12 Ciri-Ciri Ikan Nila dan Habitatnya


Ikan Nila adalah salah satu jenis ikan yang habitat aslinya berasal dari Sungai Nil atau Afrika bagian timur dan termasuk hewan ikan air tawar yang aman dan tentu bisa di makan atau konsumsi oleh manusia.

Ikan nila masih memiliki kekerabatan dekat dengan Mujair (Oreochromis mossambicus) Maka tidak heran jika mereka sangat mirip dan terkadang kita sebagai awam akan merasa kesulitan untuk mengetahui mengenai perbedaan ikan nila dan mujair.

Mengenali ikan nila dari beberapa klasifikasi ilmiah, Diantara lainnya adalah sebagai berikut.

Kingdom : Animalia, Filum : Chordata, Sub Filum : Vertebrata, Kelas : Osteichyes, Sub Kelas : Acanthopterygii, Ordo : Percomorphi, Sub ordo : Percoidae, Famili : Cichlidae, Genus : Oreochromis, Spesies : Oreochromis nilaticus. Menurut Saanin, 1984.

Ciri-Ciri Khusus Ikan Nila dan Habitatnya


Adapun mengenai ciri khusus ikan nila secara khusus dan umum adalah sebagai berikut. Silah kan sahabat dapat menyimak pembahasan selengkapnya di bawah ini.

1. Sama seperti jenis ikan pada umumnya, Yaitu ikan nila bernapas menggunakan insang dan pada bagian insang nya dilengkapi dengan penutup.

2. Termasuk hewan berdarah dingin (poikiloterm) Ikan nila akan mengikuti atau menyesuaikan dengan suhu lingkungan dimana mereka berada.

3. Ikan nila memiliki sisik pada bagian tubuh atau kulitnya, Sisik ikan nila ukurannya cukup besar, kasar dan juga tersusun dengan rapi.

Serta sisik nya berlendir dan hal tersebut berfungsi sebagai alat bantu meloloskan diri dari beberapa pemangsa atau predator, termasuk manusia.

4. Sama seperti jenis ikan pada umumnya, Ikan nila memiliki sistem peredaran darah tunggal. Maksudnya adalah peredaran darah yang beredar ke seluruh tubuhnya dan melewati organ jantung satu kali.

5. Memiliki jantung beruang dua yang terdiri dari satu ruangan serambi, serta satunya lagi adalah ruangan bilik.

6. Ikan nila termasuk jenis hewan bertulang belakang (vertebrata) dan tekstur dari tulang belakangnya cukup keras.

7. Bereproduksi atau Berkembang biak dengan cara bertelur (Ovipar) Uniknya induk ikan nila memasukkan telur-telur dan anaknya di dalam mulut.

Apakah dimakan?

Tentu tidak sebenarnya memakan telur dan anaknya sendiri, Melainkan induk nila hendak menjaga agar aman dari ancaman ikan pemangsa dan semacamnya.

Jenis jantan berperan penting untuk membuahi nya, lalu kemudian telur nya berubah menjadi bayi ikan nila. Hal unik tersebut bisa kita lihat juga pada ikan mujair.

8. Bentuk Matanya tampak menonjol, bening dan juga besar, Tepi mata ikan nila berwarna putih.

9. Memiliki sirip yang terdiri dari Sirip Dada (Ventral), Perut (Pektoral), Punggung (Darsal), Anus (Sirip anal) dan juga Ekor (Caudal). Diantara fungsi dari sirip ikan nila adalah untuk mempermudah nya bergerak di dalam air.

10. Bentuk tubuhnya cenderung pipih memanjang ke samping dan memiliki warna tubuh kehitaman, orange, ke kuningan dan lain sebagainya.

11. Terdapat linea lateralis (Gurat Sisi Ikan) di bagian truncus yang berfungsi sebagai alat keseimbangan pada saat ikan nila berenang di dalam air dan juga untuk sensor, Sehingga ia mengetahui tekanan arus dan kedalaman air.

12. Habitat lingkungan ikan nila adalah di sungai, sawah, danau, waduk dan jenis perairan lainnya. Mereka juga mampu beradaptasi di perairan payau.

Perbedaan Ikan Nila dan Mujair, Secara Umum

1. Bagian samping atau pipi, Ikan nila lebih halus atau bersih dari pada ikan mujair yang cenderung bertotol.

2. Umumnya sirip punggung dan belakang (ekor) yang dimiliki mujair ujungnya berwarna kemerahan, Sedangkan ikan nila nampak biasa.

3. Ukuran mulut ikan mujair nampak lebih besar dan lebar, Jika dibandingkan mulut dari ikan nila.

4. Tubuh atau badan ikan mujair umumnya berukuran lebih kecil dari pada ukuran dari ikan nila yang lebih besar.

5. Beberapa bagian sirip ikan nila, Cenderung lebih lebar dari pada sirip yang dimiliki oleh ikan mujair.

Bagi sahabat yang suka dan hobi memancing ikan (khususnya ikan air tawar), Mungkin tidak akan merasa bingung dan kesulitan dalam membedakan antara mana ikan Nila dan juga Mujair yang sebenarnya.

Di dunia ini pasti banyak hewan yang kembar lainnya dan salah satunya adalah antara ikan Lele dan juga Sembilang yang memiliki bentuk dan tampilan yang hampir mirip. Intinya serupa tapi tak sama.

Baca Juga: Ciri-Ciri Ikan Mas

Nah, itulah beberapa pembahasan singkat mengenai Ciri-ciri ikan nila beserta dengan habitatnya. Semoga dapat bermanfaat untuk kita semua.