10 Ciri-Ciri Ikan Mas dan Habitatnya


Senin, 26 Februari 2018

10 Ciri-Ciri Ikan Mas dan Habitatnya

Ikan mas adalah jenis ikan yang banyak hidup di perairan air tawar dan telah tersebar ke banyak wilayah di indonesia dan penamaan terhadap ikan jenis ini di negeri kita sendiri juga cukup beragam, contohnya saja sebutan ikan mas, tombro, masmasan (jawa tengah, timur), lauk emas (jawa barat atau sunda) ikan ameh, rayo ( sumatra barat) dan lain sebagainya.

Ikan jenis ini jika dilihat berdasarkan dari pemanfaatannya maka dapat di kelompokan menjadi dua golongan yakni ikan mas biasa (karper) dan ikan mas hias.

Masyarakat pada umumnya lebih mengenal ikan mas sebagai hewan peliharaan yang dipelihara dan disimpan ke dalam akuarium atau pun kolam, Namun daripada itu ikan ini juga di manfaatkan sebagai ikan konsumsi atau untuk dimakan dan dijadikan berbagai macam jenis masakan yang berbahan dasar ikan mas, baik itu dibuat Gulai, Bakar, Goreng, Sayur dan lain sebagainya.

Maka tidak salah jika ikan mas sendiri memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi, Baik di manfaatkan oleh manusia sebagai hewan konsumsi atau sebagai salah satu hewan peliharaan atau penyalur hobi bagi pencinta ikan hias.

Mengenali Klasifikasi ikan mas adalah sebagai berikut, Kerajaan: Animalia, Kelas: Actinopterygii, Famili: Cyprinidae, Filum: Chordata, Ordo: Cypriniformes, Spesies: Cyprinus carpio, Genus: Cyprinus.

Ciri-ciri Khusus Ikan Mas


Adapun mengenai ciri-ciri ikan mas secara singkat namun jelas adalah sebagai berikut, silah kan sahabat dapat menyimak selengkapnya di bawah ini.

1. Memiliki bentuk tubuh pipih tegak, memanjang, berisi atau gemuk dan badannya tersusun dari dua bagian yang sama antara sisi kiri dan juga kanan atau biasa dikenal dengan Istilah simetri bilateral.

2. Ikan mas memiliki sisik sama seperti jenis ikan pada umumnya dan  tubuhnya hampir tertutupi oleh sisik yang memiliki ukuran cenderung cukup besar.

Jenis sisik pada ikan mas adalah lingkaran (sikloid) dan warna sisik nya bermacam-macam, Ada merah, kuning, hijau, biru, atau pada umumnya sisik nya berwarna merah keemasan.

3. Posisi mulutnya berada di bagian ujung hidung atau tengah ujung kepalanya (terminal) mulut ikan mas dapat di sembulkan (protaktil) dan pada bagian anterior mulutnya terdapat sungut sebanyak dua pasang dan di dalam mulutnya sendiri, ikan mas memiliki gigi terdiri dari tiga baris gigi geraham dan juga terdapat kerongkongan (pharyngeal teeth).

4. Ikan mas memiliki sirip dengan bentuk sirip punggung yang cenderung memanjang dan pada bagian sirip belakang berjari keras, serta di bagian sirip ke 3 dan 4 (bagian akhir) bergerigi. Ikan mas juga memiliki sirip pada bagian dubur nya dan memiliki karakteristik yang serupa dengan sirip punggung yakni berjari keras dan juga bergerigi.

5. Tidak memiliki lambung. Namun terdapat lambung palsu yang di gunakan nya sebagai wadah atau tempat penampung makanan.

6. Pada umumnya Ikan mas аdаlаh termasuk binatang pemakan segala (Omnivora) Ikan jenis іnі juga bіѕа memakan atau mengkonsumsi berbagai macam tanaman air dan juga ikan-ikan уаng ukuran tubuhnya lebih kecil.

7. Mengenai Habitat, Ikan mas dapat di temukan di perairan tawar yang jernih sebagai mana habitat aslinya dan untuk kedalaman airnya sendiri cenderung dangkal serta arus nya tidak terlalu deras. Contohnya di danau atau di pinggiran sungai.

Wilayah indonesia (tropis) sendiri adalah salah satu tempat atau habitat yang cocok bagi keberadaan ikan mas itu sendiri.

8. Ikan mas berkembang biak dengan cara ovipar (bertelur), Betina akan bertelur di perairan dangkal dan dekat tumbuhan air yang terkena sinar matahari (hangat). Telur-telur tersebut akan menempel di dedaunan dan dapat menetas kurang lebih lima hingga delapan hari.

9. Beberapa nama-nama ikan mas atau jenisnya, baik ikan mas hias atau konsumsi adalah sebagai berikut. Jenis ikan mas Koi (Banyak di budidaya dan sebagai sarana bisnis serta usaha ikan hias), Fancy, Kaca, Kancra Domas, Punten, Sinyonya atau Putri Yogya, Merah, Taiwan, Majalaya (Jenis ikan mas yang sering di konsumsi dan konon dagingnya enak dan gurih), Yamato, Lokal, Kumpay dan masih ada nama-nama ikan mas lainnya yang mungkin terlewat untuk admin tulis.

10. Manfaatkan ikan mas untuk kesehatan tubuh manusia. Ikan Mas dipercaya dapat menyehatkan tubuh bagi siapa saja yang mengkonsumsi. Alasannya karena didalam daging ikan mas memiliki beberapa kandungan yakni Protein, Energi, Kalsium, Lemak, Vitamin B1, Fosfor, Zat besi dan lain sebagainya.

Beberapa manfaatnya adalah sebagai berikut. Dapat Menyehatkan dan Mencerdaskan Otak, Merendahkan atau menurunkan Tekanan Darah Tinggi, Mencegah penyakit Jantung dan Kanker, Menyehatkan Mata, Mengurangi risiko Aterosklerosis, Mengontrol Kadar Kolesterol dan lain sebagainya.

Baca juga: Ciri-ciri Ikan Cupang dan Jenisnya

Itulah beberapa penjelasan atau pembahasan singkat mengenai apa saja ciri-ciri ikan mas, Semoga dapat bermanfaat untuk kita semua.