11 Ciri-Ciri Landak


Landak adalah salah satu dari sekian banyak hewan mamalia pengerat (Rodentia) di dunia ini dan mereka menempati urutan posisi ke tiga dalam hal ukuran tubuh terbesar dari semua jenis binatang pengerat yang ada di bumi.

Sekilas jika dilihat dari rupanya, ia mirip dengan hewan tikus, Namun satwa ini memiliki ciri khusus tersendiri dari segi bentuk morfologi nya, Selain ukurannya lebih besar dan yang paling kentara adalah ada pada bagian tubuhnya yang ditumbuhi oleh rambut keras dan tebal serupa dengan duri panjang, tajam dan juga runcing.

Ia dapat ditemukan di Afrika, Asia, Ameria dan pada kawasan Tropika. Termasuk di negara kita juga, sahabat dapat melihat satwa tersebut secara langsung baik di kebun bintang atau di hutan. Indonesia sendiri memiliki hewan endemik dan biasa kita kenal dengan sebutan Landak Jawa dan juga Landak Sumatra.

Landak termasuk hewan yang bisa dipelihara di rumah, mereka memiliki bentuk dan mimik muka lucu serta karakteristik nya pendiam dan tidak terlalu agresif. Hal tersebut yang menjadi salah satu daya tarik bagi orang-orang untuk memeliharanya dan dari sekian banyak jenis landak yang ada, beberapa jenis Landak Mini lah yang sering menjadi pilihan favorit untuk di peliharaan oleh manusia.

Ciri-Ciri Khusus Landak


Adapun mengenai ciri-ciri khusus landak adalah sebagai berikut. Silakan disimak saja selengkapnya di bawah ini.

Landak Termasuk Jenis Hewan Mamalia Pengerat (Rodentia)

Sama seperti Tikus, Hamster, dan juga Bajing adalah sebagai hewan mamalia yang memiliki kelenjar susu untuk di berikan pada anaknya sebagai sumber makanan dan dari beberapa jenis binatang tersebut termasuk landak itu sendiri adalah hewan pengerat.

Bentuk Tubuh (Memiliki Duri)

Ia memiliki bentuk tubuh bulat dan tidak terlalu lincah dalam hal bergerak, Mereka memiliki ciri khusus pada tubuhnya yaitu terdapat bulu atau duri sangat tajam.

Duri tersebut akan mengembang jika mereka merasakan ada bahaya di dekat nya, seperti ancaman hewan predator dan lain sebagainya.

Cara kerja dari duri nya adalah, Ia akan menancapkan duri-duri tersebut ke tubuh hewan musuh (predator) dan bahkan duri tersebut sampai terlepas dari badannya sendiri.

Gigi Landak

Ia memiliki jumlah gigi sebanyak tiga puluh enam hingga empat puluh empat gigi yang tersusun di dalam moncong atau mulutnya. Bagian gigi seri lebih panjang dari pada jenis gigi lainnya.

Merupakan Jenis Hewan Nokturnal

Termasuk hewan yang suka aktif dan mencari makan pada senja dan malam hari (Nokturnal), di waktu siang hari barulah mereka banyak menghabiskan waktunya di dalam sarang untuk beristirahat atau tidur.

Makanan (Herbivora)

Makanan kesukaan mereka adalah daun, kulit kayu dan batang kayu, pada umumnya mereka adalah herbivora dan menjadi salah satu hewan yang dianggap hama oleh para petani karena kerap merusak tanaman di ladang, perkebunan atau juga persawahan.

Mengenai Indra Penciuman, Pendengaran dan Penglihatan

Indra penglihatannya tidaklah terlalu spesial dan mereka lebih mengandalkan indra penciuman dan juga pendengaran nya.

Beberapa Jenis Landak

Landak Jawa, Sumatra, Landak semut, Mahkota, India, Brazilian Porcupine, Cape porsupine, Malayan porcupine, dan Lain sebagainya.

Habitat

Mereka suka hidup di daerah yang tropis, Seperti di hutan, semak-semak, padang rumput dan terkadang ia muncul di pemukiman warga untuk mencari makan.

Hal tersebut karena habitatnya semakin menyempit dan suka menjadi incaran pemburuan oleh hewan predator dan juga manusia.

Tahan Terhadap Gigitan Ular

Ia memiliki ketahanan tubuh cukup luar biasa, mereka tidak mempan oleh serangan dan gigitan ular, karena itulah ia bisa hidup di lubang-lubang tanah yang di mana banyak juga ular-ular hidup di arean tersebut.

Berkembang Biak Dengan Cara (Vivipar)

Mereka berkembang biak dengan cara beranak atau melahirkan. Sebelum mereka melahirkan anaknya biasanya induknya akan mengumpulkan serbuk kayu ke sarangnya.

Tidak Suka Hidup Secara Berkelompok (Soliter)

Hewan ini memiliki sifat pendiam dan tidak suka hidup secara berkelompok atau soliter, Hanya pada waktu tertentu saja mereka akan berpasangan, Setelah itu jenis jantan akan pergi dan kembali ke cara hidupnya yaitu menyendiri.

Sekian pembahasan singkat mengenai ciri-ciri landak, Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kita semua.