Ciri-Ciri Kentang dan Klasifikasinya


Kentang atau dalam nama latin disebut dengan Solanum Tubercum L. Adalah salah satu dari sekian banyak tanaman pangan yang ada di dunia, Kentang berasal dari Amerika Selatan dan namanya pun cukup populer baik di indonesia atau di dunia. Kentang masuk kedalam suku solanaceae yang mempunyai umbi batang dan dapat dikonsumsi atau dimakan.

Di negeri kita mungkin tidak menjadikan kentang sebagai makanan pokok atau utama seperti halnya beras atau nasi di indonesia bagian barat dan sagu dibagian timur, Namun berbeda di banyak negara di eropa yang menjadikan umbi kentang sebagai salah satu jenis makanan yang penting.

Tumbuhan umbi kentang sendiri termasuk kedalam jenis tanaman dengan biji berkeping dua atau tumbuhan bebiji belah dan sering dikenal juga dengan sebutan dikotil.

Ciri-Ciri Khusus Tanaman Kentang


Adapun mengenai ciri-ciri umum kentang adalah sebagai berikut, Silakan sahabat dapat menyimak pembahasan selengkapnya di bawah ini.

Klasifikasi ilmiah Tanaman Kentang:

Kingdom: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Subkelas: Asteridae
Ordo: Solanales
Famili: Solanaceae
Genus: Solanum
Spesies: S. tuberosum

Bunga

Umbi kentang ada yang memiliki bunga dan ada pula yang tidak (Tergantung dari varietasnya)

Tanaman kentang memiliki dua alat jenis kelamin yaitu jantan dan betina yang bersama-sama dalam satu organ (Bunga sempurna atau Hermaprodit)

Tersusun dalam karangan bunga yang tumbuh di ujung batang, Di setiap karangan mempunyai tujuh sampai lima belas kuntum bunga dan mahkota bunganya tampak seperti terompet dan bagian atasnya berbentuk bintang.

Untuk warna bunganya sendiri beragam, Namun pada umumnya berwarna kuning, putih, merah dan juga ungu.

Akar

Tanaman umbi kentang mempunyai sistem perakaran serabut dan tunggang, Akar serabut menembus datar dan tumbuh menyebar kearah samping, Sedangkan untuk akar tunggang dapat menembus kedalam tanah sampai kedalaman empat puluh lima centimeter.

Daun: Daun nya berbentuk agak bulat (oval) dan meruncing serta bertulang daun menyirip tampak seperti duri ikan dan posisinya berselang-seling dibagian batang tanaman. Pada bagian bawah daun tampak berbulu dan berkerut-kerut. Daun kentang dikenal juga dengan sebutan daun majemuk.

Batang

Batang kentang berbentuk segi empat atau segi lima (tergantung varietasnya) Tekstur nya cukup keras dan tidak berkayu.

Umbi

Kentang terbentuk dari cabang samping diantara akar-akar, Bentuknya tak menentu ada bulat (oval), agak bulat dan bulat panjang. Umumnya kentang memiliki warna kuning, merah dan juga putih.

Umbi nya berfungsi sebagai tempat menyimpan cadangan bahan makanan seperti lemak, karbohidrat, vitamin, protein, air dan juga mineral.

Hal Menarik Tentang Kentang

1. Berasal dari amerika selatan, Namun sangat populer di eropa khususnya di negara irlandia

2. Kentang dapat tumbuh walaupun tanpa dipupuk.

3. Pada tahun 1995 umbi kentang pernah ditanam diluar angkasa, Menggunakan kapal ulang alik columbia dengan tujuan sebagai cadangan sumber makanan bagi para astronaut atau antariksawan yang sedang berpetualang di luar angkasa. Seru juga kalau benar adanya. hehehe.

4. Pernah ditemukan kentang seberat tujuh pon tiga belas ons atau tiga kilogram lebih, Dimiliki oleh Nigel Kermode. Entah rekor tersebut sekarang sudah terpecahkan atau belum.

Namun pada intinya dengan kentang sebesar itu mungkin admin tidak akan sanggup jika langsung menghabiskannya.

5. Kentang goreng yang renyah ala restoran cepat saji, Diperkenalkan pertama kali oleh negara amerika serikat dan disajikan kepada presidennya yaitu Thomas Jefferson pada tahun 1801 silam.

Kandungan Kentang

Vitamin B6 32%, Potassium 26%, Copper 22%, Vitamin C 22%, Manganese 19%, Phosphorus 17%, Fiber 15%, Vitamin B3 15%, Pantothenic acid 13%, Sumber: WHFoods

Manfaat Kentang Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

1. Mencegah kanker
2. Mengurangi kadar kolesterol
3. Menjaga kesehatan tulang
4. Mengurangi risiko batu ginjal
5. Menjaga kesehatan jantung
6. Menurunkan tekanan darah tinggi
7. Menjaga kesehatan otak dan saraf
8. Mengurangi dan mengobati wajah yang berjerawat
9. Mengatasi pembengkakan diarea sekitar mata
10. Cara penyajian kentang yang paling baik adalah dengan direbus atau dibuat soup.

Mungkin sekian pembahasan pada kesempatan kali ini mengenai ciri-ciri kentang dan klasifikasi nya, Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kita semua.