13 Ciri-Ciri Ikan Badut (Nemo)


Ikan badut (Nemo) atau giru adalah jenis ikan dari anak suku Amphiprioninae yang masuk family pomacentridae. Mereka memiliki dua puluh delapan spesies atau jenis berbeda dan yang sering di kenali salah satunya adalah dari genus premnas dan sisanya dari genus Amphiprion.

Sebenarnya untuk dapat mengenali karakterristik dari ikan badut ini cukuplah mudah, Apalagi ikan ini pernah menjadi peran utama dalam sebuah film yang berjudul "Finding Nemo" yang dirilis pada tanggal 30 Mei 2003 di Negara Amerika Serikat dan juga Kanada.

Pasti orang indonesia juga sudah banyak yang telah menonton dan mengetahui jalan ceritanya. Apalagi pada saat ikan nemo terjepit dan dikepung atau terkepung oleh kerumunan ubur-ubur yang dapat menyengat nya.

Baca juga: Ciri-Ciri Ubur-Ubur

Tubuh mereka di dominasi oleh warna dasar jingga dan juga tiga garis belang yang berwarna putih. Jika dilihat dari badannya memang cenderung terlihat lucu dan juga menggemaskan, Maka tidak heran jika hewan laut ini memiliki julukan sebagai ikan badut.

Mengenai klasifikasi ikan giru Amphiprion menurut Burges (1990), adalah sebagai berikut:

Kingdom : Animalia, Superkelas : Osteichthyes, Kelas : Actynopterygii, Subkelas : Neopterygii, Filum : Chordata, Subfilum : Vertebrata, Famili : Pomacentridae, Ordo : Perciformes, Subordo : Labroidei, Genus : Amphiprion, Spesies : Amphiprion percula.

Ciri-Ciri Khusus Ikan Badut (Nemo)


Adapun mengenai ciri-ciri ikan badut, giru atau nemo adalah sebagai berikut. Silakan disimak pembahasan selengkapnya di bawah ini.

1. Memiliki bentuk tubuh cenderung bulat atau hampir bulat.

2. Ukuran tubuhnya cukup kecil berkisar sepuluh hingga dua puluh centi meter.

3. Warnanya bermacam-macam dan juga menarik, ada kuning, merah, putih, oren, hitam dan
umumnya berwarna jingga.

4. Kebanyakan ikan badut memiliki motif garis putih dan hitam dibagian badannya.

5. Memiliki sirip dorsal yang terlihat unik.

6. Terdapat duri disekitar sirip atau punggungnya, sebanyak sepuluh sampai sebelas duri.

7. Ukuran tubuh ikan badut jantan cenderung lebih kecil dari pada betina nya.

8. Hal Unik dari ikan nemo adalah, Mereka terlahir sebagai jantan dan bisa merubah kelamin nya pada saat dewasa dari jantan ke betina.

Jadi jika disuatu kelompoknya si betina mati atau tidak ada sama sekali, Maka biasanya sebagian nemo jantan akan berubah menjadi betina.

Hal tersebut dikenal sebagai sequential hermaphroditism (perubahan kelamin secara berurutan).

9. Tidak seperti jenis ikan laut pada umumnya, Nemo memiliki sebuah cairan pada badannya yang khusus untuk melindungi dari gigitan kapsul anemon laut yang beracun.

10. Habitat ikan nemo adalah di perairan hangat (tropis) daerah terumbu karang dengan memiliki kedalaman kurang lebih lima puluh centi meter dan airnya jernih (laut).

Mereka juga dapat di temukan di perairan indonesia, malaysia, maladewa dan lain sebagainya.

Ikan badut atau nemo memang terkenal dengan penyebarannya yang relatif luas dan ia suka menjadikan anemon tertentu untuk dijadikan sebagai tempat rumahnya.

11. Makanan ikan nemo adalah dari sumber-sumber makanan yang ada pada anemon, Begitupun sebaliknya anemon akan dapat bahan makanannya dari feces atau kotoran ikan nemo.

12. Ikan badut berkembang biak dengan cara bertelur, Mereka akan meletakkan ratusan hingga ribuan telur ke Anemon.

Alasan ikan badut meletakan telurnya pada Anemon adalah untuk melindungi telur-telurnya dari ancaman ikan pemangsa dan biasanya jantan yang selalu menjaga telur tersebut sampai menetas.

13. Jenis-jenis ikan nemo antara lainnya adalah, Ocellaris clownfish, Amphiprion sebae, Amphiprion polymnus, Amphiprion chagosensis, Premnas biaculeatus, Oranye clownfish (Amphiprion percula).

Itulah, penjelasan singkat mengenai apa saja ciri-ciri ikan badut, nemo atau giru, Semoga dapat bermanfaat untuk kita semua.