Ciri-Ciri Tanaman Singkong dan Klasifikasinya


Ciri-ciri.id - Tanaman singkong, ketela pohon, ubi kayu atau dengan nama ilmiah disebut sebagai (Manihot utilissima) adalah salah satu dari sekian banyak jenis tanaman pangan yang ada di dunia, serta memiliki kandungan karbohidrat yang cukup tinggi dan biasanya masyarakat memanfaatkan umbi dan daun nya untuk di konsumsi.

Singkong atau manihot esculenta berasal dari wilayah amerika selatan dan pertama kali dibawa ke indonesia (Nusantara) pada saat zaman penjajahan bangsa portugis dahulu. Salah satu bangsa yang memperkenalkan dan membawa tanaman asli brasil kepada masyarakat nusantara atau tepatnya maluku adalah portugis.

Singkong sampai saat ini kerap dianggap sebagai makanan kelas bawah, Namun kenyataannya umbi atau ketela pohon memiliki kandungan kalori yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan beras atau nasi.

Maka tidak heran salah satu tujuan bangsa portugis membawa singkong ke nusantara adalah untuk menjadikan singkong sebagai makanan utama atau pokok dan sampai sekarang di beberapa daerah di indonesia masih ada yang mengkonsumsi singkong sebagai makanan pokoknya.

Klasifikasi Ilmiah Singkong Atau Ketela Pohon:

Kingdom/Kerajaan: Plantae (Tumbuhan)
Divisi: Magnoliophyta (Berbunga)
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Malpighiales
Famili: Euphorbiaceae
Subfamili: Crotonoideae
Bangsa: Manihoteae
Genus: Manihot
Spesies: M. esculenta

Ciri-Ciri (Morfologi) Tanaman Singkong dan Klasifikasi nya


Adapun mengenai deskripsi, ciri khusus tanaman singkong secara umum adalah sebagai berikut, Silakan sahabat dapat menyimak pembahasan selengkapnya dibawah ini.

Akar

Memiliki sistem perakaran serabut yang terspesialisasi. Adalah akar yang bisa berubah bentuk karena berbeda dengan fungsi asal.

Memiliki panjang rambut akar sekitar lima puluh centimeter dan panjang akar kurang lebih tiga puluh centimeter, Tergantung dari jenis pohon singkong yang di taman.

Singkong termasuk tumbuhan dikotil dan akarnya mengembung karena terdapat cadangan makanan.

Batang

Batangnya beruas-ruas dan mempunyai ukuran lebar dua hingga empat centimeter, Memiliki warna cokelat pada bagian permukaan batang, Serta berwarna putih ke kuning-kuningan pada bagian dalam batangnya.

Daun

Ciri daun nya berbentuk lingkaran dengan bagian ujung lancip, permukaannya rata dan tulang daun nya menjari serta berjenis daun tunggal berwarna hijau (Berklorofil)

Pada bagian tangkai daun panjang mempunyai warna merah atau kemerahan.

Bunga

Bunganya tidak mempunyai alat kelamin baik jantan atau pun betina. Bagian bunga memiliki ukuran sangat kecil dan berwarna putih.

Jumlah kelopaknya sebanyak lima buah dan ukurannya lebih besar jika dibandingkan dengan ukuran bunganya sendiri dan mempunyai warna hijau.

Umbi

Ukuran umbi nya, diameter dua sampai lima centimeter dan panjang dua puluh hingga enam puluh centimeter.

Pada bagian daging umbi terdapat getah, daging umbi nya berwarna putih agak ke kuning-kuningan dan kulitnya berwarna cokelat.

Lihat Juga: Ciri-Ciri Kentang

Beberapa Nama Daerah Singkong Atau Ubi Kayu

Di beberapa daerah di indonesia, Penamaan singkong dikenal dengan berbagai macam nama atau sebutan, di antaranya adalah:

Bahasa Indonesia: Ubi kayu, Singkong
Sunda: Huwi dangdeur
Jakarta: Ubi singkung
Jawa: Tela Pohung
Aceh: Ubi Kayee
Ambon: Bistungkel
Minangkanau: Ubi paracih
Manado: Batata kayu
Bugin: Lame uju
Ternate atau Tidore: Kasibi
Makasar: Kame Kayu
Madura: Tela balandha
Bali: Sabrang sawi
Gorontalo: Kasubi
Dan lain sebagainya.

Kandungan Gizi Singkong

Kandungan gizi yang ada pada tanaman singkong atau ketela pohon per 100 gram"

Kalori: 121 kal
Karbohidrat: 34,00 gram
Air: 62,50 gram
Kalsium: 33,00 miligram
Fosfor: 40,00 gram
Lemak: 0,30 gram
Vitamin: C 30,00 miligram
Vitamin: B1 0,01 miligram
Protein: 1,20 gram
Besi: 0,70 miligram

Bukan hanya pada bagian umbi nya saja yang mempunyai kandungan gizi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Daun singkong yang sering dijadikan sayuran atau masakan khas padang dan sunda pun ternyata memiliki kandungan nutrisi yang cukup baik bagi tubuh, di antaranya adalah sebagai berikut.

Protein, Kalsium, Fosfor, Besi, Vitamin A, Vitamin C, Vitamin K dan lain sebagainya.

Khasiat dan Manfaat Umbi dan Daun Singkong Untuk Kesehatan Tubuh

Dapat menjadi sumber energi bagi tubuh, Menurunkan kolesterol darah, Menjaga kesehatan gigi dan tulang, Mencegah anemia, Mengurangi risiko penyakit atau serangan jantung, Mencegah penyakit kanker, Menurunkan berat badan (diet) serta mencegah sembelit, Dapat menurunkan tingkat gula darah, Mencegah alzheimer, Meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan lain sebagainya.

Sekian pembahasan mengenai apa saja ciri-ciri tanaman singkong beserta dengan klasifikasinya, Semoga dapat bermanfaat untuk kita semua.