langsung. Iguana sekilas mirip dengan Bunglon, Namun kedua hewan tersebut memiliki perbedaan yang mencolok. Nanti pada bagian pembahasan akhir artikel ini akan kami jelaskan juga, mengenai apa saja perbedaan Bunglon dan Iguana.

Tahu kan anda bahwa iguana ini memiliki tubuh yang cukup besar, bahkan bisa mencapai 100 sentimeter lebih panjang tubuhnya atau mungkin saja terdapat Iguana Terbesar di Dunia (Raksasa) dengan ukuran yang panjang dan tubuhnya besar berbobot.

Iguana terlihat sangar, Namun sejatinya hewan ini dapat dijinakkan dan menjadi salah satu sahabat manusia (hewan peliharaan), Maka tidak heran jika banyak sekali komunitas-komunitas pencinta iguana di indonesia.

Untuk harganya saja tidak main-main loh, bisa mencapai jutaan rupiah, bagi seorang pencinta hewan reptil khususnya iguana, harga sampai jutaan pun tentunya tidak akan menjadi masalah, Namanya juga hobi.

Ciri-Ciri Khusus Iguana dan Habitatnya


Adapun mengenai ciri-ciri iguana adalah sebagai berikut.

1. Iguana Termasuk Golongan Hewan Reptil

Reptil adalah jenis hewan vertebrata yang memiliki sisik pada tubuhnya dan berdarah dingin. Kadal, Bunglon, Ular termasuk juga kedalam hewan reptil.

2. Mengenai Tubuh Iguana

Kedua spesies seperti Iguana hijau dan  Iguana antilles kecil. memiliki lipatan kulit yang mengeras pada tubuhnya dan terlihat jelas pada bagian rahang.

3. Mata Iguana

Iguana Memiliki 3 Mata, Salah Satunya Terletak Pada Bagian Atas Kepala. Sama seperti Komodo yang pernah admin jelaskan juga mengenai mata ke tiga dari hewan tersebut.

Mata tersebut dikenal sebagai mata parietal, yang mirip seperti tonggak di atas kepalanya. Fungsi mata ketiga tersebut adalah sebagai sensor cahaya terang dan gelap, dan fungsi utamanya adalah untuk mendeteksi hewan predator yang akan mendekat.

Iguana memiliki indra penglihatan yang baik dan mampu melihat dengan jarak yang jauh contohnya seperti bentuk, warna,  bayangan,  dan pergerakan hewan di sekitarnya. Serta untuk menemukan dan mendapatkan makanan yang ada di hutan lebat.

4. Leher Iguana

Pada bagian leher iguana terdapat sisik-sisik kecil yang mirip dengan paku panjang (disebut tuberculate scale) dan juga iguana memiliki sisik besar bundar yang berada tepat pada bagian pipinya (selubung subtimpani).

Pada bagian lehernya juga iguana memiliki gelambir, biasanya gelambir tersebut akan diperpanjang ukurannya ketika iguana merasa terancam dan ingin membuat dirinya terlihat jauh lebih besar dan menakutkan untuk lawan.

5. Punggung Iguana Berduri

Pada bagian punggung, Iguana memiliki  duri punggung (sisik tuberculate) yang menyerupai seperti paku panjang. Fungsi duri pada punggungnya adalah untuk membantunya terlihat sangar, besar  dan untuk mengecoh dan menakuti musuh.

6. Bagian Mulut

Memiliki mulut yang cukup lebar dan fungsi mulutnya secara umum adalah untuk memasukkan makanan ke dalam tubuh.

7. Ekor Iguana

Iguana memiliki ukuran ekor yang panjang dan berfungsi sebagai alat keseimbangan tubuhnya, agar tidak mudah jatuh pada saat iguana sedang berada di atas ranting pohon.

Pada bagian ujung ekornya menyerupai cambuk dan berfungsi untuk mempertahankan diri dengan cara mengibas-ngibaskannya.

8. Kaki Iguana

Iguana memiliki 4 kaki dan dilengkapi dengan jari, pada setiap kakinya iguana memiliki lima jari yang fungsinya untuk berjalan, berpegang atau mencengkeram.

9. Warna Tubuh Iguana

Iguana memiliki varian warna corak tubuh yang indah dan bermacam-macam ada kuning, merah, hitam kecokelatan, biru dan juga hijau.

Umumnya orang banyak menyukai iguana berwarna hijau untuk dipelihara dan warna hijau tersebut biasanya berfungsi untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitarnya.

10. Makanan Iguana (Herbivora)

Iguana termasuk hewan pemakan tumbuhan, seperti sayur-sayuran atau buah-buahan. Untuk kalian yang ingin memelihara iguana, Jangan salah dalam memilih jenis makanan iguana dan jangan karena kita lihat iguana terlihat sangar lantas kita memberikannya daging.

Tentu hal tersebut tidak akan disukainya, karena iguana bukan hewan karnivora, Kita bisa memberikannya makanan seperti Kacang hijau, Lobak hijau, Pisang, Labu, Wortel, Lobak hijau, Ketela, Blackberry, Selada dan lain-lainnya

11. Iguana Berkembang Biak Dengan Cara (Ovipar)

Sama seperti hewan jenis reptil pada umumnya, Yaitu berkembang biak dengan cara bertelut atau ovipar.

12. Habitat Iguana

Seperti yang telah dijelaskan pada awal-awal, Iguana termasuk endemik asli amerika latin (tengah dan Selatan) dan disanalah iguana dapat di temukan dalam jumlah lebih banyak dari pada di indonesia. Iguana suka hidup di alam liar (daerah tropis) dan suka naik ke atas pohon.

Adapun jenis iguana yang habitatnya berbeda dari pada umumnya. Yaitu Iguana laut. Habitatnya di pantai berbatu dan iguana tersebut mencari makannya di laut.

13. Beberapa Jenis Iguana 

Inilah beberapa jenis iguana yang mungkin masih dapat kita temukan di indonesia.

Jenis Green Iguana (Iguana Hijau), Iguana Blue Diamon, Red Iguana (Iguana Merah), Blue Iguana, Iguana Chalarodon (Madagaskar), Iguana Batu/Badak (Cyclura), Iguana Lemanctus, Iguana Gurun (Dipsosaurus), Iguana Ctenosaura (Iguana Ekor Berduri), Iguana laut (Amblyrhynchus cristatus)

Perbedaan Bunglon dan Iguana

Walaupun banyak diantara kita menganggap Iguana dan Bunglon itu sama, dan tidak berbeda. Namun pada kenyataannya kedua jenis reptil tersebut memiliki perbedaan yang cukup mencolok.

Apa saja perbedaannya? Silakan sahabat bisa melihatnya di bawah ini.

1. Bagian Hidung

Hidung Iguana yang masih muda terlihat lebih tumpul dan hidung bunglon lebih terlihat runcing atau lancip.

2. Ukuran Tubuh

Pada umumnya bunglon memiliki ukuran tubuh kurang lebih 5 sentimeter dan untuk ukuran panjang iguana jauh melebihi bunglon yaitu berkisar satu hingga dua meter.

3. Bagian Kepala

Ukuran kepala Iguana lebih besar dari pada ukuran kepala bunglon.

4. Gelambir

Keduanya memiliki gelambir pada bagian lehernya, Namun ukuran dari kulit tak bertulang (gelambir) tersebut berbeda. Ukuran gelambir iguana lebih besar jika di bandingkan dengan bunglon.

5. Bagian Duri Tubuh

Keduanya memiliki duri pada tubuhnya. Namun yang membedakannya adalah ada pada posisi duri tersebut. Duri yang ada pada iguana hampir ada di sepanjang bagian tubuh bagian belakang. dari kepala hingga ke punggung bagian bawah.

Untuk duri pada bunglon sendiri hanya ada pada bagian belakang kepala sampai leher saja.

6. Habitat dan Jenis Makanan

Habitat Iguana di daerah tropis dan makanannya adalah sayur dan juga buah, Sedangkan untuk bunglon habitatnya di pekarangan, kebun, hutan atau pada umumnya bunglon banyak menghabiskan waktunya di pohon (hewan arboreal), Untuk makanannya sendiri bunglon lebih suka memakan hewan serangga.

7. Berubah Warna Kulit

Bunglon memiliki kemampuan untuk merubah warna kulitnya (Mimikari) Sedangkan untuk Iguana tidak dapat merubah warna kulitnya sendiri.

Itulah pembahasan mengenai apa saja ciri-ciri Iguana, Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kita semua.