12 Ciri-Ciri Ikan Mujair dan Habitatnya


Ikan Mujair adalah jenis ikan tawar yang namanya cukup familiar di telinga masyarakat indonesia. Jenis ikan ini juga sering dimakan atau di konsumsi oleh manusia. Ada yang menyimpulkan bahwa ikan mujair berbahaya dan akan berdampak bagi kesehatan dan di lain sisi terdapat juga yang bilang bahwa ikan mujair memiliki manfaat untuk kesehatan. Jadi hal tersebut kita kembalikan lagi ke masing-masing individu.

Tahukah sahabat, Konon katanya keberadaan ikan mujair dinegeri kita ini pertama kali ditemukan dan dibudidayakan atau dilestarikan oleh orang indonesia tepatnya di muara sungai serang pantai selatan Blitar, jawa timur pada tahun 1939 dan beliau bernama Pak Mujair (Mbah Moedjair) atau nama aslinya adalah Iwan Dalau. Sahabat sudah pernah mendengarnya?

Ikan mujair (Oreochromis mossambicus) Kerap dianggap hama oleh para penambak ikan bandeng dan lain sebagainya. Karena ikan mujair serta kawanan nya seperti belanak, siput, keong, trisipan atau jenis ikan liar lainnya, Sering menjadi kompetitor utama ikan bandeng yang di mana kerap turut serta memakan jatah makanan ikan bandeng dan juga sebagai predator, Sehingga dapat mengurangi hasil panen yang didapat.

Walaupun ikan mujair tampaknya dianggap tidak terlalu spesial dan hanya dikenal sebagai hewan ikan air tawar liar saja, Namun pada fakta nya masyarakat sering mengkonsumsi ikan mujair dan bahkan kini sudah banyak yang membudidayakan ikan mujair.

Ikan Nila dan mujair punya kemiripan yang hampir sama, dari bentuk, habitat dan lain sebagainya, Hal itu karena kedua jenis ikan air tawar tersebut masih memiliki kekerabatan dekat.

Selengkapnya: Ciri-Ciri Ikan Nila Beserta Dengan Perbedaan Antara Ikan Mujair dan Nila

Mengenali ikan mujair dari Klasifikasi nya, di antaranya adalah

Kerajaan / Kingdom: Animalia,  Kelas: Actinopterygii, Filum: Chordata, Ordo: Perciformes, Famili : Cichlidae, Genus: Oreochromis, Spesies: Oreochromis mossambicus.

Ciri-Ciri Khusus Ikan Mujair


Adapun mengenai karakteristik atau ciri ikan mujair secara umum adalah sebagai berikut. Silakan sahabat dapat menyimak pembahasan selengkapnya dibawah ini.

1. Pada umumnya bentuk ikan mujair bulat pipih dan perutnya tampak berisi, Serta pada bagian punggung terlihat agak tinggi dan memiliki ukuran panjang tubuh berkisar empat puluh centi meter dan itu biasanya sudah maksimal.

2. Di bagian sirip punggung ikan mujair terdapat duri atau jari-jari tajam sebanyak lima belas sampai tujuh belas, Serta jari-jari lunak sebanyak sepuluh hingga tiga belas dan bentuk sirip dari ikan mujair mirip seperti sisir.

Sirip punggungnya agak condong memanjang dari bagian atas tutup insang hingga bagian atas sirip ekor.

3. Bentuk dari sirip ekor ikan mujair bergaris-garis tegak, Sebanyak tujuh sampai dua belas.

4. Ia juga memiliki sirip dubur dengan tiga jari-jari keras dan jari-jari lunak sebanyak sembilan sampai dua belas.

5. Pada bagian ujung sirip, baik pada sirip punggung dan juga ekor, Biasanya terdapat sedikit warna kemerahan.

6. Umumnya tubuhnya berwarna kehitaman, kecokelatan, keabuan dan juga kuning.

7. Terdapat sepasang sirip perut dan dada yang berukuran kecil dan sirip anus yang berjumlah hanya satu dan berbentuk cukup panjang.

8. Ikan mujair berkembang biak atau Bereproduksi dengan cara bertelur (Ovipar), Uniknya telur-telur ikan mujair disimpan ke dalan mulut, Fungsinya adalah untuk menjaga dari ikan predator lainnya.

9. Matanya berwarna merah kehitaman dan ada juga yang memiliki warna mata kecokelatan, Bentuk matanya bulat dan cukup menonjol.

10. Tubuhnya dilapisi dengan sisik yang memiliki warna kecokelatan, kehitaman, serta abu-abu.

11. Bentuk kepala ikan mujair sekilas mirip atau hampir sama dengan kepala ikan nila, Yaitu berbentuk kerucut serta dibagian depan oval.

12. Habitat asli ikan mujair adalah di perairan air tawar tidak terlalu dalam, contohnya seperti tambak ikan, air sekitar persawahan, rawa-rawa, danau, waduk dan bahkan di sungai. Mereka suka hidup secara berkelompok.

Itulah, pembahasan singkat mengenai apa saja ciri-ciri khusus ikan mujair beserta dengan habitat, bentuk tubuh dan lain sebagainya. Terima kasih atas segala perhatiannya dan semoga dapat bermanfaat untuk kita semua.