Ciri-Ciri Ikan Louhan dan Jenisnya


Ikan Louhan atau dalam bahasa inggris disebut dengan Flowerhorn adalah salah satu jenis ikan hias yang cukup populer dan banyak dipelihara untuk disimpan kedalam akuarium dan tentu salah satu tujuannya adalah untuk memperindah teras, halaman depan rumah atau sekitar ruang tamu.

Ikan tersebut sempat booming pada tahun dua ribuan, Jadi tidak heran jika nama atau sebutan ikan louhan tidak begitu asing bagi masyarakat indonesia, khususnya bagi orang tua atau pun yang sekarang tidak muda lagi, Hehehe.

Terdapat ciri khas yang terdapat pada ikan louhan yaitu pada bagian tubuh memiliki varian warna yang cerah, menarik dan juga beberapa keunikan pada corak tubuhnya, serta terdapat benjolan (benjol kelam) pada bagian kepalanya.

Habitat aslinya berada di negara malaysia dan juga taiwan, Namun dengan banyaknya penggemar ikan hias di seluruh dunia, Maka semakin menyebar lah ikan lou han.

Di negara kita Indonesia sendiri terbilang tidak terlalu sulit untuk menemukan atau mungkin hanya ingin sekedar melihat ikan lou han di beberapa toko-toko ikan hias yang ada.

Sebelum mengetahui apa saja ciri-ciri, karakteristik atau morfologi ikan louhan, Maka ada baiknya kita mengenal ikan lou han dari klasifikasi ilmiahnya, adalah sebagai berikut.

Kingdom / Kerajaan:Animalia, Filum: Chordata, Kelas: Actinopterygii, Ordo: Perciformes, Famili: Cichlidae, Genus:Amphilophus, Spesies: A. trimaculatus.

Ciri-Ciri Khusus Ikan Louhan


Adapun mengenai beberapa ciri-ciri ikan louhan secara umum adalah sebagai berikut. Silakan sahabat dapat menyimak pembahasan selengkapnya di bawah ini.

1. Ciri paling khas dan umum dari ikan louhan adalah terdapat benjolan atau gundukan di bagian kepalanya dan benjolan ikan louhan jenis jantan lebih besar jika dibandingkan yang betina.

Nah, mungkin sahabat penasaran, Apa sih yang ada di dalam benjolan tersebut?

Sebenarnya yang ada pada benjolan ikan louhan, Tampak tidak ada yang aneh dan terkesan seperti daging ikan pada umumnya.

Admin pernah melihatnya di video yang di mana orang malaysia pernah menghebohkan jagat maya dengan menggoreng ikan louhan seharga jutaan rupiah.

Katanya sih ia penasaran dengan isi dan citra rasa dari ikan louhan, khususnya yang benjolan tersebut, Buset deh sampai segitunya.

2. Seluruh tubuhnya terdapat bintik-bintik kecil dan tampak seperti mutiara dan ukuran sirip nya juga cukup lebar. Ia memiliki beberapa bagian sirip yaitu, Sirip punggung, dada, perut, bawah dan sirip ekor.

3. Ikan louhan identik dengan warna sisik yang beragam dan juga cerah , Serta pada bagian tengah tubuh atau kulit ikan louhan, Umumnya mereka memiliki sisik yang berwarna hitam memanjang (Horizontal)

Bagi awam seperti admin dulu jika melihat corak atau garis lurus pada bagian tengah badan ikan louhan.

Mengira bahwa itu seperti tulisan atau huruf kanji jepang atau mandarin. Mungkin sobat pernah mengiranya seperti itu juga.

4. Ukuran kepalanya tampak kecil serta bibir terlihat monyong atau manyun dan agak tebal, Sekilas mirip dengan bibir ikan mas.

5. Mata ikan louhan umumnya terlihat berwarna merah, cukup besar, jelas, dan juga tampak bulat dan dahinya sedikit menonjol kedepan dan secara umum ekornya lebar dan tampak seperti ekor yang ada pada ikan mujair.

Lihat Juga: Ciri-Ciri Ikan Mujair

6. Berdasarkan makanannya, Ikan Louhan adalah ikan cichlid (Siklid)  dan termasuk dalam kategori ikan karnivora atau pemakan daging.

7. Ikan louhan berkembang biak dengan cara bertelur (Ovipar)

8. Habitat ikan louhan adalah di perairan air tawar dan pada awal-awalnya orang-orang dari Malaysia, Thailand, dan juga Taiwan, Mengembangkan ikan lauhan dan sampai saat ini keberadaan ikan louhan telah menyebar luas ke banyak negara termasuk indonesia.

Berhubung louhan ini adalah jenis ikan hias air tawar, Maka untuk merawatnya tidaklah terlalu sulit dan dapat disimpan di akuarium atau kolam.

Jenis-Jenis Ikan Louhan

Beberapa jenis-jenis ikan louhan yang mungkin bisa dikatakan terbaik didunia, di antaranya adalah jenis Ikan louhan Kamfa (Golden Flower), Cencu (Zenzhu), Super Red Texas (SRT), Golden Red, Rainbow King, Strom, Super Red Synspillum (SRS) dan lain sebagainya.

Jika sahabat hendak membeli dan memelihara ikan louhan, Coba perhatikan beberapa tips mengenai bagaimana memilih ikan louhan yang bagus dan sehat, di antaranya adalah.

Tips Cara Memilih Ikan Louhan Yang Bagus dan Terbaik

1. Pertama memilih tubuh atau fisik yang sehat dan sempurna, Hindari membeli ikan louhan yang diselimuti oleh bercak-bercak putih yang tandanya ia terkena jamur.

2. Memilih ikan louhan dengan melihat sirip atas dan bawah yang seimbang dan tidak memiliki cacat atau robek dan Bagian sirip ekor melebar dan utuh tanpa cacat sama sekali.

3. Memiliki warna dasar merah dan kuning cerah, biasanya warna cerah pada ikan louhan menggambarkan keindahan dari ikan tersebut.

4. Biasanya ikan louhan yang memiliki jenong yang cukup besar dan tampak proporsional di kepalanya dianggap bagus dan bernilai.

5. Mata yang berwarna merah dan satu lingkaran penuh.

6. Terdapat banyak motof mutiara yang terlukis pada bagian tubuhnya dan pilih ikan louhan yang memiliki garis marking berwarna hitam pekat yang terbentang dari kepala hingga pangkal sirip ekor.

7. Terakhir, silahkan sesuaikan dengan selara masing-masing.

Mungkin sekian pembahasan kali ini mengenai beberapa ciri ikan louhan dan jenis-jenisnya, Semoga dapat bermanfaat untuk kita semua.