Ciri-Ciri Hewan Yang Aktif Di Malam Hari (Nokturnal)


Hewan Nokturnal adalah binatang yang suka beraktivitas di malam hari dan tidur pada siang hari. Uniknya mereka sering dikaitkan dengan hal-hal menyeramkan dan mistis, Contohnya saja  Kelelawar, Burung hantu, Gagak, Laba-laba, Kucing Hitam dan Lain sebagainya.

Di antara beberapa nama binatang yang telah disebut dan sertakan di atas, mana yang lebih ditakuti oleh sahabat? kalau admin sendiri cukup takut dengan kelelawar, apalagi jika melihat bentuk muka dan mulutnya.

Mereka tidak jarang pula dijadikan sebuah cerita film atau buku-buku horror yang pernah ada. Kita ambil contohnya saja yaitu Vampir atau Batman. Mereka menggunakan karakteristik binatang kelelawar tersebut sebagai tokoh atau cerita utamanya.

Jelas mereka berbeda dengan ciri-ciri Diurnal yang di mana suka aktif pada siang hari baik itu bagi binatang, tumbuh-tumbuhan maupun manusia itu sendiri dan tentunya jarang di sangkut paut kan dengan dunia mistis atas selalu gelap dan juga hitam.

Selain nokturnal dan diurnal, Ada juga sebutan Krepuskular, di sandang oleh mereka yang aktif pada saat fajar dan juga senja (Cahaya remang-remang) salah satu contoh hewannya adalah Hamster.

Ciri paling kentara pada jenis binatang nokturnal adalah ada pada sisi kelebihan karakteristik nya seperti indra penglihatan, penciuman dan juga pendengaran nya tajam.

Binatang nokturnal akan sangat bergantung dengan kelebihannya tersebut, Karena akan memudahkan mereka untuk dapat beradaptasi dan melakukan aktivitasnya di malam hari.

Ciri-Ciri Hewan (Nokturnal)


Selengkapnya mengenai apa saja ciri-ciri khusus dan kelebihan dari jenis satwa yang aktif di malam hari adalah sebagai berikut.

Indra Penglihatan

Mereka memiliki mata dan kualitas penglihatan tajam. Kita ambil salah satu contoh yaitu Burung Hantu, ia memiliki ukuran mata relatif besar serta kualitas penglihatannya baik dan di malam hari, la mampu untuk melihat pergerakan mangsanya seperti tikus dan lain sebagainya.

Indra Pendengaran

Karakteristik ini juga termasuk kedalam ciri khusus yang dimiliki oleh beberapa binatang nokturnal lainnya, termasuk kelelawar dan biasa kita kenal dengan hewan malam.

Mereka mampu bergerak di ceruk gua gelap dan juga lembap tanpa terbentur oleh dinding batu atau juga tidak saling bertabrakan dengan kawanan nya sendiri pada saat terbang.

Hal tersebut tentu ada sebabnya, adalah karena mereka memiliki kelebihan pada bagian telinga atau indra pendengaran nya tajam.

Cara kelelawar terbang dan mengetahui arah adalah dengan menggunakan gelombang suara yang tidak mampu didengar oleh manusia pada umumnya.

Jenis suara apakah itu? Ya benar sekali, Itulah jenis gelombang ultrasonik dan kemampuan pendengaran kelelawar mampu untuk mendengarnya.

Indra Pengecap (Rasa)

Jenis hewan nokturnal juga tak jarang memiliki kemampuan pengecap atau mencicipi yang cukup kuat. Contohnya saja binatang ular nokturnal ia menggunakan lidahnya untuk bernavigasi atau mengetahui arah jalan dan mencari informasi melalui partikel udara.

Mereka mampu menemukan binatang buruan atau mangsanya walaupun di sekitarnya sangat gelap dan minim akan cahaya.

Indra Penciuman

Salah satu keunggulan yang dimiliki oleh beberapa ciri binatang nocturnal adalah ada pada indra pendengaran nya tajam. Banyak diantara mereka memiliki kelebihan dari segi penciuman tajam, dan biasa menggunakan organ penciuman nya untuk mencari, mengikuti, dan melacak mangsa di malam hari.

Di Antara Faktor Yang Menyebabkan Hewan Memiliki Sifat Nokturnal

Ada beberapa alasan tertentu kenapa hewan tersebut memiliki perilaku dan ciri noktrunal. Terdapat banyak sekali spesies binatang nokturnal di dunia ini, sehingga sulit bagi kita untuk dapat mengenali semua karakteristik dari jenis binatang yang ada.

Mungkin saja disebabkan karena keadaan lingkungan atau habitatnya memiliki cuaca alam tertentu bisa sangat panas atau pun terlalu banyak ancaman bagi kehidupannya (Sesuatu yang menyulitkan mereka untuk dapat beradaptasi)

Menghindari binatang predator Diurnal itu juga bisa menjadi indikasi dan alasan utama kenapa hewan tersebut memiliki sifat nocturnal atau sudah menjadi bawaan alami dari fisik hewan tersebut dan mengharuskan mereka untuk hidup di malam hari.

Namun pada intinya binatang nokturnal memiliki beberapa kelebihan tertentu yang tidak banyak dimiliki oleh hewan jenis diurnal.

Ya, walaupun hewan nokturnal tidak semuanya memiliki kelebihan tersebut seperti (penglihatan, pendengaran, Pengecap dan Penciuman)

Mungkin saja hewan nokturnal jenis tertentu tidak memiliki penglihatan begitu spesial, Namun di tutupi oleh indra penciuman dan pendengarannya tajam.

Intinya di antara beberapa kelebihan tersebut, mereka bisa menggunakan fungsinya sebagaimana keadaannya dan sehingga dapat membantu mereka untuk tetap bertahan hidup walaupun di malam hari.

Beberapa Jenis Hewan Nokturnal

Berikut ini adalah beberapa jenis hewan nokturnal yang mungkin dari beberapa jenis binatang tersebut tidak terlalu asing bagi sahabat semua.

Kelelawar, Kukang, Tikus, Tarsius, Bangkong serasah, Burung hantu, Galago, Kuskus, Musang, Kiwi, Lipan, Lemur, dan lain sebagainya.

Mungkin sekian pembahasan kali ini mengenai apa saja ciri-ciri khusus hewan nocturnal (Aktif pada malam hari) serta beberapa kelebihannya jenis hewan nokturnal, Semoga dapat bermanfaat untuk kita semua.