10 Ciri-Ciri Bunglon

10 Ciri-Ciri Bunglon




Ciri-ciri bunglon - Binatang bunglon (Chameleon) Adalah salah satu jenis hewan reptil dan bentuknya sekilas mirip dengan Iguana yang masih satu golongan dengan spesies dari kelas reptil lainnya seperti, Cicak, Tokek, Komodo, dan tentunya Bunglon itu sendiri.




Hewan ini cukup dikenal oleh banyak orang baik di indonesia maupun di dunia, alasannya karena mereka cukup unik dan mampu mengubah warna tubuhnya, Mungkin sahabat bertanya kenapa bunglon mampu merubah warna kulitnya dan apa sebabnya?

Alasannya karena pada bagian bawah kulit terluar hewan bunglon memiliki nonokristal spesial yang di mana dapat memantulkan cahaya. perubahan ruang antara kristal juga mengubah cahaya apa yang dipantulkan ke mata kita.


Perubahan warna kulit pada bunglon disebut Mimikri, Fungsinya untuk mengelabui pemangsa atau predator.


Hal tersebut telah diteliti dan dipublikasikan oleh jurnal Nature Communication dan alasan kenapa bunglon merubah warna (Mimikri) memang terdapat beberapa sebab dan salah satunya adalah untuk menghindar dari hewan pemangsa.

Ciri-Ciri Khusus Bunglon


Adapun mengenai ciri khusus hewan bunglon adalah sebagai berikut.


  • 1. Dapat Melakukan Aktivitas Mimikri (Mengubah Warna Tubuhnya)


Salah satu ciri khusus yang terkenal dari bunglon adalah mereka dapat merubah warna tubuhnya menyesuaikan dengan tempat berpijak atau lingkungannya.

Kok mimikri bukan kamuflase atau berkamuflase? Nah, mungkin masih banyak yang belum mengetahui mengenai apa perbedaan kamuflase dengan mimikri, berikut ini adalah penjelasannya.

Mimiri adalah suatu aktivitas yang di mana hewan dapat meniru atau (berubah warna dan corak kulitnya) dan mirip dengan tempat dimana mereka berpijak.

Sedangkan untuk kamuflase sendiri adalah aktivitas yang di mana hanya dapat menyesuaikan dengan warna tempatnya dan tidak bisa merubah warna pigmen kulitnya (warna kulitnya tetap dan tidak berubah)

Seperti tentara yang memakai baju loreng-loreng hijau, kemudian mereka mencari dan bersembunyi di rerumputan agar warna seragam mereka sama dan bisa tersamarkan dengan warna rumput tersebut, itu juga bisa dikatakan berkamuflase.

Atau untuk lebih mudahnya (Bunglon memiliki pertahanan diri yaitu (mimikri) dan dapat melakukan aktivitas kamuflase atau menyamar mirip dengan lingkungan sekitarnya)

Alasan kenapa bunglon merubah warnanya ternyata bukan hanya di gunakan untuk menghindari dari hewan musuhnya saja, melainkan ada sebab lain, contohnya adalah karena sedang marah, menarik perhatian lawan jenisnya atau disesuaikan dengan perasaannya.

Perasaan dan suhu udara lingkungannya dapat memengaruhi warna yang dipilih oleh bunglon itu sendiri.

  • 2. Memiliki Lidah Yang Sangat Panjang


Salah satu bagian tubuh bunglon yang unik lainnya adalah ada pada lidahnya. Lidah bunglon panjang dan tekstur nya sangat lengket dan mampu menangkap dan menjerat hewan mangsanya dengan cepat dan juga tepat sasaran.

  • 3. Memiliki Empat Kaki Dengan Lima Jari


Bunglon memiliki empat kaki dengan lima jari dan salah satu fungsi jarinya adalah untuk mencengkeram cabang pohon supaya tidak mudah jatuh ke bawah. Jari-jarinya juga dilengkapi dengan kuku atau cakar yang dapat memudahkan bunglon tersebut untuk dapat naik ke atas pohon.

  • 4. Bunglon Punya Kemampuan Penglihatan


Bunglon memiliki mata yang dapat berputar hingga 360 derajat dan mampu melihat ke penjuru arah dan kualitas penglihatan bunglon sangatlah baik.

  • 5. Ukuran Ekor Bunglon Panjang


Bunglon memiliki ekor yang cukup panjang dan dapat di lilit kan, fungsinya untuk membantu memanjat, bergantung di cabang kayu serta dapat menjaga keseimbangan tubuhnya.

  • 6. Telinga (Pendengaran) Bunglon Kurang Baik


Bunglon tidak memiliki lubang telinga bagian luar dan juga gendang telinga, Hal tersebut yang membuat kualitas pendengaran bunglon kurang baik.

  • 7. Makanan Bunglon (Karnivora)


Bunglon merupakan reptil pemakan daging (Karnivora) atau tepatnya pemakan serangga, hewan reptil dengan ukuran kecil, dan juga beberapa hewan vertebrata lainnya.

  • 8. Bunglon Berkembang Biak Dengan Cara Ovipar


Sebagian besar spesies atau jenis bunglon berkembang biak dengan cara bertelur atau bahasa keren nya ovipar. Nantinya telur tersebut akan disimpan ditempat yang di rasa aman, seperti di dalam tanah, bawah batu, lubang-lubang, daun atau tempat-tempat yang lainnya.

  • 9. Habitat Bunglon Sering Berada di Pepohonan


Pada umumnya bunglon suka hidup di tempat yang di mana banyak pepohonan atau tepatnya di hutan, semak-semak atau semak-semak belukar.

  • 10. Beberapa Jenis Bunglon


Malagasy Giant chameleon, Jackson's chameleon, Panther chameleon, Meller's chameleon, Vailed chameleon dan lain-lain.

Cara Adaptasi Bunglon


Bunglon adalah salah satu hewan yang unik dan untuk cara adaptasi nya pun agak berbeda dengan jenis hewan pada umumnya.

Bunglon memiliki kemampuan adaptasi dengan lingkungan sekitarnya. Binatang reptil ini beradaptasi dengan melakukan mimikri.

Yaitu mungubah-ubah warna kulitnya sesuai dengan suasana yang ada pada lingkungan atau tempat bernaungnya.

Nah, itulah beberapa penjelasan mengenai ciri-ciri bunglon, semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kita semua.



Lihat Juga Ya